March 4, 2015

Pempek Dos Kreasi, Gurih meski tanpa Ikan..

Bismillah..
Minggu kemarin ada acara kumpul-kumpul bareng di rumah seorang teman. Pengen bawain pempek etapi lagi ga punya stok ikan, mo belanja ke pasar ikan juga lagi riweuh.. Trus inget satu postingan salah satu member NCC yang bikin rame beberapa bulan lalu, pempek dos kreasi. Kreasinya mba Widya Arina ini memang kreatif banget, blio memakai keju parut untuk menggantikan gurihnya ikan. Pempeknya jadi guriih..enak.. kalo udah nyobain ga akan nanya2 lagi deh, 'kok ga berasa ikan?' Soalnya udah keenakan, hihi..
Karena pasukan di rumah pasti makannya banyak, ditambah lagi temen-temen yang pada mo ikutan kumpul bareng juga banyak, jadi saya bikin langsung 2 kali resep. Dan ternyata itu masih kuraaang.. pada protes ga kebagian. Kak Aisyah juga ngambek pulang-pulang di rumah ga disisain pempek lagi :(
Kalo kuah cukonya saya ga ngikut persis resepnya mba Widya Arina, saya sesuaikan dengan selera saja. Saya juga bikin ga terlalu pedas supaya ga diprotes :P
Supaya kuah cuko kental dan pekat, pake gula aren atau gula jawa yang warnanya gelap ya. Hasilnya lebih mantab. Daan..jangan diskip ebinya, bikin maknyuus..


Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina
sumber: FB Group NCC

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju prochiz, diparut (saya pake keju gouda)

Cara membuat:
1. Didihkan air, tambahkan bawang putih dan garam, kecilkan api lalu tambahkan terigu. Aduk cepat. Matikan api, biarkan adonan dingin
2. Setelah adonan dingin tambahkan keju parut, aduk rata.
3. Masukkan minyak sayur, uleni sampai rata. Tambahkan telur, uleni lagi sampai rata
4. Tambahkan tepung sagu/tapioka sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
note: karena lengan & tangan saya yang kuat perkasa :P, saya ulen pake handmixer dengan kaki spiral aja biar cepet. lumayan soalnya book, sekiloo... hehe...
5. Bentuk sesuai selera. Saya: bagi-bagi @40 gr kemudian dibentuk lonjong dan bulat. Untuk yang diisi telur saya bagi @90-100 gram
6. Rebus pempek dalam air mendidih yang diberi sedikit minyak & garam (jangan banyak-banyak tapi garamnya ya..pempeknya sudah gurih asin dari keju soalnya). Biarkan mengapung 5-10 menit baru diangkat. Tiriskan, dinginkan min 30 menit sebelum digoreng
7. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga kuning keemasan. Angkat

Kuah Cuko

750 ml air
2 sdm bawang putih halus
50 gr asam jawa
4 cabe merah keriting (tambah ato kurangi sesuai selera), haluskan
2 sdm ebi, sangrai, haluskan
350 gr gula aren atau gula jawa yang warnanya gelap supaya kuah cukonya pekat, sisir
1 sdm garam

Cara membuat
Rebus semua bahan hingga mendidih, kemudian kecilkan api dan teruskan masak hingga kuah agak menyusut. Cicipi, koreksi rasa. Angkat kemudian saring



Selamat mencoba :)

13 comments:

  1. Duhhh tiap kali liat postingan ini di NCC selalu aja bikin ngiler. Keliatannya renyah sekali yah...jadi berasa laper, mbak. Padahal udah waktunya tidur nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduw, postingannya mengganggu org mo tidur. Bisa2 mimpi makan pempek inih, xixixi..
      Iya mba Linda, renyah diluar tapi empuk dalemnya. Bikin yuuk :)

      Delete
  2. pempeknya cantik. Bisa kuning merata gitu. Yang bikin kemecer tuh kuah cukonya yang asem-asem manis slruuphh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerr mba Rina, alhamdulillah punya gula jawa yang gelap banget jadi cukonya bisa pekat kentel gini. Suer mba, manteb tenan cuman kurang pedes :D

      Delete
  3. Salam kenal mbk...beberapa bulan terakhir sy sering sekali mampir ke blognya mbak...dan suka lihat2 resepnya, sy jg suka baking mbak, tapi masih pemula sekali heheheh...liat postingan pempeknya jadi pengen coba juga, soalnya "mumer" (murah, meriah) sy ijin copas resepnya ya mbak..dan trm kasih sdh berbagi resep..

    Salam,
    Yani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa..toss dulu mba Yani, kita sama-sama pemula mba, hihihi..
      Monggo mba, semoga cucok resepnya ya
      Makasih juga dah mampir ya ;)

      Delete
  4. wah enak..ini yang pake keju..jadi ga perlu pake kaldu bubuk...sippppp markusippp....
    dulu pernah buat yang versi ny.liem yg pake kaldu bubuk..soale bingung ganti apa...halah kenapa ga kepikiran pake keju yak...
    tengkyu sharingnya lagi mba Oki...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mba, ini sipp markusipp.. [haha, ada lagi kosakata baru selain endes markondes nih :D]
      Sama-sama mba Mon :*

      Delete
  5. Saya juga seriiing mbikin pempek dos...wenaak walau tanpa ikan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneeer Um, enak yah
      ga kalah gurih ^^

      Delete
  6. Gimana cara ngisikan telurnya ke adonsn mbak? Kayanya tricky banget dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya untuk yang kapal selam yah mba Siti?
      iya mba, emang tricky banget, krn blm terbiasa. Saya juga sebagian bocor2 itu ngisiinnya, hehe..
      Karena bikinnya kapal selam mini, telurnya ga utuh mba. Telurnya saya kocok, ditaroh di mangkok. Adonannya dibentuk bola lonjong dulu, kemudian dilubangi dengan jempol baru kemudian diisi kocokan telur secukupnya.
      oiyah, saya suka liat video ini buat belajar mbentuknya, lumayan membantu:
      https://www.youtube.com/watch?v=NI5oXr1GVj8
      gutlak yah mba ;)

      Delete
  7. salam kenal mbk

    http://betaonlineshoptermurah.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...