October 16, 2014

Martabak Manis Teflon bag.2 - Selesai

Update! Saya udah cobain versi greentea/matcha, enaak juga :) Klik disini untuk ceki-ceki resep & step by step tutorial martabak grinti..

Bismillah..
Ya ampun.. itu judul udah kayak judul sinetron ajah, wkwkwk..
Baiklah, postingan ini memang serial alias kelanjutan dari postingan saya yang lalu tentang martabak manis alias martabak terang bulan. Setelah berulang kali nyobain dan gonta-ganti resep, akhernyaaa... ketemu juga sama resep dan teknik yang pas buat saya, walhamdulillah.. Seneng banget rasanya liat martabaknya tebeel dan bersarang, puasss :D :D
Langsung deh dicatep resep step-step nya secara super lengkap bin kompliiit supaya besok-besok bisa mengulang kesuksesan bikin si martabak manis ini lagi :)

Menurut saya, tekstur martabak yang ini so far yang paling mendekati yang abang-abang jual. Empuk tapi kenyal. Saya pake resep Sajian Sedap dengan sedikit modifikasi dalam bahan dan step-step nya..


Martabak Manis tanpa Ragi
dimodifikasi dari SajianSedap.com

Bahan
250 gr tepung terigu serbaguna atau protein sedang
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanilla bubuk/vanili (bisa diganti cair atau di-skip)
> campur semua bahan di atas, ayak supaya tercampur rata

80 gr gula pasir
350 ml susu cair
2 butir telur
1/4 sdt soda kue

1/2 sdm gula pasir untuk taburan

Bahan isi:
margarin atau mentega
coklat meses dan/atau keju parut
kacang
susu kental manis
dan lain-lain sesuai selera

Cara membuat:
1. Letakkan campuran tepung pada wadah. Masukkan gula pasir, campur rata kemudian buat lubang di tengah. 
2. Kocok telur dan campurkan ke susu cair, kocok rata lagi dengan handwhisk atau garpu. Tuangkan ke lubang di campuran tepung. Campur rata dengan whisk atau garpu, tapi jangan overmix dan tidak perlu terlalu mulus dan licin.
3. Diamkan adonan minimal 30 menit, tutup dengan serbet
4. Setelah 30 menit, masukkan soda kue, campur rata. Panaskan teflon dengan api sedang hingga panas selama kurang lebih 5 menit
note: setelah 5 menit, saya tes dengan memercikkan air di atas teflon dan langsung ngecess dan menguap
Setelahnya, kecilkan api, tutup teflon selama 7-8 menit supaya panas teflon stabil. 
note: saya tes lagi dengan cara memercikkan air seperti sebelumnya
5. Tuang adonan, agak besarkan api (sedikiiit lebih besar dari api terkecil). Tunggu hingga gelembung-gelembung keluar banyak dan bagian pinggir mulai mengering kemudian taburkan gula pasir.
Tutup teflon dan kecilkan api hingga matang.
note: gelembung akan mulai pecah dan permukaan jadi berongga. 
6. Setelah permukaan kering (tidak terlalu lengket) dan pinggiran coklat, segera angkat dan olesi permukaan dalamnya dengan mentega atau margarin, isi dengan isian kemudian lipat dan olesi permukaan kulit luarnya dengan mentega atau margarin

Satu resep adonan di atas bisa untuk 2 loyang teflon ukuran 18-20 cm. Untuk yang di foto atas saya bikin hanya separo resep

Contoh isian:
Olesi permukaan bagian dalam martabak dengan mentega atau margarin. Taburi keju atau coklat meses dan kacang. Beri susu SKM 1-2 sdm atau sesuai selera kemudian tutup (lipat). Olesi lagi permukaan luarnya dengan mentega atau margarin

Potong-potong dan sajikan hangat

Di bawah ini penampakan loyang yang saya pake.. Udah dekil, bulukan..tapi dibuang sayang, ehehee... Saya ukur diameter bawahnya 18 cm lebih sedikit..



Resep yang versi menggunakan ragi juga bisa tebal dan bersarang.  Martabak dengan ragi lebih lembut, hampir mirip bolu. Makanya disebut juga martabak bolu yah.. Nah kalo versi dengan soda kue hasilnya empuk tapi kenyal. Monggo lebih suka yang mana.. Kalo saya sih lebih suka versi tanpa ragi ini..


