December 20, 2014

Bakmi Godog Jawa

Bismillah..
Satu jajanan wajib kalo lagi liburan ke Jogja nih, bakmi godog Jawa. Godog dari bahasa Jawa yang artinya rebus. Seperti namanya, sajian khas Jogja ini adalah berupa bakmi (mie) yang direbus. Biasanya dimasak diatas kuali besi dengan bahan bakar arang. Meski udah ada kompor, tapi para penjual bakmi godog yang orisinil tetap mempertahankan cara ini, dan justru para pembeli malah nyarinya juga yang kaya gini.
Ada beberapa warung bakmi yang populer di Jogja, diantaranya bakmi KADIN. Tapi ga setiap kali kalo pulang kampung ke Jogja saya njajan disini. Soalnya mbah Uti tersayang pasti juga bikinin menu favorit ini kalo kami pulang, hehe..

Pakemnya, bakmi godog ini isinya mie kuning atau mie telor, telor bebek, irisan kasar kol, tomat, suwiran ayam kampung, kekian terigu dan dilengkapi irisan timun dan cabe rawit. Kuahnya dari kaldu ayam kampung yang dicemplungin telor trus diaduk hingga berserabut. Guriiiih & syegeeer.. Kuahnya memang supposed to be buthek alias keruh yah teman-teman, bukan bening..
Biasanya juga ada pilihan bihun untuk campuran bakminya, dan para penjual biasanya juga punya stok telor ayam biasa untuk pembeli yang kurang suka telor bebek.. Biasanya disajikan bukan di mangkok tapi di atas piring lebar (tapi bukan yang datar yah) dengan taburan bawang goreng dan pelengkap lainnya.
Bumbunya sederhana banget, cuma bawang merah + putih, kemiri dan merica. Cara menikmatinya, kalo selera saya, tanpa tambahan apa-apa.. Kalo mau ya paling tambah kecap dikiit aja, tanpa saos atopun sambal, cukup bawang goreng dan irisan timun. Nikmati rasa asli dari gurih kuahnya bakmi jawa yang medhok. Dimaem bakminya, disruput kuahnya, trus diklethus cabe rawitnya..ahhh, syedaaaap :D
Ditutup sama teh manis yang anget, bakmi godog ini bener-bener paas banget buat dinikmati pas cuaca lagi dingin dan hujan terus gini :)

Bakmi Godog Jawa
ala mamaaisyah

Bahan
1 papan mie kuning/mie telor, rebus & tiriskan
1 papan bihun, seduh & tiriskan
200 gr ayam, rebus & suwir-suwir (kali ini ga pake, keabisan :P )
750 ml kaldu ayam
2 butir telor
2 lembar kol, potong kasar
1 ikat sawi, potong kasar (opsional)
1 daun bawang, potong-potong
1 1/2 sdt garam atau secukupnya
1/2 sdt gula pasir
minyak untuk menumis

Bumbu halus
4 bawang merah
2 bawang putih
2 butir kemiri
1/2 sdt merica bubuk

Pelengkap
bakso (opsional, biasanya sih ga pake)
irisan tomat
irisan timun
cabe rawit
bawang goreng untuk taburan
kekian terigu (saya ga pake)

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus hingga matang. Tuang air kaldu, didihkan. Masukkan telor, aduk hingga berserabut. Tambahkan kol dan sawi hijau dan gula+garam.
2. Masukkan mie kuning, bihun dan suwiran ayam. Tambahkan bakso dan daun bawang + tomat. Aduk rata sebentar. Cicipi dan koreksi rasanya. Angkat
Segera sajikan dengan taburan bawang goreng, irisan timun dan cabe rawit

Ngomong-ngomong poto, itu poto asepnya ga sengaja. Pas jeprat-jepret trus ngecek hasilnya, eehh kok kliatan asepnya. Trus dicobalah poto-poto lagi sengaja pengen nangkep itu gambar asep, kok malah ga berhasil kliatan yaa, haha.. Ternyata susyah ya sodara-sodara..
Yang paling mendingan ya cuman yang ini, hihi..

Yasudah, daripada kemulan mulu karena dingin mendingan kita mbakmi dulu. Bakmi godog, anyone? ;)


6 comments:

  1. wiih mamah moto asep juga hehe.. pake cahaya samping ya? kayak punyaku [hot chocolate & Biscotti] pake cahaya samping warna objek jadi ada flare nya atau apa itu yah... over bright?

    ReplyDelete
    Replies
    1. he'em ini lightnya dari samping kiri belakang
      iya, backgroundnya mustinya underexposed ya kalo mo bikin poto asep? hihi, daku nggak ngerti :P :D
      ini juga tadinya ada yang ke-expose sisi kanan backgroundnya, udah diedit tapi tetep aja kliatan yak, xixixi

      Delete
  2. ai ai berasep mienya...mantap..ngiler..mau juga mienya...
    sudah kebayang makan mie gini, hujan2 enak banget yak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. asepnya malu-malu kucing ini mba Mon :D
      tapi mi godognya ga malu-malu(in) kok ini mba, emang enak heheh

      Delete
  3. Wiih.. Mama Aisyah fotonya tsakep.. Bikin posting-an food photography for dummies dong Ki. Buat orang kaya aku. Hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa..makasiih Wiid.. :D
      tp sebenernya masih amatiran banget je ini Wid, kuatir tar malah menyesatkan hihi

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...