September 13, 2014

Pepes Ikan Bumbu Kelapa


Bismillah..
Taukah sodara-sodara..kalo di Indonesia tuh malem Minggu & hari Minggu pasti pusat perbelanjaan pada padet-det, disini malah sunyi senyap? Yup, disini toko pada umumnya tutup jam 6 sore..dan Minggu plus hari-hari libur lain juga tutup. Gak banget ya.. *keluhan emak-emak doyan belanja cuci mata
Katanya sih, karena Belgia menerapkan pajak yang sangat tinggi untuk toko-toko dan resto yang buka di hari libur. Upah para pekerjanya juga jadi berkali-kali lipat. Padahal upah di hari kerja normal aja udah mahal kalo dibandingkan sama upah pekerja di Indo yang murah banget (makanya banyak yang mo invest di Indo ya..tenaga kerjanya murah banget bokk)

Beberapa toko grocery masih ada yang buka hari Minggu dan hari libur sih, tapi ini hampir bisa dipastikan milik para pendatang yang kebanyakan dari Maroko dan Turki dan ga terlalu lengkap . Untungnya ada satu pasar besar dan lengkap di daerah Clemencau yang justru buka tiap weekend, isinya mayoritas pedagangnya adalah warga Belgia yang keturunan imigran dari Maroko. Tiap kali kesana pasti selalu rame dan padet (mungkin karena toko yang laen pada tutup ya). Harganya juga murah meriah, apalagi kalo belanjanya sama ayah. Karena blio bisa casciscus ngomong Arab, jadi bisa dapet diskon deh dari pedagangnya xixixii..
Di Clemencau ini ada toko ikan gede yang jadi langganan kita kalo belanja kesana. Biasanya kalo udah kesitu trus kalap, pengen beli banyak-banyak. Padahal tempat di kulkas juga ngga cukup.. :P
Jadi biasanya kalo habis kesana trus menunya ikan terus, hiihihi.. Ini salah satu hasilnya, pepes ikan bumbu kelapa.. resepnya hasil ngintip di dapur manisnya mbak Rina. Makasiih ya mba resepnya, bumbunya manteb tenan :D :D


Pepes Ikan Bumbu Kelapa
adapted from Rina-Dapur Manis

Bahan
1/2 kg ikan segar (gatau apa namanya, wkwkwkw...tapi mirip ikan mas di Indo)
beberapa lembar sayur kangkung
150 gr kelapa parut (saya pake kelapa parut kering kemasan)
3 lembar daun salam
daun pisang (saya pake alumunium foil)
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Bumbu halus
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 buah cabe merah besar buang biji
3 cabe rawit (saya ga pake)
2 cm kencur (saya ga pake)
3 butir kemiri
1/2 sdt kunyit bubuk

Cara membuat:
1. Bersihkan ikan, lumuri jeruk nipis dan biarkan 15 menit. Bilas bersih, sisihkan
2. Campur bumbu halus, kelapa parut dan kangkung serta gula+ garam.
note: saya haluskan bumbu dengan dicampur sedikit air menggunakan immersion blender, jadi bumbu cukup basah untuk bisa membuat kelapa parut kering bercampur dan menyatu dengan bumbu.
3. Lumuri ikan dengan campuran bumbu halus diatas. Letakkan masing-masing ikan pada selembar daun pisang (atau alumunium foil kalo ga ada), beri sepotong daun salam. Pastikan semua badan ikan terlumuri bumbu. Bungkus ikan dalam daun pisang sambil dipadatkan kemudian semat dengan tusuk gigi.
4. Kukus dengan api sedang selama 30 menit. Angkat dan panggang sebentar di atas api (saya di atas teflon)

Siap disantap..
Selamat mencoba :)

4 comments:

  1. waaaa....cakeeeepppp. Sip deh. Ini salah satu lauk favorit karena itung-itung bikin bothok kelapa lauk ikan hihihi....Dua macem lauk jadi satu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aww..makasiih mba Rina :)) Coba pake daun pisang ya mba, dan kelapa seger, pasti rasanya lebih sip lagi

      Delete
  2. kalo ikan-ikanan aku mah nyerah deh ahahhah

    ReplyDelete
    Replies
    1. eww..jangan2.. si teteh lagi mual ama ikan yah? ga sakit tapi mual2, mual2 tapi ga sakit..
      hihihihiii...
      *menanti gosip eh kabar aja ah :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...