September 5, 2014

Homemade Bakso Sapi-Ayam



Bismillah..
Mbakso lagii.. resep yang saya pakai kali ini masih setia dengan resep homemade bakso yang dulu pernah saya posting. Hanya kali ini, dagingnya saya campur dengan daging ayam, jadilah bakso sapi-ayam. Saya juga skip bahan pengembangnya dan alhamdulillah tetap enak dan kenyal.
Bikin bakso sendiri itu susah-susah gampang dan tricky. Kalo gilingan dagingnya kurang halus, hasil baksonya kurang bagus. Apalagi kalau tercampur dengan banyak lemak, alih-alih jadi bakso, malah lebih mirip siomay hasilnya ketimbang mirip bakso, hehe.. Dan tentu saja, karena tidak menggunakan bahan pengenyal seperti yang dipake abang-abang bakso, bakso homemade ya susah kalo mo sekenyal yang dijual-jual.

Untuk memaksimalkan hasil bakso homemade, kalo bisa ngikutin saran mba Ricke yaitu menggunakan daging yang benar-benar fresh. Kalo bisa yang dipotong pagi trus siang dibikin bakso. Meski tanpa pengenyal, bakso bisa jadi lebih kenyal. Selain itu, pastikan daging gilingnya bebas lemak. Daging sapi giling di boucherie langganan saya sekarang biasanya banyak lemaknya. Terlihat waktu nguleni tangan jadi berminyak dari lemak. Hasilnya, jadi bakso siomay duehh, hehe T_T
Sekarang saya jadi lebih suka beli dagingnya saja, kemudian dibersihkan sendiri lemaknya dan digiling sendiridi rumah. Nah, yang ini juga musti sabar nih.. Karena food processor saya kapasitas kecil dan gampang panas, nggilingnya harus bertahap. Jadinya bikin baksonya meuni lamaa pisan di persiapannya..
Akhirnya suami nyaranin untuk dicampur saja dengan daging ayam, yang relatif lebih gampang halusnya. Buat kami sih hasilnya cukup enak..ga jauh beda kok ama bakso daging sapi :D




Bakso Sapi-Ayam

Bahan

300 gr daging sapi
500 gr daging ayam
200 gr tapioka
2 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
300 ml es batu + air
air secukupnya untuk merebus

Cara membuat
1. Campur dan uleni semua bahan di atas (bisa menggunakan food processor yang besar, kalo saya manual menggunakan tangan)
2. Panaskan air hingga akan mendidih. Bentuk bola-bola adonan di atas kemudian masukkan ke air yang sudah dipanaskan tadi. Teruskan masak dengan api kecil hingga bakso mengapung 1-2 menit.
3. Angkat dan tiriskan

Kuah Bakso

Bahan

500 gr tulang sapi
4 siung bawang putih, memarkan
daun seledri
daun bawang
2 liter air
sedikit minyak atau mentega untuk menumis
gula dan garam dan merica secukupnya

Cara membuat:

1. Rebus tulang dan air dengan api kecil supaya kaldu yang dihasilkan enak dan gurih (kurang lebih 1-2 jam).
2. Tumis bawang putih  hingga wangi kemudian masukkan ke dalam kaldu. Tambahkan ikatan daun seledri dan daun bawang
3. Tambahkan gula, garam, merica sesuai selera 

Selamat mencoba ;)

10 comments:

  1. Replies
    1. Apalagi pas lagi kelaperan ya Om, hihi.. :D :D

      Delete
  2. Mau ini sekarang jugaak,,bisa ga ya... :( .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhh..tukang baksonya tutup dlu bu hajjah..lagi libur lebaran haji :D :P

      Delete
  3. o rupanya mbak ada resep bakso dr daging ayam..
    -kalo misal 800grm/1kg pake ayam semua hasilnya enak ga mbak..?
    -food processor itu pake blender apa pake chopper mbak..?
    trims ya reply nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belom pernah nyoba yg smua dagingnya pake daging ayam, tp kayanya sih enak enak aja
      Pake chopper mas
      sama-sama ^^

      Delete
  4. mantapnya baksonyaa.. mau nyobain ah.
    thanks ya share resepnya
    http://busanamuslim.co/

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo mba Nahla, semoga cucok yaa.. ^^

      Delete
  5. Tolong tanya ayamnya pake bagian dada atau paha?kulit ayamnya dipake apa nggak?terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pake bagian dada, dagingnya aja tanpa kulit
      terimakasih kembali

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...