October 31, 2014

Ketoprak

Bismillah..
Salah satu jajanan khasnya Betawi nih.. Tapi saya kenal pertama kali pas kuliah di Bandung, abang-abang penjual jajanan ini banyak beredar di daerah Cisitu.. Awalnya agak heran, namanya kok sama kayak seni pentas Jawa yang dulu suka tayang di TVRI ya, 'Kethoprak', hehe..
Ketoprak ini isinya double carbo, udah ada lontong tapi masih pake mie, cucok deh buat sayah wkwkw.. Kemudian dilengkapi taoge yang sudah diseduh, tahu goreng dan irisan mentimun baru kemudian diberi saus bumbu kacang dan kecap. Biasa disajikan dengan kerupuk merah dan bawang goreng. Simpel tapi nikmat deeh..dan yang penting, mengenyangkan!

Update:
Tadi siang  kebetulan baca update news di group FB dari admin IDFB, mbak Andrie Anne, yang bilang kalo untuk ikut challenge ini bisa dengan mereplika resep dari website Sajian Sedap tanpa harus donlot e-magz nya. Yippiie.. jadi bisa ikutan deh :D
Sajian Sedap adalah my go-to recipe site yang resep-resepnya udah teruji dan yang paling penting: terpercaya. Udah banyak yang saya cobain dan saya puas sama hasilnya. Mulei dari masakan kaya sop buntut ini, rolade ayam, semur bola daging, trus ayam goreng kelapa sampe resep-resep snacknya pun juga okeh punya, kaya siomay, bitterballen, martabak manis..apalagi yah..banyaaakk! :D
Itu mulei dari yang resepnya plek ngikut kaya yang di Sajian Sedap ataupun yang dimodif semena-mena menyesuaikan selera keluarga. Semua enyaak..
Kadang saya juga tengak-tengok website ini untuk cari inspirasi menu lauk harian yang kadang saya bingung mo masak apa..
Makasiih ya Sajian Sedap & team, resep-resepnya sudah mengenyangkan banyak perut dan mengobati galau rindu anak-anak bangsa pada citarasa masakan Indonesia tertjintah :D

Yang mo bikin juga buat iseng-iseng pas wiken besok, yuukk mariii.. ;)

Ketoprak
source: Sajian Sedap

Bahan:
2 buah tahu putih
1/2 sdt garam
2 siung bawang putih, haluskan
100 ml air
4 buah lontong, potong-potong
100 gr taoge, seduh
100 gr bihun, seduh
1 buah timun, potong 4 bagian, iris

Pelengkap:
kecap manis, sesuai selera
bawang merah goreng untuk taburan
kerupuk kanji (saya pake kerupuk udang yang dipotong-potong)

Sambal Kacang:
150 gr kacang tanah, goreng, haluskan
6 cabai rawit, rebus
1 bawang putih
1 sdt garam
25 gr gula merah
25 ml air asam (dari 2 sdt asam jawa dan 3 sdm air)
150 ml air

Cara membuat:
1. Rendam tahu dalam larutan garam, bawang putih dan air. Goreng, potong-potong dadu
2. Sambal kacang: Ulek cabai, bawang putih, garam dan gula merah. Masukkan kacang tanah, ulek rata. Tambahkan air dan air asam, aduk rata.
3. Tata lontong dalam piring, beri potongan tahu, taoge, bihun kemudian siram sambal kacang. Tambahkan kecap manis
Sajikan dengan ditabur bawang goreng dan kerupuk

untuk 4 orang


Selamat mencoba :)

13 comments:

  1. hmmm....ada resep ketoprak di sini...
    kalau aku pertama makan ketoprak bukan di bandung, tapi waktu sdh kerja jadi joni di mm2100 cibitung..(he he he..mba Oki bilang EGP)..pagi2 suka banyak penjual nongkrong depan perusahaan..eh tinggal pilih..ada ketoprak, soto ayam, bubur ayam, gorengan...(ya ga pilih aja tapi bayar juga he he he..)
    belum pernah coba buat sendiri.. kalau buat sendiri tentu suka2 ya mau banyakin lontongnya...kalau beli kan malu minta banyakin lontong..kalau minta banyakin cabe masih wajar ya..ha ha ha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Moniic, dlu gawe di mm2100 toh? Aku dlu sering kesitu mbaa, meeting ama supplier ato Parts Centernya ADM. Nhah abis meeting trus jajan di sop janda yg fenomenal itu lhoh, pasti sering kesitu juga kaan? :D :D

      Delete
    2. he he he aku bentar aja kerja di sana, cuma beberapa bulan, nah belum tau ya apa sudah ada sop janda waktu itu, atau aku yg kuper ya..he he he..
      abis kl kerja pergi pagi pulang malem, makan siang jarang keluar, maklum buruh pabrik..nah pas libur biasa ke bandung..kalaupun ga ke bandung ya cuma maen ke mall.. hmmm jadi penasaran buat sop janda, ayo mba Oki buat dulu, ntar aku contek resepnya..he he he..

      Delete
    3. hooo..siaap mba Mon, tar yah insyaAllah takbikin. Gara2 ngomongin ini jadi beneran pingin, heheu

      Delete
  2. eh iya ya baru inget ketoprak itu pake bihun heuheu lupaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaah..dah lama ga jajan ketoprak yah
      hayuk bikin :D

      Delete
  3. my favourite ini mba....sukaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah samaa dong kita mba Wulan
      toss duluu :D :D
      makasih dah mampir yaa ;)

      Delete
  4. nih the most comforting dish ever !!!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...