Selamat mencoba :)


English version

Martabak Manis: Indonesian Sweet & Thick Pancake

Ingredients

250 gr (2 cups) all purpose flour
1/2 sdt baking powder
1/4 tsp salt
1/2 tsp vanilla powder (you may use extract or just skip)
> mix and sift together ingredients above

80 gr (1/3 cups) white sugar
350 ml (1 1/2 cups) milk
2 eggs, lightly beaten
1/4 tsp baking soda

1-2 tbsp white sugar to be sprinkled on top

For the filling:
butter
choco sprinkle or grated cheddar/gouda cheese
chopped nuts
condensed milk

Directions:
1. Put the flour mix into a bowl. Add in sugar, mix well. Make a hole in the center, add in eggs and milk. Stir using a handwhisk or a fork until just incorporated. Cover with a plastic wrap or towel, let sit for 30 min
2. After 30 min, add in baking soda then mix well. Preheat a non-stick pan (18cm) over medium heat for 5 minutes until it is hot enough that water sprinkled on top will disappear quickly. 
Cover the pan, turn the heat on low, let sit for 7-8 min to stabilize the heat. Now the pan is ready (do not grease it)
3. Pour the half of the mixture in to the hot pan. Increase the heat just a little bit. Wait until you see lots of big bubbles then sprinkle the sugar. Cover the pan then set the heat on low until it is cooked through
4. When the top is no longer wet (yet still moist), remove from the pan. Spread butter on top then fill with your desired filling
For example: Put grated cheese and nuts then drizzle the condensed milk
5. Fold the pancake in to a half, spread butter on the sides then cut and serve. Repeat the process for the other half-mixture

This pancake should be thick and fluffy but a little bit chewy in texture. 

Makes 2 18cm-pancakes

Enjoy!

46 comments:

  1. ketjeee banget martabaknya mah.... maaauuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk teh, maem martabak sambil ngupi-ngupi ato nge-teh :D

      Delete
  2. pake teflon yang tebel ya kayaknya, soalnya aku pernah pake teflon maxim std adonannya gosong duluan pdhl pake api yg plg kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. poto teflonnya kaya di atas mas (barusan saya tambahin, hehe)
      segitu termasuk tebel ga yah? tapi kalo saya bandingin sama teflon saya yang laen (merk Tefal), kayanya sih kurang lebih sama, beda sedikit..

      Delete
  3. Selamat....anda layak dapat bintang....
    he he he..akhirnya ya bs buat martabak manis sendiri...sukses dgn teflon...
    martabaknya menggiurkan sekali mba Oki...nyam2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kyaa..bisa aja mba Monic :D
      puaaas bgt mba, akhernya bisa juga hihihi..
      mba Monic nih yg dapet bintang, pake resep apa aja semua jadi :D

      Delete
  4. This recipe reminds me of a dessert that I tried when travelling in Bali.. definitely something that i need to try and make here in Australia. Thanks for the delicious recipe and inspiration.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Thalia, yesss..this recipe definitely a must-try. Follow the steps carefully and you will get the perfect & delicious pancakes just like the sellers sell in Indonesia ;)

      Delete
  5. Cihuyyyy...berhasil..berhasil..haha..senangnyo.. Pliss deh kmn aja sih bundoo.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaayy!!
      akhernya bundo bisa menaklukkan si martabak :D

      Delete
  6. Enak banget mba OKi, sudah coba dan berhasil ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip Nu, lumayan bgt ya buat tombo kangen..apalagi klo lagi ngidam, heheu ;)

      Delete
  7. mba aku sudah coba dan berhasil suka sekali makasi ya mba, aku copas di blogku ya mba minta ijin ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. siiip, silahkan mba :)
      makasih juga untuk testimoninya ya mba Indah ^^

      Delete
  8. Super special... jadi sempurna, terimakasih mama aisyah.... sy mau tanya, kalo susu cair di ganti dengan susu skim(bubuk) gmn hasilnya? Dan seumpama susu cair diganti dengan air gmn jadinya? Apa perbedaannya? Terimakasih mama aisyah

    ReplyDelete
  9. Super special... jadi sempurna, terimakasih mama aisyah.... sy mau tanya, kalo susu cair di ganti dengan susu skim(bubuk) gmn hasilnya? Dan seumpama susu cair diganti dengan air gmn jadinya? Apa perbedaannya? Terimakasih mama aisyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga bang Syamsun ^^
      Susu cair bisa diganti air, atau santan atau susu bubuk/susu kental manis yang ditambah air
      teksturnya insyaAllah sama mas, saya pernah nyoba yg pake aer aja dan yg pake santan.
      Yg beda di rasanya, klo pake susu ato santan lebih gurih

      Delete
  10. Halo mbak... Salam kenal.. Ketemu blog gara2 liat resep martabak... Cuma masih gagal... Ga bersarang dan bantet.. Kgn bgt martabak.. Di us di dallas sini gaada... Huhu.. Cuma belom nyerah masih mau coba lagi hehehe...
    Keep posting mbak.. Salam ganesha :p

    Tania

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa..ada tamu dari Dallas, halo juga mba Tania ^^ Salam Ganesha!! haha..
      Saya juga berkali-kali gagal mba sebelomnya.. giliran uda bisa, mbikin terooos, hihi
      Met nyobain lagi ya, and thanks for leaving a sweet comment :) :)

      Delete
  11. Thank you for the recipe. I'll try it for sure :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. you're welcome dear
      do try it out and let me know how it turns out ;)

