April 9, 2015

Ayam Suwir Bumbu Rujak

Bismillah..
Ayam suwir bumbu rujak ini menu yang saya buat beberapa hari yang lalu. Bumbunya sama kaya ayam bakar bumbu rujak biasa, bedanya ini isinya ayam suwir dan ga pake dibakar. Sesuai namanya, masakan ini lumayan pedas. Jadi untuk anak-anak saya buatkan sup ayam menggunakan kaldu rebusan ayam suwir ini. Etapi ternyata kak Aisyah juga doyan dan minta ayam bumbu rujaknya. Kepedesan sih, sampe-sampe segelas air putih ga cukup buat minumnya. Tapi memang sepertinya dia sudah mulai terlatih punya citarasa orang Indonesia yang umumnya doyan pedas. Guuud..guud...hihi..

Ayam suwir ini sebenernya juga mirip bumbu bali, bedanya yang ini ga pake kencur. Lengkapnya seperti berikut yaa..

Ayam Suwir Bumbu Rujak
ala mamaaisyah

Bahan
1 fillet ayam (atau bagian lain yang berdaging banyak, +/- 600 gr)
1 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
1 sdt asam jawa atau 1/2 sdm air asam jawa
1 sdt gula jawa sisir
100 ml santan

Bumbu halus:
1 shallot (5 bawang merah)
3 bawang putih
2-3 cabe merah besar (tambahkan rawit jika suka pedas
1/2 sdt kunyit bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1 1/4 sdt garam, atau sesuai selera
3/4 sdt gula pasir, atau sesuai selera
1/2 sdt terasi matang

Cara membuat:
1. Rebus ayam, tiriskan, suwir-suwir. Sisihkan
2. Tumis bumbu halus bersama serai, lengkuas, daun salam dan jahe hingga harum dan matang. Tambahkan asam jawa dan gula jawa. Aduk rata
3. Masukkan ayam, bolak-balik hingga ayam terbalut bumbu
4. Tambahkan santan. Masak hingga bumbu dan santan meresap dengan api sedang. Angkat

Sajikan bersama nasi putih hangat. Yuuumm.. :)


Selamat mencoba :)

13 comments:

  1. Hebat kakak Aisyah sudah bisa makan pedes...
    Ini mah enak banget ya kalo makan sama nasi putih anaget...wuih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, ngikutin selera emaknya hihi..

      Delete
  2. Waah... Favorit sayaa ini Mbak.... Anak2 masih belum terlalu suka pedes... Klo level satu masih mau kadang2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo udah balik ke indo pasti lebih gampang & lebih cepet terlatih makan pedes deh um..ini kak Aisy baru bbrp lama di Indo udah naek ke pedas level 3, haha

      Delete
  3. gambar-nya keren... jauh banget sama punya ku... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. aiih, gambar di Aneka Rasa juga ga kalah bikin ngileeer :D

      Delete
  4. wah.....mbaq enak bgt kayaknya mkananx.. salam sukses kakak, saya lagi cari cari resep makanan, eh taunya mampir ke blog kakak ini, kemaren saya liburan ambil paket wisata lombok, saya ada beli oleh oleh pada toko yang jual madu asli di pulau Lombok tersebut, nah kakak punya gak resep resep makanan yang berbahan dasar madu atau resep kombinasi yang memakai madu ? terimakasih ya untuk tulisan tulisan kakak.. keep writes

    ReplyDelete
  5. wah aku mau itu,sedap banget tuh.aku pesen satu mangkok mba hehe
    resepnya jempol. (y)

    ReplyDelete
  6. wiiiih kaya nya mantap banget tuh seh masakan nya .. boleh saya nyicipin ga ?

    ReplyDelete
  7. Wew. Kok ngga pernah tau ayam dibumbu rujak. Kok kyaknya jadi kyak ayam tepung ya. Mauu..

    ReplyDelete
  8. Terimakasih untuk artikel yang sangat bermanfaat ini, kami bertambah pengetahuan setelah membaca artikel ini, para pembicara internet marketing selalu menyarankan untuk kita terus menulis artikel bermanfaat seperti ini, salam dari mutiara untuk membawa kesuksesan pearl wholesale Indonesia dan sukses selalu untuk Anda.

    ReplyDelete
  9. Wowww... confirm sedap2 belaka ni makanan2 ni.. balek nnti nk try buat laa..
    Akak amik gmbar makanan ni tk teringin nk buat buku resepi sendiri ke?? confirm lgi mudah utk org dtg rumah akk utk diorg nak belek2 tauu.. sekarang kami tengah buat promo mengganass.. confirm tk rugi punya la.. nk tau lebih lanjut? boleh tgk fb dan insta kami,the photolicious.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...