March 19, 2015

Urap Sayuran

Bismillah..
Yeepp.. urap sayuran ala saya ini memang ga sesuai pakemnya sodara-sodara. Kalo umumnya bumbu urap itu dikukus, saya ditumis biar praktis. Kalo seringnya bumbu urap itu pake kencur, saya ga pake. Bukan gamau, tapi seringnya ga nemu. Dan juga, menyesuaikan dengan sayuran lokal, saya ga pernah pake kacang panjang di urap yang saya buat. Mihiiil sodara-sodaraa.. Saya ganti pake buncis aja.

Saya kadang campurin sayur kale kalo pas lagi ada, tambah wenak.. Tapi kalo pas ga ada, ya saya pake bayam aja. Nhah, karena sifatnya si bayam Eropa yang lembek, saran saya, bayamnya jangan direbus/dikukus seperti sayuran yang lain. Cukup dicelup sebentar ke air panas, lalu segera tiriskan. Ini resep yang sama kaya yang saya biasa pakai untuk bikin pesanan tumpeng. So far pada bilang enak, alhamdulillah.. Nhah yang kemaren pada nanyain resepnya, monggooo yah.. saya mah ga pake bumbu rahasia2-an kok, beneran deh, heheu.. 
Hayoh, mari dipraktekin :)


Urap Sayuran

Bahan
200 gr buncis, potong-potong
2 buah wortel, potong-potong
150 gr taoge, seduh air panas
150 gr bayam
>bisa ditambah ato diganti sayuran laen suka-suka

3 daun jeruk, sobek-sobek
200 gr kelapa parut kering
100 ml air atau secukupnya
1 sdt gula merah sisir
11/2 sdt garam atau secukupnya
1/2 - 1sdt gula pasir
minyak untuk menumis

Bumbu halus
1 buah shallot ukuran besar (6 bawang merah)
3 bawang putih
2 cabai merah besar
1/3 sdt kunyit bubuk
1/2 sdt terasi matang(digoreng atau dibakar)

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus bersama daun jeruk hingga harum. Masukkan kelapa parut, aduk hingga rata. Masukkan air, garam, gula jawa dan gula pasir, aduk kemudian masak hingga air meresap dan kelapa agak empuk. Tambahkan air jika perlu.
2. Cicipi dan koreksi rasa, angkat. Urap tidak terlalu basah juga tidak kering
Sayuran: Rebus di dalam air yang diberi sedikit garam hingga matang. Tiriskan
untuk bayam: didihkan air, matikan api kemudian celupkan bayam sebentar lalu segera tiriskan
Penyajian: campurkan smua sayuran dan bumbu urap. Aduk rata, sajikan.

Note:
- Mulai dari sedikit aja kasi gula-garemnya, cicipi dulu baru dipaskan dengan ditambah kalo kurang. Terus ulangi cicip dan koreksi rasanya sampai dengan pas rasa dengan selera. Terus terang, saya kadang mpe 5 kali bolak-balik cicip-koreksi baru paaas nendangnya, hihi. Yup, begitulah untuk semua masakan ;)
- Untuk hampir semua masakan saya emang selalu pake gula pasir.. bikin gurih alami, gak perlu pake msg. Cobain deh..
- Takaran sayuran di resep ini kira-kira yah, ga pernah ukur dulu pake timbangan soalnya..

Selamat mencoba :)

6 comments:

  1. makanan favorit nomer satuuu. Paling enak digadoin tanpa nasi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. toooss kita mba :)
      bikin slalu banyak karena pasti buat digadoin juga, hehe

      Delete
  2. Nyam nyaaam.... sukaaaa bgt... kl mamah aku suka ditambain teri goreng jg mams....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. eeh, barutau aku ada versi yang ditambahin teri goreng
      pasti jadi makin gurih yaa..

      Delete
  3. Mba, mau tanya, resep ini buat berapa orang yah?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...