September 29, 2014

Simple Chicken Roulade/Rolade Ayam

Bismillah..
Resep ini relatif simpel dan mudah dibuat. Simpel dan segi bahan maupun cara pembuatannya. Dengan satu resep ini, saya bisa buat 5 sampai 6 rolade. Kalo mau praktis, setelah matang dikukus bisa langsung dimakan dan dipakai untuk lauk. Bisa juga dipakai utuk isian sup, jadilah sup rolade ayam. Bisa pula digoreng dengan lebih dulu dicelupkan ke larutan tepung berbumbu, enaak juga :) Tapii..berhubung ini anak-anak pada doyan banget, ga sempet digoreng ato disimpen buat isian sup.. keburu abis dicemal cemil :D

Untuk isian dasarnya adalah ayam cincang, tapi bisa diisi berbagai macam sayuran. Seperti biasa, saya pake wortel parut dan daun bawang yang diiris halus. Kalo mau lebih cantik lagi, bagian tengah rolade bisa diisi wortel utuh atau sosis..

Simple Chicken Roulade/Rolade Ayam
adapted from Sajian Sedap
untuk 6 rolade

Bahan
1 fillet ayam (+/- 600 gr), dihaluskan/digiling
1 buah wortel ukuran agak besar, parut
3 siung bawang putih
1 batang daun bawang, iris halus
1 sdm saos tiram
1 1/2 sdt garam
3/4 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
4 sdm tepung tapioka atau tepung sagu
2 butir telur, dikocok lepas

Bahan kulit
4 butir telur, kocok lepas
2 sdm air
1/2 sdt garam
minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
1. Kulit: kocok telur, air dan garam. Dadar tipis di wajan datar atau teflon diameter 18 cm. Sisihkan
2. Isi: Aduk rata bahan isi. Ratakan di kulit dadar, gulung dan rapikan
3. Kukus 30 menit, potong-potong dan siap disajikan

Untuk penyimpanan, tunggu hingga uap panas hilang kemudian masukkan ke dalam wadah dan tutup rapat.

Selamat mencoba :)

4 comments:

  1. Ayam serbaguna ya mah, bisa digunain jadi masakan apa ja, disup, digoreng, ditumis pake bumbu... uhh sedapppnyaahh, tapi kalo aku lebih suka dipanir trs digoreng jadi kayak yang di hokben hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohiyaa..bisa digoreng panir mirip hokben gtu ya, krucil pasti lebih demen lagi tuh..kmrn kok ga kepikiran

      Delete
  2. Wah simple ya...kapan2 mau cb ah...blm pernah buat soale, ntar kl aku coba aku laporan ya...ijin copas dari sekarang ya..
    nuhun pisan resepnya ya mama aisyah...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...