September 24, 2014

Triple Choco Brownies Sungai Chocolatozz ala Ummu Allegra


Bismillah..
Weekend kemarin kami mengikuti pengajian bulanan. Biasanya, saya bawa cocoa brownies andalan yang gampang tapi selalu laris manis. Tapi kemaren iseng aja pengen sekalian coba resep brownies baru. Coba googling sana-sini trus kepincutlah saya sama poto Triple Choco Brownies ala Ummu Allegra di blog Pawon Ayu. Brownies sungai coklatnya Ummu Allegra ini sebenernya udah ngehits di fb NCC sejak bbrp bulan lalu. Waktu pas lagi hot-hot nya, kayana hampir tiap jam ada aja yang upload hasil karya brownies coklatnya di wall group. Saya sukses ngiler dan jadi pengen ikutan bikin. Pengen doang..tapi ga bikin-bikin, heheu..
Pas udah jadi, saya yakin ini brownies pasti ga kalah laris manis nanti. Shiny crust yang dihiasi sungai coklat dan bebatuan choco chipsnya menarik perhatian. Kalo rasa, udah jelas enak lah ya..triple choco gitu lhoh (coklat bubuk, DCC dan choco chips semua dipake :D). Dan bener book, belom juga itu mulai ngantri jamuan makan (dan brownies ditaroh di ujung meja bersama dessert yang laen), loyang browniesnya udah kosyooong..haha.. Untunglah saya udah nyomot satu duluan, xixixi.. Makasiih banyak Ummu Allegra dan Mba Maya untuk sharing resepnya, barakallahu fiik :)
Resep brownies ini adalah resep andalannya Ummu Allegra yang blio pakai buat jualan. Ceritanya karena sayang membuang sisa coklat DCC leleh di mangkok, blio tuang ke atas adonan di loyang dan ternyata malah membentuk motif sungai coklat yang cantik. Resep asli dari Ummu untuk 3 loyang 30x10 cm, saya bikinnya ngikut mba Maya, hanya separoh resep untuk 1 loyang persegi. Bedanya, mba Maya pake loyang 22x22 cm sedang saya pake 20x20 cm jadi hasilnya punya saya sedikit lebih tinggi..
sungai coklatnya ala saya..ada yang lebar ada yg sempit ada yang banjir ada pula yg mampet, haha

Triple Choco Brownies Sungai Chocolatozzz
by Ummu Allegra via Pawon Ayu

Bahan

3 butir telur
200 gr gula pasir (saya 175 gr)
125 gr gula palem (saya pake dark brown sugar)
115 ml minyak goreng
1 1/2 sdt vanila bubuk
100 gr coklat blok atau dark cooking chocolate (DCC), cincang dan lelehkan
200 gr tepung terigu protein sedang ( saya pake tepung serbaguna)
25 gr coklat bubuk (saya pake Vanhouten)
1/2 sdt baking powder (saya skip)
3/4 sdt soda kue (saya skip)
choco chips secukupnya

Cara membuat
1. Panaskan oven 190 C. Alasi loyang 20x20 cm (atau 22x22 cm) dengan kertas roti, sisihkan
2. Kocok telur, gula pasir, gula palem, vanila dengan mikser kecepatan terendah hanya hingga gula larut sekitar 2-3 menit saja. Gerakkan mikser bolak-balik, jangan searah supaya adonan tidak mengembang seperti cake atau bolu
3. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder+soda kue (jika pakai). Tambahkan ke adonan sedikit demi sedikit sambil aduk rata dengan mikser kecepatan terendah (saya pake whisk aja biar aman dan ga overmix).
4. Tuangkan coklat DCC leleh (jangan lupa sisakan 2 sdm) dan chocochips, aduk rata dengan spatula. Masukkan minyak, aduk rata lagi
5. Tuangkan ke loyang. Buat motif aliran sungai dengan sisa DCC leleh tadi. Taburi dengan sisa choco chips
6. Panggang di rak atas selama 25 menit untuk mendapatkan shicy crust yang cantik. Setelah 25 menit, segera pindahkan ke rak bawah dan turunkan suhu menjadi 150 C. Panggang lagi selama 20-25 menit. Angkat dan dinginkan
Jangan overbake, brownies akan menjadi kering dan bagian dalamnya tidak lagi chewy.

Ketika baru dikeluarkan brownies terlihat gendut dan mengembang tapi akan menyusut turun dan menjadi rata/flat seperti di foto setelah dingin..
Sebaiknya potong setelah brownies benar-benar dingin supaya rapi..kecuali..Anda sudah tidak sabar lagi, hihi..

Original Recipe
untuk 3 loyang 30x10 cm

6 butir telur
400 gr gula pasir
250 gr gula palem
225 ml minyak goreng
1-2 sdt vanila
200 gr DCC, lelehkan
400 gr tepung terigu protein sedang
50 gr coklat bubuk
1 sdt baking powder
1 1/2 sdt soda kue
choco chips secukupnya

Cara membuat sama seperti resep yang di atas ya..
Berikut juga saya sertakan tips dari empunya resep (ummu Allegra)..

Tips :
Panaskan oven suhu 190°C selama kurang lebih 15-20 menit (jadi ketika kita mulai mau mengocok adonan, kita nyalakan dulu ovennya suhu 190°C , kalau yg pakai otang alias oven tangkring, apinya hampir besar, jangan yg paling besar, jadi api sedang tapi digedein dikit).
Masukkan loyang pada rak paling atas, panggang selama 25 menit. Lalu turunkan suhu ke 150°C (kalau otang api sedang agak kecil) . Keluarkan brownies, tukar posisinya ke rak bagian tengah. Panggang kurang lebih selama 20-25 menit. Jangan ditambah waktu terlalu lama ya, walau brownies terasa masih menul2 empuk, karena nanti kalau terlalu kering brownies malah bisa jadi keras... Nanti brownies akan mengeras sendiri ketika mendingin, karena kandungan coklat dan gula yang banyak.

