February 15, 2014

Asinan Buah tanpa Cuka




Tanpa cuka? Kok bisaa..? Ya bisa doong.. ^^
Asinan adalah salah satu makanan favorit hubby. Buatnya, ini adalah makanan yang paling dikangenin, selain pempek, ketoprak, pecel lele, bebek kaleyo, rabek...lhoo, ini mah emang semua masakan indonesah dikangenin dong. Hihihi
Awalnya, aku biasa memakai cuka untuk membuat acar atau makanan lain yang membutuhkan rasa asam. Sayangnya bau cuka yang aku punya di dapur terlalu menyengat. Hubby ga terlalu suka dan minta aku skip cuka kalau membuat acar. Lha acar kalau ga pake cuka gimana rasanya?? Akhirnya coba-coba disubstitute pakai lemon yang kebetulan lagi ada di kulkas. Dan ternyata enak lho, malah lebih seger. Kalau udah nginep di kulkas, jadi tambah enak dan makin segerr..


Karena berhasil pakai lemon untuk bikin acar, aku jadi pingin coba bikin asinan pakai lemon juga. Setelah browsing kesana-kemari, nemu resep asinan buah di blognya mbak Camelia. Asinan buahnya dibuat tanpa cuka, tapi menggunakan jeruk nipis. Ga pake basa-basi, langsung dipraktekin.  Tapi berhubung jeruk nipis disini mahal, aku ganti pake lemon aja. Ternyata oh ternyataa..enyaakk sodara-sodaraa. Makasih banyak resepnya yah mbak Camelia..^^




Asinan Buah

adapted from here.

Bahan-bahan:

500 gr cabai merah besar buang biji (saya pakai 3 buah ukuran agak besar)
500 gr gula pasir (saya pakai +/- 300 gr)
500 gr jeruk nipis (saya pakai 3 buah lemon)
garam secukupnya (saya pakai 2sdt)
buah-buahan sesuai selera
200 ml air
kacang kering untuk taburan

Cara membuat:

1. Blender cabai. Rebus bersama air dan gula hingga mendidih dan gula larut.
2. Saring air rebusan cabai.
3. Tambahkan garam dan air perasan jeruk nipis. Sesuaikan dengan keasaman yang diinginkan.
4. Masukkan buah-buahan

Note dari sayah:

- Saya biasa pakai buah yang mudah ditemui disini : apel, nanas, mangga, timun
- Feel free untuk mengurangi atau menambahkan takaran gula, garam dan air jeruk. Sesuaikan dengan selera teman-teman.
- Air dari buah akan keluar setelah dimasukkan beberapa saat. Jadi setelah disimpan semalam, kuahnya akan jadi makin banyak
- Saya pakai 3 cabai saja sudah cukup merah (untuk saya) dan pedeess..ya iyalah bijinya ga dibuang T_T



Gampang kan temans, ayo segera di coba ^^




12 comments:

  1. Haha,,berhasil..berhasil..pk resep ini.. Mantab.. Stlah yg ke 2 x nyoba..kynya bkal nagihh terusss nih buatnya.. :p mksh mamahaisyah resepnya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg kali pertama knp ga ngikut resep ri? Pasti krn males ngeluarin timbangan mininya yah, xixixi
      Terbukti kan resepnya foolproof ;)

      Delete
    2. Krn wktu yg pertama,hp nya disita,jd ga bs nyontek,,haha.. Tabnya hbs batre,, jd ngarang ga pk timbangan mini... :D haha,,kasiaan amat..

      Delete
  2. Hahahaha ...bebek kaleyo termasuk yg dikangenin yaaa, sekali2 cobain bebek yogi yang di jalan panjang, pasti jatuh hati ama sambel nya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoiiih :D Duh, jd lgsg kebayang bebek ijo pedes nan menggoda
      *lap iler
      Iya mas, pernah denger juga itu bebek Yogi, ktnya enak banget. Tar musti cobain nih :D

      Delete
  3. Mantap Resepnya Sis
    Nyoba bikin sendiri dirumah

    http://obatjellygamatgoldg.net/
    http://jellygamatgoldgpro.com/
    http://jellygamat-gold.net/
    http://jamutradisionalmujarab.com/

    ReplyDelete
  4. nice artikelnya sangat bermanfaat sekali :)
    http://jellygamatgoldg31.com/

    ReplyDelete
  5. mantap artikelnya :) terimakasih resep nya
    http://kedaijellygamatgoldg.com/obat-herbal-lipoma/

    ReplyDelete
  6. Pas hamil anak pertama (thn 2015), blm kesampean bikin resep ini. Padahal udah beli lemonnya. Skrg hamil lg, insyaalloh segera eksekusi :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...