October 6, 2014

Pangsit Goreng

Bismillah..
Yippiie..it is Eid! Selamat hari raya Idul Adha temaans..Taqabalallahu minna wa minkum.
Gimana, masih berkutat sama daging sapi-daging kambing sampe hari ini? Pasti udah masak macem-macem yah. Nyate sih udah pasti yaa.. Kalo masih ada banyak daging dan mau coba resep yang gampang, coba nasi kebuli kambing rice cooker ini deh. Gampang tapi enyaak.. Ato tongseng, mmmh..nyamm! Abis makan yang berat-berat tadi trus minum sop buah ato asinan buah tanpa cuka. Aiihh..syegeerrr...

Saya sih ngga, seperti biasa kurbannya di kampuang nan jauh di mato T_T. Tapi gapapaah, kemaren abis sholat Eid udah maem lontong gulai kambing bareng-bareng sama jamaah muslim di KBRI. Duhh, nikmaat.. Gulai bikinan kak Rahma emang ga ada duanya :D
Yasudah, sekarang mari kita bahas resep yang sesuai judul yah, pangsit goreng. Pangsit ini saya bikin pas saya bikin baso tahu kuah kemaren lalu. Adonan isinya juga kurang lebih sama. Dan karena saya males maunya praktis, saya pake kulit pangsitnya yang siap pakai aja. Hehe..

Pangsit Goreng

Bahan
+/- 30 lembar kulit pangsit siap pakai
Minyak untuk menggoreng
note: kalo mo bikin kulitnya sendiri, saya suka pake resep yang ini

Bahan isi
300 gr daging ayam
1 daun bawang, iris halus
1 butir telur
2 sdm tepung tapioka atau tepung sagu
3/4 sdt garam (atau sesuai selera)
1/4 sdt gula pasir (atau sesuai selera)
1/2 sdt merica bubuk (atau sesuai selera)
1/4 sdt kaldu bubuk
2 bawang merah, iris tipis, goreng, haluskan

Opsional: bisa ditambahkan sayuran seperti wortel (1 buah, parut) atau brokoli (cincang)

Cara membuat
1. Campurkan semua bahan isi hingga rata.
2. Dengan menggunakan sendok kecil atau garpu, isikan adonan bahan isi ke dalam pangsit. Besar isian sesuaikan selera. Bisa sedikit-sedikit, bisa juga gendut-gendut kaya punya saya :D
Lipat segitiga, atau bisa juga dibentuk kapal. Jika ingin dibentuk kapal, sendokkan isi sedikit saja. Lipat segitiga kemudian temukan kedua ujungnya dengan air.
3. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga kuning keemasan. Angkat

Selamat mencoba

8 comments:

  1. wuih pangsitnya gendut-gendut. Mau banget dooongg....

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyesuaiin porsi yang bikin ini mbaa, hihihii..

      Delete
  2. enak kayaknya ya pangsit gorengnya...
    apalagi dicocol saus ekstra pedas...nyam2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Monic, bikin dikit ato banyak juga sama aja cepet abisnya :D

      Delete
    2. mba Oki,
      sudah kucoba buat oangsit gorengnya, enak..matur suwun sanget nggih resepnya...

      Delete
    3. ajiiib..
      sami-samii mba Monic :)

      Delete
  3. Mba saya baru mau coba. Knp ya pas digoreng kulit pangsitnya selalu kebuka, jd isi nya pd keluar2 gtu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ujung2nya dilem pake air mba supaya nempel, sambil ditekan-tekan supaya rapat..insyaAllah ga kebuka deh
      Kulit pangsit yang lagi nunggu diproses ditutup kain lembab ya supaya ga kering

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...