June 9, 2015

Sayur Kohlrabi, gantinya Labu Siam..

Bismillah..
Yuhuuu...greeting from our homeland..! Alhamdulillah kami udah kembali ke tanah air.. Sejenak lupa sama acara masak-memasak, karena dimanjakan dengan masakan ibu mertua tertjintah, sampe-sampe keenakan dan lupa nikmatnya masak sendiri heheu... Dan imbasnya adalah blog masak pun makin terbengkalai, wkwkw..
Tapi seminggu ini udah rusuh di dapur lagi nih. Alhamdulillaaah... seneng banget, karena ternyata sayah sudah kangen berat acak-acak dapur. Meski rumah masih berantakaaan, kardus-kardus kiriman masih berdatangan, perlengkapan perang di dapur juga belom lengkap, tapi di kepala udah berseliweran resep-resep masakan dan cemilan yang pengen dicobain. Teteeup yah, wkwkwk..

Okeh, mari sekarang bicara resep. Sayur Kohlrabi ini sebenarnya saya masak pas masih di Belgia dulu. Uwooww, basi banget yak, hahah..
Tapi tetep wajib tayang. Kenapaa? Karena labu siam itu langka dan mihiiiil di negara bule sodara-sodara. Sedangkan masakan Indonesa yang nikmat-nikmat itu kan banyak banget yang pake labu siam. Mulai dari sayur asem, sayur lodeh, campuran siomay agar empuk, sampe lontong sayur kaya gini. Trus apa harus puasa makan yang enak-enak tadi? Alhamdulillah ngga yaa, pan ada Kohlrabi. Sayur kohlrabi ini lumrah di negeri empat musim, banyak ditemui di grocery store maupun di pasar. Termasuk jenis kol, dan biasa dijadikan salah satu bahan salad. Bentuknya kaya di bawah ini..

Sekilas dilihat kayanya berkulit tipis macem bengkoang, tapi ternyata kulitnya lumayan tebal. Teksturnya sendiri menurut saya juga mirip bengkoang saat mentah, tapi kalo mateng emang bener-bener mirip labu siam. Sayang banget saya telat banget kenal si kohlrabi ini. Tau gitu dari duluuu yak, mbikin lontong sayur pake kohlrabi :D
Btw ini saya lupa kenapa si lontong ga ikut kepoto.. Entah udah abis duluan apa belom mateng, heheu. Tapi dulu pernah saya posting resep lontong dimarih. Monggo diubek-ubek yah..

iishh.. kurang tajeem :( tapi teteup aja nampang, wkwkwk..
Sayur Kohlrabi/Sayur Labu Siam

Bahan
4 buah kohlrabi, potong korek api
100 gr udang kupas, cincang kasar
1 liter santan
1 batang sereh, keprek/memarkan
2 cm lengkuas, keprek /memarkan
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk

Bumbu halus
6 bawang merah
3 bawang putih
4 cabe merah besar (tambahkan rawit jika mau pedas)
3 butir kemiri, sangrai
1/2 sdt kunyit bubuk
1/2 sdt terasi matang

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus bersama sereh, daun salam dan lengkuas serta daun jeruk hingga wangi dan matang. Masukkan udang, aduk hingga berubah warna. Tambahkan santan, didihkan sambil sesekali diaduk
2. Setelah mendidih, masukkan sayur kohlrabi. Tambahkan gula garam sesuai selera. Masak hingga sayuran matang. Cicipi, angkat

Taburi dengan bawang goreng dan sajikan dengan lontong. Mantaaab..

Selamat mencoba :)




21 comments:

  1. halo halo mba Oki...welcome back ya di negeri tercintah ini...sekarang ga ada alasan masak ga ada bahan lagi ya..eh ada tapi mahal dink...ha ha ha....
    duh senangnya yang sudah balik lagi...uhuy...gmn para krucils..senang banget donk ya..
    nah kalau perlengkapan perang di dapur sudah lengkap ditunggu ya update resepnya...he he he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbaaa...kangeeeen..>.<
      lama banget ga mampir & nyontekin resep2muuu...

      Delete
    2. Tengok gambar je pun dah tahu sedap! boleh try ni. thx ya sis for sharing. Anyway, kalau free2 jemputlah ke blog saya untuk info2 kekal fit and slim.

      >>>Tips Slim & Fit Semula Jadi!<<<

      Delete
  2. Yuhuuu..asiik.. Maman oki kmbli lg..hihi..

