December 21, 2014

Crispy Donut ala JCo

Bismillah..
Aduh, sebenernya malu ini mo kasih judul donat ala JCo, abis bentuknya kok meuni plintat plintut ga mulus beginih wkwkwk..
Tapi emang bener kata empunya resep, mba Susianne Flo, donat ini emang crispy garing renyah di luar dan empuk lembyuud di dalam. Teksturnya ringan, meski menurut saya ya ga sekopong donat JCo sih, tapi donat ini memang ga sepadat donat biasa. Sama-sama lembut, tapi ga sepadet donat water-roux, ga juga sepadet donat labu kuning. Adonannya memang terasa lebih ringan, juga lebih lembek dan sedikit lebih lengket. 
Mba Susianne juga menyertakan resep topping dan fillingnya yang juga ala JCo. Yang ini saya belum nyobain karena ada satu bahan yang saya ga punya, glucose. Menurut mba Susianne, glucose adalah semacam gula cair yang dikentalkan yang fungsinya adalah untuk mencegah adonan gula mengkristal dan membuat coklat yang dilapisi glucose bisa mengkilat. Bisa diganti madu, tapi sayang kok ya madu di dapur juga lagi habis. Takpapalah, pake gula bubuk dan chocolate ganache biasa juga enyak kok, laris maniiis.. :D


Crispy Donut ala JCo
oleh Susianne Flo

Bahan
400 gr Hard flour/tepung terigu protein tinggi/bread flour
100 gr rice flour/tepung beras
15 gr susu bubuk (saya skip)
5 gr bread improver (saya skip)
9 gr ragi instan (saya: 3 sdt)
85 gr castor sugar/gula pasir halus
75 gr unsalted butter/mentega tawar (mba Susiane pake anchor, saya pake merk Everyday :P)
2,5 kuning telur (saya 3 kuning telur)
250 ml susu segar dingin (saya: 210 ml fresh milk + 40 ml fresh cream)
7.5 gr garam (saya 1sdt)
note dari mba Susianne: supaya lebih gurih bisa ditambahkan fresh cream 50 gr dan takaran susu dikurangi 50 gr

Cara membuat:
1. Campur semua bahan kering kecuali garam, aduk rata. Tambahkan telur + fresh cream kemudian uleni dengan kaki mixer untuk roti. Tambahkan susu dingin sedikit demi sedikit sambil diulen. Masukkan butter dan garam. Kembali uleni hingga kalis elastis
note:
- tanda kalis elastis adalah jika adonan direnggangkan atau dibeberkan hingga tipis tidak sobek
- bisa ditambah beberapa sendok susu dingin jika dirasa adonan terlalu berat atau kering (saya tambah 1-2 sdm susu cair)
2. Bulatkan adonan, letakkan di meja yang sudah ditaburi tepung, cover dengan plastic wrap. Istirahatkan 30 menit atau sampai mengembang tapi jangan lebih dari 1 jam
[Saya: adonan diletakkan dalam mangkok yang dioles tipis minyak kemudian mangkok masuk ke oven yang sebelumnya sudah dihangatkan 60 C. Saat mangkok berisi adonan masuk, oven sudah dimatikan kemudian ditutup. Ini mempercepat proses fermentasi karena suhu ruang di dapur saya sedang dingin]
3. Gilas tipis adonan di atas meja yang sudah ditaburi tepung. Gilas setebal 1 hingga 1,5 cm. Cover lagi dengan plastic wrap, istirahatkan 10 menit.
4. Cetak dengan cetakan donat
[saya: pakai bibir gelas dan tutup botol untuk mencetak]
Istirahatkan lagi maksimal 1 jam. Setelah mengembang bisa langsung digoreng
Untuk mendapatkan harus khas donat JCo, goreng dengan minyak padat. Angkat, siap diberi topping atau filling
[saya: pake minyak goreng biasa]

