April 13, 2015

Pom Pom Potato [Kroket Kentang Keju] Isi Telur Puyuh

Bismillah..
Masih inget pompom potato, teman-teman? Nah, ini variasinya. Resepnya kurang lebih sama hanya diberi isian telur puyuh. Anak-anak excited banget nemu 'harta karun' di dalemnya. Apalagi kemarin ini saya keabisan telur puyuh gara-gara dicemilin mulu sama eneng bayi. Jadi ga semua adonan terisi. Sebagian diisi telur puyuh, sebagian lagi ngga. Kebayang kan serunya para krucil itu pas nemu  harta karun di dalem pompom, hihi.. tapi meski pas dapet yang ga ada isinya, mereka tetep makan aja & seneng kok.. :)



Supaya pompom tidak pecah saat digoreng, pastikan untuk menyimpan adonan yang sudah siap goreng di dalam freezer terlebih dahulu. Minimal 1-2 jam. Kalo kemarin ini saya simpan semaleman. Lapis panirnya juga dua kali, selain supaya kokoh juga biar makin renyah. Goreng di minyak yang banyak dan panas, dan sekali goreng jangan banyak-banyak.. Pengalaman saya, kalo sekali nggoreng langsung banyak biasanya trus pada berantem di dalem wajan trus isinya berhamburan, wkwkwk... Trus balik hanya sekali saja. Lebih bagus lagi kalo deep-fry, jadi semua terendam dan ga perlu bolak-balik. Goreng sampe kekuningan, angkat deh..


Pom Pom Potato [Kroket Kentang Keju] Isi Telur Puyuh
dimodifikasi dari sini

Bahan
400 gr kentang, rebus atau kukus atau goreng
100 gr keju, parut
2 sdm susu kental manis (saya skip)
garam dan merica secukupnya
+/- 22 butir telur puyuh rebus

Pelapis
tepung roti secukupnya
1 butir telur, kocok lepas

minyak untuk menggoreng


Cara membuat
1. Haluskan kentang dengan sendok atau ulekan. Masukkan keju parut, aduk rata.  Tambahkan garam dan merica. Cicipi dan sesuaikan dengan selera
Note: jika menggunakan susu bubuk atau susu SKM, campurkan di tahap ini
2. Bentuk adonan bulat, sambil dikepal-kepal (digenggam sambil ditekan) supaya padat, tidak mudah pecah saat digoreng. Pipihkan, isi telur puyuh kemudian bulatkan kembali
3. Celupkan ke telur kocok, gulingkan ke tepung roti. Bisa diulang jika ingin kulit yang lebih tebal. [Saya ulang 2x]
4. Simpan dalam freezer 1-2 jam sebelum digoreng [saya semaleman]
5. Goreng dalam minyak panas yang agak banyak dengan api sedang-besar supaya kulit cepat menguning keemasan sebelum isinya meletus dan pecah. Balik hanya sekali saja.
6. Jika sudah menguning keemasan, angkat dan tiriskan

Sajikan dengan saus tomat atau mayonaise
Selamat mencoba ;)
Selamat mencoba :)

23 comments:

  1. Seru..seru....
    wah kebayang neh reaksi para krucils...
    wuih cantik banget pom2 potatonya...fotonya ciamik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, sampe maen banyak2an nemuin telur, wkwkwk..
      makasih mba :*

      Delete
  2. eh diriku kok malah naksir garpu mininya yak. Beli di mana itu ? Di ciledug belum nemu garpu seperti itu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli disini mba, mau tah? tar coba takliat dulu ya di tokonya, kalo masih ada tar takbawain ;)

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Mbak.
    Tanya dong, Kejunya dicampur ditahap mana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiyaah.. kejunya kelewat :D
      barusan udah saya update mba Lisa, makasi koreksinya ya ;)

      Delete
  5. Wah.. keliatan enak sekali dan fotonya cakep banget...
    Pengen segera dicoba nih resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mba Vika, semoga cocok ya :)

      Delete
  6. Replies
    1. Waduuuw..tinggal tusuk garpunya aja Ummiii.. hihi

      Delete
  7. Hi mba, uda saya coba menu ini. semalem uda saya keep di freezer dan subuh tadi uda saya goreng, cuma saya lupa dengan keju parutnya. hehehehe... tapi sayang tampilannya/bulatannya gak sebagus mba. semoga rasanya memuaskan karna saya uda keburu berangkat kerja.. jadi belum nyicipin...

    ReplyDelete
  8. Terima kasih ya telah memberikan informasi yang sangat menarik sekali :)

    ReplyDelete
  9. resepnya mantap dan bahan-bahannya gampang ya mbak..
    bisa di coba nih.. :D

    ReplyDelete
  10. Wah Lezat bgt makanannya.. Terima kasih untuk resepnya

    ReplyDelete
  11. saya akan coba ah, buat bekal ke sekolah nanti.. dalamennya bisa di gantikan mba? selain telur puyuh

    ReplyDelete
  12. Mantap deh gan Resep nya bisa Bermanfat juga

    ReplyDelete
  13. Oo ia aku lupa terima kasih ya
    resep makanannya ntarkan bisa ku praktekin

    ReplyDelete
  14. Oo ia aku lupa terima kasih ya
    resep makanannya ntarkan bisa ku praktekin

    ReplyDelete
  15. Mantap deh gan Resep nya bisa Bermanfat juga

    ReplyDelete
  16. mbak, saya udah coba pompom potatonya. rasanya enaaak banget mbaaakkk... anakku suka banget.
    tapi pas bentuk pompom potatonya kok adonannya nempel semua di tangan ya mbak? nempelnya bener-bener nempell dan lengkettt. akhirnya tiap sebelum mbentuk tanganku aku taburin pake tepung terigu, terus aja gt sampe adonan abis.. nggak praktis banget nih metodeku... ada tips nggak mbak cara mbentuknya biar nggak lengket?
    terima kasih ^^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...