April 13, 2015

Pom Pom Potato [Kroket Kentang Keju] Isi Telur Puyuh

Bismillah..
Masih inget pompom potato, teman-teman? Nah, ini variasinya. Resepnya kurang lebih sama hanya diberi isian telur puyuh. Anak-anak excited banget nemu 'harta karun' di dalemnya. Apalagi kemarin ini saya keabisan telur puyuh gara-gara dicemilin mulu sama eneng bayi. Jadi ga semua adonan terisi. Sebagian diisi telur puyuh, sebagian lagi ngga. Kebayang kan serunya para krucil itu pas nemu  harta karun di dalem pompom, hihi.. tapi meski pas dapet yang ga ada isinya, mereka tetep makan aja & seneng kok.. :)



Supaya pompom tidak pecah saat digoreng, pastikan untuk menyimpan adonan yang sudah siap goreng di dalam freezer terlebih dahulu. Minimal 1-2 jam. Kalo kemarin ini saya simpan semaleman. Lapis panirnya juga dua kali, selain supaya kokoh juga biar makin renyah. Goreng di minyak yang banyak dan panas, dan sekali goreng jangan banyak-banyak.. Pengalaman saya, kalo sekali nggoreng langsung banyak biasanya trus pada berantem di dalem wajan trus isinya berhamburan, wkwkwk... Trus balik hanya sekali saja. Lebih bagus lagi kalo deep-fry, jadi semua terendam dan ga perlu bolak-balik. Goreng sampe kekuningan, angkat deh..


Pom Pom Potato [Kroket Kentang Keju] Isi Telur Puyuh
dimodifikasi dari sini

Bahan
400 gr kentang, rebus atau kukus atau goreng
100 gr keju, parut
2 sdm susu kental manis (saya skip)
garam dan merica secukupnya
+/- 22 butir telur puyuh rebus

Pelapis
tepung roti secukupnya
1 butir telur, kocok lepas

minyak untuk menggoreng


Cara membuat
1. Haluskan kentang dengan sendok atau ulekan. Masukkan keju parut, aduk rata.  Tambahkan garam dan merica. Cicipi dan sesuaikan dengan selera
Note: jika menggunakan susu bubuk atau susu SKM, campurkan di tahap ini
2. Bentuk adonan bulat, sambil dikepal-kepal (digenggam sambil ditekan) supaya padat, tidak mudah pecah saat digoreng. Pipihkan, isi telur puyuh kemudian bulatkan kembali
3. Celupkan ke telur kocok, gulingkan ke tepung roti. Bisa diulang jika ingin kulit yang lebih tebal. [Saya ulang 2x]
4. Simpan dalam freezer 1-2 jam sebelum digoreng [saya semaleman]
5. Goreng dalam minyak panas yang agak banyak dengan api sedang-besar supaya kulit cepat menguning keemasan sebelum isinya meletus dan pecah. Balik hanya sekali saja.
6. Jika sudah menguning keemasan, angkat dan tiriskan

Sajikan dengan saus tomat atau mayonaise
Selamat mencoba ;)
Selamat mencoba :)

24 comments:

  1. Seru..seru....
    wah kebayang neh reaksi para krucils...
    wuih cantik banget pom2 potatonya...fotonya ciamik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, sampe maen banyak2an nemuin telur, wkwkwk..
      makasih mba :*

      Delete
  2. eh diriku kok malah naksir garpu mininya yak. Beli di mana itu ? Di ciledug belum nemu garpu seperti itu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli disini mba, mau tah? tar coba takliat dulu ya di tokonya, kalo masih ada tar takbawain ;)

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Mbak.
    Tanya dong, Kejunya dicampur ditahap mana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiyaah.. kejunya kelewat :D
      barusan udah saya update mba Lisa, makasi koreksinya ya ;)

      Delete
  5. Wah.. keliatan enak sekali dan fotonya cakep banget...
    Pengen segera dicoba nih resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mba Vika, semoga cocok ya :)

      Delete
  6. Replies
    1. Waduuuw..tinggal tusuk garpunya aja Ummiii.. hihi

      Delete
  7. Hi mba, uda saya coba menu ini. semalem uda saya keep di freezer dan subuh tadi uda saya goreng, cuma saya lupa dengan keju parutnya. hehehehe... tapi sayang tampilannya/bulatannya gak sebagus mba. semoga rasanya memuaskan karna saya uda keburu berangkat kerja.. jadi belum nyicipin...