      Delete
  12. ijin mencoba resipnya bu. . . semoga bisa menciptakan resep baru

    Salam dari kami

    Martabak Paling Enak di Jakarta

    ReplyDelete
  13. mama aisyahh...mhn bantuannyaa...nii aku lagii bikin martabaknya,tapi tadi adonan pertama yang masuk teflon,teflonnya gak aku kasuh alas,jadi teflon langsung diatas api,jadinya malah hitam tam tam tam...nah sekaramg aku coba pake alas tapi gelembungnya lama banget kluarnya..pdhl uda ikutin step by step apinya..hiks...apa yang salah ya??T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Putri..
      itu kayanya besar apinya yang belum pas mba, kebesaran..
      klo dikasi alas malah saya belon pernah nyoba
      smangaat ya mba ;)

      Delete
    2. Halo mba Putri..
      itu kayanya besar apinya yang belum pas mba, kebesaran..
      klo dikasi alas malah saya belon pernah nyoba
      smangaat ya mba ;)

      Delete
  14. saya gagal pke teflon maxim..gosong bawahnya..ga begitu tinggi sarangnya..gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduu..maap kelewat baca komennya mba, telat banget balesnya
      sepertinya krna pengembangnya ga bereaksi dengan baik itu mba, jadi ga ngembang dan akibatnya lama juga mateng meratanya > keburu gosong
      pengembang ga bereaksi bisa krn macem2. bisa krn kualitasnya udah ga bagus, bisa karna nyampur/ngaduknya kurang rata, bisa juga karena panasnya teflon ga cukup utk membuat si pengembang bereaksi..

      Delete
  15. mba bisa pakai mikser ga ato pake garpu aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belom pernah nyoba pake mikser mba, tapi ada yang komen di postingan saya di FB, blio pake mikser dan hasilnya OK juga
      pake garpu juga ga masalah :)

      Delete
  16. Kalau pas dirumah ga ada soda kue gimana mba? Boleh ganti baking powder?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mustinya mba, saya pernah substitute soda kue pake baking powder pas bikin salah satu resep kue
      1/4 sdt soda kue = 1 sdt baking powder

      Delete
  17. Mba sy g punya timbangan dirmh,baru mau belajar masak,liat resep2x mba aisyah jd pengen blajar masak,250 gr terigu klo pake gelas panjang kira2 brp gelas yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, agak susah ya mba klo dikira2..
      gelas panjang punya saya kan bisa jadi beda ukurannya sama punya mba :)
      tapi klo untuk dapet 250gr terigu sih gampang, di warung2 banyak yang jual terigu curah 1/4 kiloan alias 250 gr-an :D

      Delete
  18. ko gapake air ya? saya bikin bantat terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake kok mba maya, kan ada susu cair
      bisa diganti air biasa ato santan juga lhoh susu cairnya.. :)

      Delete
  19. Kalo pake ragi ukuran raginya brp dan memasukkan raginya saat kapan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang pake ragi saya pake resep martabak manisnya mba Rina Rinso, mba Shelvia..
      coba digugling deh, resep populer kok :)

      Delete
  20. Mama Aisyah, sy bikin 1 resep jadi 2 loyang. Kok yg kedua ga keluar gelembung kecil2 ya? Sy kasih soda kuenya langsung jd satu sblm manasin yg pertama. Apa ngaruh bgt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya sih iya mba, ngaruh..
      baking soda langsung bereaksi membentuk bubbles/gelembung udara ketika dicampurkan ke dalam adonan. kalo nunggu terlalu lama gelembungnya bisa keburu ilang dan akhirnya martabak jadi kurang ngembang saat dipanaskan

      Delete
  21. Kemarin sore saya buat Martabak manis pake Resepnya Percis,, sama pake teflon juga.. Alhamdulillah Hasilnyaaaaa Memuaskan Berhasilll Enaaak bgt aku modif pake greentea sama redvelvet biar kekinian.. Skrg gk usah Mahal2 kalo jajan martabak tinggal bikin aja di rumah hehehe btw Thx ya Resepnya mba

    ReplyDelete
  22. enak ini saya sudah pernah coba, Artikelnya menarik, terima kasih... dari Baju Muslim Terbaru

    ReplyDelete
  23. saya pengen mencobanya tapi takut gagal mba..

    ReplyDelete
  24. eh ini beneran, resep mama aisyah memang enak..martabak manisnya nyus bingit

    ReplyDelete
  25. Bunda..teflon nya tidak di olesi margarin ?..saat pemanasan ny?atau bagaimana?

    ReplyDelete
  26. Mba kalo over ngaduk ngaruhnya kemana ya? Pas bikin salah takaran susu cairnya malah 300ml pas sadar adonannya kental bgt trs aku tambahin 50ml lagi trs diaduk lagi dan adonan akhirnya jd kecampur rata bgt mba jadinyaa..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...