Selamat mencoba :)

16 comments:

  1. Cantikkkkkk browniesnya, fotonya bening keren Mama Aisyah. Sukaaaa bgt liat foto2nya. Seneng sekali ya browniesnya laris manis untung yg bikin udh nyomot ya....qiqiqii....memang terkadang suka gitu, jadi inget dulu pertama kali bikin Red velvet cake, buat pesanan kata yg pesen enak...nah yg bikin aja blom nyobain ....bakul nekad he...he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aww..makasiiih mba Maya, jd geer nih :D
      Iya mba, ini untung udah nyomot jd bisa nyicip
      Klo aku masih suka keder klo buat jualan mba, jalan di tempat deh jdnya alias ga maju2 :P
      Bakulnya musti bljr nekad dlu nih, deket2 mba Maya ah biar terinspirasi hihii..

      Delete
  2. aih aih...jadi pengen..bukan pengen buat...pengen minta..he he he....
    enak banget tuh ya...

    ReplyDelete
  3. Mbak Oki, keren banget photo brownie nya. bikin ngiler.. hehe. Mbak Oki, mau nanya bagian bawah brownie ini kering garing atau moist kayak bagian tengah nya? Aku pernah beberapa kali eksekusi resep ini, tapi bawahnya moist nggak garing. Penasaran apa emang gitu texture nya apa karena oven listrik aku bawahnya kurang panas? - Mariezka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Mariezka, salam kenal yaa ^^
      bagian bawah (dasar) ga sekering garing bagian atas, tapi juga ga selembab bagian tengah mba. Gambar yang paling bawah kayanya yang keliatan lebih jelas, tekstur bagian tengah browniesnya aja yang paling moist
      Ini aku pake rak paling bawah di 20-25 menit terakhir mba (dgn oven gas). Klo emang oven bawah mba kurang panas, mgkn bisa ditambah temperaturnya mba pas 20-25 menit terakhirnya, ato agak dilamain dikit manggangnya
      Semoga membantu yaa..

      Delete
  4. Terima kasih pencerahannya Mba.. nanti aku coba lagi this weekend and let you know:)

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum... salam kenal mba dr saya yg baru belajar baking, saya fitri.
    Sdh lama Saya suka skali blog ini,menurut saya blog ini sederhana,manis,simple,elegant...hehe ini gak lebay ya mba,bgitu mnurut saya. Foto2 ny slalu bening mngunggah selera, resep2 yg ditampilkan tampaknya jg pilihan dech,enak2...kyk ny resep2 yg diposting mmng benar2 pilihan/favoriet yg punya blog hehe.
    Yg paling saya suka diblog ini cake2 coklat dan brownies2 nya hmmmm... bikin ngences.
    Saya ingin coba cake coklat dan cocoa brownies nya, hny trkendala di bahan. Mba kan pake sour cream... nah dtmpt saya ga ada sour cream, pnjelasan mba bisa di ganti dgn yoghurt..prtanyaannya pake yoghurt yg cair apa yg cream mba?...trus bubuk coklat van houten yg Indonesia bukan ya mba?... krn mba tidak sedang bermukim di indo kan?..

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum... salam kenal mba dr saya yg baru belajar baking, saya fitri.
    Sdh lama Saya suka skali blog ini,menurut saya blog ini sederhana,manis,simple,elegant...hehe ini gak lebay ya mba,bgitu mnurut saya. Foto2 ny slalu bening mngunggah selera, resep2 yg ditampilkan tampaknya jg pilihan dech,enak2...kyk ny resep2 yg diposting mmng benar2 pilihan/favoriet yg punya blog hehe.
    Yg paling saya suka diblog ini cake2 coklat dan brownies2 nya hmmmm... bikin ngences.
    Saya ingin coba cake coklat dan cocoa brownies nya, hny trkendala di bahan. Mba kan pake sour cream... nah dtmpt saya ga ada sour cream, pnjelasan mba bisa di ganti dgn yoghurt..prtanyaannya pake yoghurt yg cair apa yg cream mba?...trus bubuk coklat van houten yg Indonesia bukan ya mba?... krn mba tidak sedang bermukim di indo kan?..

    ReplyDelete
  7. Mama aisyah, Terima kasih resep n instruksinya detail Sekali . . Saya lngsung cb n seperti nya sukses . . Tp kue saya agak kurang tinggi (loyang 20x20) seperti punya mbk di gambar..pas saya mixer telur dak Braniff lama2 jg . . Apa itu hasilnya banget arti nya ya? Oh ya mbk, saya rencana nanti mau jual an brownie ini..tp masih binggung kasi harganya..enaknya brapa ya mbk? Atau kalo boleh tau mbk jual nya bias a berapa?
    Makasi mbk di tunggu balasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. brownies panggang emang bantet mba, kalo ngembang mah bolu ^^
      harga jual tergantung bahan yg digunakan mba, semakin berkualitas semakin mahal
      aku ga jualan pake resep ini.. :)

      Delete
  8. Mbak, klo resep ini dbikin kukus, ada modif resep ga dr yg di list atas?

    Trus klo utk jualan, yg enak dan murah resep yg mana mbak?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...