    ReplyDelete
  3. Resep Sayur Kohlrabinya kelihatan enak dan lezat..
    Terimaksih untuk infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama
      terimakasih sudah berkungjung ^^

      Delete
  4. sangat menarik resepnya dan kelihatannya juga enak..

    ReplyDelete
  5. salam kenal........hm...yummy tuh masakannya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mba Liana..
      *shake hands*
      :)

      Delete
  6. Kalau ke Malang dan sekitarnya, patut dan silahkan dicoba Nandyca Catering – Jl. Puncak Jaya Ujung Kav.4 Dieng, MALANG - Contact Person : Ibu Eka Gautama (Arik) – Telp. 081333234123 – 082230019179 - Terima kasih...

    ReplyDelete
  7. sekilas mirip kaya sayur apa yah mama saya sering masak..di indo banyak,bisa diganti apa yah mbak kohrabi nya kalo g ada

    cara membuat website gratis

    ReplyDelete
  8. Mama, Buah kolabi jarang ada di tempat saya , jadi susah deh nyoba bikin nya ..hehehe

    ReplyDelete
  9. Wah ternyata ada alternatif lain ya selain labu siam.. Mau coba recook tapi buah kolabi jarang di jual Mama Aisyah.. Anyway terima kasih resep nya Mama.. :)

    ReplyDelete
  10. KISAH NYATA: IBU DARYUTI DARI TANJUNG PINANG

    Assalamu'Alaikum" Wr'Wb...
    Perkenalkan Nama saya Ibu Daryuti, asal Desa Teluk Bintan,Tanjung Pinang,
    saya menjadi tulang punggung Keluarga sejak suami saya meninggal,
    saya bekerja tanpa lelah untuk menghidupi 4 orang anak sejak di tinggal
    mati sang suami 5 thn yg lalu, sejak itu keputusasaan menghampiri sy,
    dan hampir meninggalkan ke 4 anak saya krn sy sdh tidak sanggup dengan
    kemiskinan yang sy alami dulu. Namun stelah menjelang beberapa hari datanglah
    tetangga sy dan menceritakan perubahan hidup yang dia alami,
    dia mempunyai banyak uang tanpa harus bekerja keras..
    dan dia bercerita tentang orang yang membantunya bernama KH.Fhatulla Harun,
    konon beliu bisa memberikan solusi masalah kemiskinan sperti yg sy alami ini..
    dan dengan tekat yang bulat sy minta nomor KH.Fhatulla Harun,
    ketika sy telpon pak haji, dan menceritakan permasalahan hidup saya.
    dan beliu brsedia membantu sy untuk kluar dari lumbung kemiskinan,
    sy sangat snang skali mendengarnya,, kemudian sy langsung mengiyakan
    segala syarat2 yg di pak haji sampaikan, 2 hari kemudian saya sudah merasakan keajaiban nyata
    terjadi di rumah saya, lemari tua yang ada di pojok kamar saya sudah
    penuh dengan lembaran uang pecahan ratusan ribu sy kaget terus pingsan,
    saat saya sadar uang itu betul2 nyata masih ada dalam lemari,
    syukur allhamdulillah saya ucapkan..Berkat campur tangan pak haji
    saya sudah punya banyak uang dan tidak akan perna habis sampai
    7 keturunan, Semua ini berkat UANG GAIB, PESUGIHAN PUTIH NABI SULAEMAN.
    Yang diberikan KH.Fhatulla Harun benar2 nyataSemua ini berkat UANG GAIB, PESUGIHAN PUTIH NABI SULAEMAN. dan ISLAMI serta tidak musyrik,
    Saya sangat berterima kasih kepada KH.Fhatulla Harun yg sudah bantu saya dan
    jadi member pak haji hingga kini, saya juga berjanji tidak lupa dgn kewajiban
    saya untuk slalu shalat dan menyubang di masjid dan panti asuhan.

    Untuk sanak saudara seiman dan setanah air yang ingin cepat kaya..
    jangan ragu untuk mengikuti ajaran KH.Fhatulla Harun krn ini pesugihan putih
    yang islami. dan persugian KH.Fhatulla Harun bisa di ikuti semua agama..
    dan anda pasti akan dibantu apapun yang ingin anda minta.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.untuk lebih jelasnya Hubungi Nomor Beliau.085-217-085-317
    ATau Kunjungi Situs Beliau Klik=>> Pesugihan Tanpa Tumbal Asli Tahun 2017 | Uang Gaib | Dana Gaib | Uang Balik Nabi Sulaeman Terima Kasih Dan Semogah JADI Pemenang Berikutnya, Amin . Wassalam. Kesaksian Kisah Nyata 2017

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...