Tips
untuk mendapatkan ring atau cincin di bagian tengah donat, adonan harus diulen hingga benar-benar kalis elastis sehingga saat digoreng donat mengembang dengan baik dan mengapung. Goreng dengan minyak yang dipanaskan dengan api kecil dan cukup balik sekali saja

Topping Tiramisu ala JCo
oleh Susianne Flo

Bahan
100 gr fresh cream
50 gr glucose
150 gr milk chocolate
2 gr nescafe

Cara membuat
Panaskan fresh cream + nescafe instan di atas api kecil kemudian tambah glucose sambil diaduk rata. Masukan milk Chocolate, aduk hingga mengental. Segera angkat sebelum mendidih. Siap dipakai untuk topping

Filling Tiramisu ala JCo
oleh Susianne Flo

Bahan
150 gr mascarpone cheese, dikocok lembut
2 gr nescafe coffee
100 gr fresh cream

Cara membuat:
Aduk mascarpone yang sudah dikocok lembut bersama nescafe instan. Tambahkan fresh cream, kocok sampai mengental. Siap digunakan
Cara memasukkan filling ke donat:
Masukkan ke piping bag/icing bag, tusukkan ujungnya ke bagian pinggir donat, lalu semprot isian sampai donat sedikit menggembung. Tapi jangan terlalu banyak karena kulit donat yang renyah rawan retak

nhah, berhubung saya ga punya glucose jadi saya pake resep ganache andalan sajah :D

Chocolate Ganache
ala mamaaisyah

60 ml fresh cream
55 gr coklat susu (milk choc) atau DCC, cincang
50 gr mentega tawar

Cara membuat
Panaskan fresh cream dan mentega hingga mentega mencair. Angkat dari api kemudian tuang ke mangkok berisi coklat susu. Aduk hingga coklat larut, kental dan mengkilap. Siap dipakai



Selamat mencoba :)

14 comments:

  1. Huaa.. Mama Aisyah.. Baru kemaren nge-bookmark donut water-roux-nya, belum dieksekusi.. Sekarang ada donut ala J.Co yang gak kalah menggoda. Kapan dibikinnya ya.. Bookmark lagi ajah.. =D

    #menatapbookmarkresepdapurmamaaisyahyangdahbejibun

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah..
      samaaa dong kitah, dapur mayanya penuh list bookmark
      *alhamdulillah coret satu lagi.. :D

      Delete
  2. huuaaa sedaaapnya... ini nih makanan yang mesti dimakan sambil merem di atas timbangan hahha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah..timbangan udah rusak..
      kyahaha.. >.<

      Delete
  3. Asli..donatnya menggiurkan banget yak..
    seandainya mba Oki tetangga sebelah rumah..aku sudah nyamperin minta nih donat..he he he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa, dengan senang hatii..
      Trus ntar mba Mon pulang aku ngekor di blkg, hihihi

      Delete
  4. Saya maauu semuaa... *program penggemukan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha..
      hayuk bikin Umm, recommended ini resepnya mba Susianne :)

      Delete
  5. Kok donatku pas digoreng jadi mengkerut ya mba? Trus g ad ringnya
    Aku ulen pake tangan

    ReplyDelete
  6. Kok donatku pas digoreng jadi mengkerut ya mba? Trus g ad ringnya
    Aku ulen pake tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mengkerut itu sepertinya over proofing mba..kelamaan proofingnya (adonan diistirahatkan).
      suhu ruangan sangat berpengaruh, di tempat yang panas proofing adonan bisa jauh lebih cepat.
      Nah klo utk dapet ring nya itu kuncinya adonan yang kalis elastis mba.. kalo saya nyerah mba klo pake tangan, ga kuaaat >.< :D
      klo saya ngulen pake tangan itu udah dapet empuk aja udah alhamdulillah, heheheh...

      Delete
  7. mbak..apa bedanya pakai susu dingin n hangat pas diuleni?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...