    ReplyDelete
  8. Terima kasih ya telah memberikan informasi yang sangat menarik sekali :)

    ReplyDelete
  9. resepnya mantap dan bahan-bahannya gampang ya mbak..
    bisa di coba nih.. :D

    ReplyDelete
  10. Wah Lezat bgt makanannya.. Terima kasih untuk resepnya

    ReplyDelete
  11. saya akan coba ah, buat bekal ke sekolah nanti.. dalamennya bisa di gantikan mba? selain telur puyuh

    ReplyDelete
  12. Mantap deh gan Resep nya bisa Bermanfat juga

    ReplyDelete
  13. Oo ia aku lupa terima kasih ya
    resep makanannya ntarkan bisa ku praktekin

    ReplyDelete
  14. Oo ia aku lupa terima kasih ya
    resep makanannya ntarkan bisa ku praktekin

    ReplyDelete
  15. Mantap deh gan Resep nya bisa Bermanfat juga

    ReplyDelete
  16. mbak, saya udah coba pompom potatonya. rasanya enaaak banget mbaaakkk... anakku suka banget.
    tapi pas bentuk pompom potatonya kok adonannya nempel semua di tangan ya mbak? nempelnya bener-bener nempell dan lengkettt. akhirnya tiap sebelum mbentuk tanganku aku taburin pake tepung terigu, terus aja gt sampe adonan abis.. nggak praktis banget nih metodeku... ada tips nggak mbak cara mbentuknya biar nggak lengket?
    terima kasih ^^

    ReplyDelete
  17. KISAH NYATA: IBU DARYUTI DARI TANJUNG PINANG

    Assalamu'Alaikum" Wr'Wb...
    Perkenalkan Nama saya Ibu Daryuti, asal Desa Teluk Bintan,Tanjung Pinang,
    saya menjadi tulang punggung Keluarga sejak suami saya meninggal,
    saya bekerja tanpa lelah untuk menghidupi 4 orang anak sejak di tinggal
    mati sang suami 5 thn yg lalu, sejak itu keputusasaan menghampiri sy,
    dan hampir meninggalkan ke 4 anak saya krn sy sdh tidak sanggup dengan
    kemiskinan yang sy alami dulu. Namun stelah menjelang beberapa hari datanglah
    tetangga sy dan menceritakan perubahan hidup yang dia alami,
    dia mempunyai banyak uang tanpa harus bekerja keras..
    dan dia bercerita tentang orang yang membantunya bernama KH.Fhatulla Harun,
    konon beliu bisa memberikan solusi masalah kemiskinan sperti yg sy alami ini..
    dan dengan tekat yang bulat sy minta nomor KH.Fhatulla Harun,
    ketika sy telpon pak haji, dan menceritakan permasalahan hidup saya.
    dan beliu brsedia membantu sy untuk kluar dari lumbung kemiskinan,
    sy sangat snang skali mendengarnya,, kemudian sy langsung mengiyakan
    segala syarat2 yg di pak haji sampaikan, 2 hari kemudian saya sudah merasakan keajaiban nyata
    terjadi di rumah saya, lemari tua yang ada di pojok kamar saya sudah
    penuh dengan lembaran uang pecahan ratusan ribu sy kaget terus pingsan,
    saat saya sadar uang itu betul2 nyata masih ada dalam lemari,
    syukur allhamdulillah saya ucapkan..Berkat campur tangan pak haji
    saya sudah punya banyak uang dan tidak akan perna habis sampai
    7 keturunan, Semua ini berkat UANG GAIB, PESUGIHAN PUTIH NABI SULAEMAN.
    Yang diberikan KH.Fhatulla Harun benar2 nyataSemua ini berkat UANG GAIB, PESUGIHAN PUTIH NABI SULAEMAN. dan ISLAMI serta tidak musyrik,
    Saya sangat berterima kasih kepada KH.Fhatulla Harun yg sudah bantu saya dan
    jadi member pak haji hingga kini, saya juga berjanji tidak lupa dgn kewajiban
    saya untuk slalu shalat dan menyubang di masjid dan panti asuhan.

    Untuk sanak saudara seiman dan setanah air yang ingin cepat kaya..
    jangan ragu untuk mengikuti ajaran KH.Fhatulla Harun krn ini pesugihan putih
    yang islami. dan persugian KH.Fhatulla Harun bisa di ikuti semua agama..
    dan anda pasti akan dibantu apapun yang ingin anda minta.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.untuk lebih jelasnya Hubungi Nomor Beliau.085-217-085-317
    ATau Kunjungi Situs Beliau Klik=>> Pesugihan Tanpa Tumbal Asli Tahun 2017 | Uang Gaib | Dana Gaib | Uang Balik Nabi Sulaeman Terima Kasih Dan Semogah JADI Pemenang Berikutnya, Amin . Wassalam. Kesaksian Kisah Nyata 2017

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...