March 6, 2015

Cireng ala Abang Gorengan

Bismillah..
Adududu.. kemana ajaa diriku baru sekarang nyobain cirengnya mba Rina Audie ini. Hasilnya emang top pemirsah. Pantes lah ya, waktu itu pernah baca pak Wisnu merekomendasikan resep ini di FB grup NCC dan kemudian para member rame-rame ikutan mbikin dan grup pun penuh postingan cireng, wkwkw.. Hasil cirengnya emang renyah, empuk tapi juga alot khas cireng tapi ga keras. Kok bisaaa? Karena resepnya pake biang ternyata.. Kayanya segala macem yang ber'biang' emang hasilnya empuk ya. Sebutlah pempek Palembang ini, trus pempek dos, juga roti water-roux.. Pernah baca emang, biang dari tepung yang dipanaskan bersama air hingga menggumpal atau mengental bersifat mengikat dan mempertahankan kandungan airnya lebih lama. Jadilah si makanan awet empuknya karena ga cepet kering..
Cireng ini enak dimakan gitu aja, atau pake bumbu rujak kaya yang waktu itu ngetrend. Nhah berhubung saya masih punya sedikit sisa cuko dari pempek dos yang kemarin, saya makan sebagian cirengnya pake kuah cuko. Ternyata nyambung banget lhoh, enak. Cirengnya gurih trus disruput bareng cuko yang manis asem pedes, enyaak..enyak..enyak.. Cirengnya dipotong-potong dulu kaya makan pempek, trus dituangin kuah cukonya. Yuumm.. :D

Cireng ala Abang Gorengan

Bahan
150 gr aci/tapioka/kanji
2 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt penyedap rasa (saya skip)
1 batang daun bawang, iris halus (saya skip)

Biang:
50 gr aci/tapioka
150 air

Cara membuat
1. Campur semua bahan dalam wadah. Aduk rata, sisihkan
2. Biang: campur aci dan air dalam panci, aduk hingga rata. Panaskan di atas api kecil sambil terus diaduk hingga kental, liat dan bening
3. Tuang biang panas ke dalam wadah campuran aci kering. Uleni pelan dengan ujung jari. Setelah hangat, lanjutkan uleni dengan telapak tangan hingga menyatu. 
[saya lanjutkan pake handmixer  dengan kaki spiral :p biar cepet..]
4. Taburi tangan dengan aci, ambil sejumput adonan dan bentuk bulat pipih. Supaya tidak lengket satu sama lain, tabur tiap lembar dengan aci (saya sekat pake baking paper)
5. Goreng dalam minyak panas dan agak banyak dengan api kecil-sedang hingga matang (bagian luar kering crisp). Angkat, tiriskan dan segera sajikan


Goreng sejumlah yang akan dikonsumsi, karena cireng ini mantebnya disajikan panas-panas fresh dari penggorengan ^^

Selamat mencoba :)


6 comments:

  1. Uhuy...saya juga belum pernah coba buat nih yang versi mba Rina...padahal ya sudah lama dibookmark..hadeuh...jadi semakin penasaran deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uhuuy..sesama pemilik daftar panjang bookmark-list, sayah sungguh mengerti mba, hihi..
      bikin yuk, biar ga penasaran lagi ^^

      Delete
  2. hihi...pada curhat bookmark ya. Idem abis dah. Ini aku juga bookmarknya udah nggak keitung sampe lemot hpku hehe...
    Cireng biar alot-alot gimana gitu, tetep ngangenin yah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini diaa yg punya resep nongol, hihi..
      mba, cirengku ini ga berminyak bgt gtu lhoh, tp klo dtanya gmn biar bisa gtu aku gatau :D
      okelah pokoke resepnya. Suwun ya mbakyuu.. :*

      Delete
  3. asslamualaikum bunda. beda aci kanji dan tapioka apa ya bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumussalam..
      sama mba, sama2 tepung tapioka juga tapi beda penyebutannya di bbrp wilayah aja
      di jawa disebut kanji, di sunda disebut aci, dst

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...