September 2, 2014

Nutella Swirled Banana Bread

{scroll down for recipe in English}


Bismillah..
Kemarin anak-anak udah mulai kembali ke sekolah. Setelah libur yang paanjaaaang dan laaama 2 bulan, tentunya hari pertama sekolah pasti melelahkan. Mumpung pas ada pisang yang udah kematengan, saya pengen bikinin mereka kombinasi Banana Bread dan Nutella buat cemilan pulang sekolah nanti. Banana bread + nutella, perpaduan dari 2 cemilan favorit mereka. Kayaknya bukan cuman mereka sih, banana bread dan nutella, siapa pula yang ga suka?

Katanya..sebuah gambar bisa bernilai lebih dari seribu kata. Jadi, saya cukupkan dengan gambar-gambar saja untuk mendeskripsikan enaknya banana bread ini. Beneran.. lembut, moist dan legit pisang.. dilengkapi selai coklat hazelnut, aihh.. Apalagi harumnya pas lagi dipanggang, wangi kue pisang dipadu harum coklat..walah.. Yoih, ga cuma sodara-sodara, saya juga terngiler-iler lagi sambil nulis ini postingan..



Nutella Swirled Banana Bread
adapted from Hungry Brownie

Bahan
260 gr tepung terigu
1 sdt soda kue
1/2 sdt garam
1 sdt vanilla (saya pake yang bubuk)

150 gr gula pasir
2 telur ukuran besar
90 ml minyak
60 ml buttermilk
3 pisang yang sudah matang, lumatkan dengan garpu

1 cawan kecil nutella (kurang lebih 75 ml)
>hangatkan 20 detik di microwave atau di-tim

Cara membuat
Panaskan oven 175 Celsius. Alasi dua loyang 23x7x5 cm dengan kertas roti di semua sisinya. Atau olesi dengan mentega dan taburi dengan tepung
1. Campur dan ayak 4 bahan pertama (tepung, soda kue, garam dan vanilla) di mangkok besar. Sisihkan
note: Jika menggunakan vanilla cair, campur vanilla dengan bahan basah di tahap berikutnya.
2. Dengan menggunakan hand whisk, kocok telur dan gula pasir hingga rata, tambahkan minyak, kocok rata lagi. Kemudian tambahkan buttermilk dan pisang, kocok rata.
3. Tuang bahan cair yang sudah dikocok rata tadi ke bahan kering (campuran tepung), aduk rata. Saya awali dengan mengaduk menggunakan hand whisk  kemudian saat mulai terlihat menyatu, saya gunakan spatula untuk menyisir sisi-sisi dan bagian bawah mangkok, memastikan semua sudah tercampur rata.
4. Tuang adonan di kedua loyang menggunakan sendok sayur. Tuang 1 sendok ke loyang pertama, kemudian 1 sendok ke loyang kedua. Ambil sesendok munjung nutella, tuang ke atas adonan di loyang pertama. Lakukan juga ke loyang kedua. Kemudian tuang lagi dengan 1 sendok adonan masing-masing, diikuti nutella dan begitu seterusnya.
Terakhir, tuang sisa nutella di atas kemudian bentuk marmer dengan bantuan sumpit/garpu/pisau
5. Panggang 40 menit. Cek dengan tusuk gigi, jika tusuk gigi yang ditusuk keluar bersih artinya sudah matang.
Note: bagian yang terkena melted nutella akan tetap basah, karena memang begitu maunya ya..

Biarkan cake/bread di loyang selama 15 menit, baru dikeluarkan. Biarkan dingin di suhu ruang
Kalo saya..panas-panas langsung dipoto. Abis dipoto langsung serbuuu.. :D :D





Nutella Swirled Banana Cake
adapted from Hungry Brownie with modification

Ingredients
2 cups all purpose flour
1/2 tsp salt
1 tsp baking soda
1 tsp vanilla (I use powder)

2 large eggs
3/4 cup sugar
1/4 cup buttermilk
6 tbsp oil
3 brown ripe bananas, mashed

1/3 cup nutella (heat in microwave for 20 seconds)

Directions
Preheat oven to 175 C or 350 degrees F. Put baking paper on 2 loaf pans size 23x7x5 cm or grease them well.
1. In a large bowl, whisk and sift the first 4 ingredients (flour, baking soda, salt and vanilla). Set aside
note: if you use vanilla extract, mix with wet ingredients in the following step
2. In a mixing bowl, using a whisk, mix eggs and sugar until combined. Add in oil, mix well. Add in buttermilk & bananas, mix well
3. Add the wet ingredient in to the dry ingedient, stir until well incorporated. Do not overmix
4. Spoon the batter in to the prepared pans. Every spoon you put the batter on the pans, spoon the nutella on top of each. Repeat the process until the batter is evenly divided. Finish with some nutella on top, then swirl with a knife/chopstisk
5. Bake for 40 minutes or after a toothpick inserted comes out clean, excluding the hot melted nutella

Allow the bread to cool in the pans for 15 minutes before removing. Have a slice and enjoy! :)











5 comments:

  1. liat coklat yang ada di dalam breadnya bikin ngiler. Pasti enyak bingiiiittt....

    ReplyDelete
  2. Mama aisyah, kalo tidak suka Pisani bisa dihilangkan ya..terus komposisi Sama ya tepungnya..Makasi.. Happy new year

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...