March 8, 2015

Bola-bola Ayam-Bihun Goreng


Bismillah..
Yuhuu.. pada wiken kemana pemirsaah? Alhamdulillah 2 hari ini disini angeeet. Kuncup bunga mulai bermunculan, matahari udah mulai banyak, spring is in the air! Yeaay.. Waktunya maen-maen bareng krucil ke taman mumpung cuaca bagus. Sebelom jalan disempetin dulu posting satu resep ah, kilat ya..

Bola-bola ayam-bihun goreng ini cocok deh buat dibawa bekal piknik ato bekal sekolah. Bikinnya praktis, bawanya pun juga, makannya pun iya. Tinggal bawa saos di wadah kecil, trus maemnya dicocolin ke saos ato mayo deh. Kalo mau dipake buat lauk, bisa juga. Ato disajikan dalam kuah sup atau kuah kaldu sapi jadi bakso ayam-bihun goreng juga okeh. Monggo suka-suka yaa.. Kuah bakso bisa cek resepnya disini


Bola-bola Ayam-Bihun Goreng

Bahan
550 gr ayam cincang/giling
150 gr mihun/bihun, seduh air panas sesuai petunjuk kemasan, potong-potong
1-2 daun bawang, iris halus
1 buah wortel, parut halus
2 butir telur
9 sdm tepung terigu
3 sdm tapioka
2 sdt garam atau sesuai selera
1/2 sdt gula
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt kaldu bubuk (opsional)

Cara membuat
Campurkan semua bahan dalam satu wadah. Aduk dengan sendok kayu hingga rata. Bentuk bola-bola menggunakan telapak tangan atau dengan bantuan 2 sendok makan (adonan lembek). Cicipi dengan menggoreng sedikit adonan, koreksi rasa sesuai selera. 
Goreng dalam minyak panas di atas api sedang hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan

Sajikan dengan saos botolan atau bisa juga dicampurkan dalam soup atau bisa juga disajikan dengan kuah bakso

Selamat mencoba :)

10 comments:

  1. Ah gambarnya endeus bgt mah...*comot atu...

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Haha..monggo mba Mon
      comot dari layar yah :D

      Delete
  3. wah mulai musim semi yah. Seneng dong bisa lihat cuaca mulai cerah kembali.
    Itu bola ayamnya mintak dong. Bikin ngeces....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Rin, seneng banget. Favorite season of the year :)
      ayo bikin mba, wes entek iki
      tinggal yg di layar :D

      Delete
  4. Salam kenal dari saya (ira), sepertinya mak nyus itu....ijin nyontek resepnya ya. Sepertinya kita tetanggaan nih. Semoga mbak dalam keadaan aman ya...beritanya heboh di tv, saya kebeneran di Jenewa. Ok, terima kasih sebelumnya dan sekali lagi salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba Ira, salam kenal juga yaa
      maaapp..kelewat baca komennya nihh
      iya mba, silahkan
      saya dan keluarga udah balik lagi ke Indo, alhamdulillah :))
      smg mba Ira & keluarga baik-baik jg di sana yaah..

      Delete
  5. sepertinya enyaaaakk mbak. salam kenal ya mba. saya coba ahh buat liburan weekend ini. Insyaa Allah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga Gal
      Gmn, jd coba ga nih liburan kemaren..heheh

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...