September 15, 2014

Puding Roti Agar Marmer saus Vla Santan


Bismillah..
Beberapa hari yang lalu, seorang teman minta ijin untuk minjem kamera selama setidaknya seminggu. Kalo dibilang seminggu sih, brarti aktualnya bisa 1minggu, 2 minggu atau lebih, heheu.. Tapi karena dulu nilai PMP sama PPKn saya nyaris 9 (halah!), demi membantu teman tentu saja saya bolehin doong. Hanya saat itu langsung terlintas di pikiran saya: dududu.. apa kabar yaa blogging ntar? hihihi..
Eh tapii trus inget yang pernah dibilang sama seorang foodblogger yang kece ituh, bahwa eksistensi mendahului esensi..
Jadi kesimpulannya, gapapalah balik pake kamera hp dulu, biar gambar di postingan jadi geje yang penting tetep ngeksis! wekekeke..
Kali ini saya mo share resep puding roti yang sempet ngehits di grup fb beberapa waktu lalu. Puding yang ini beda yah sama puding roti (bread pudding) yang pernah saya posting dulu. Kalo yang ini pake agar-agar, teksturnya agak padat dan legit. Tapi ga krenyes-krenyes juga, lembut karena pemakaian telur dan roti yang diblender bersama. Disajikan dengan saus vla santan yang manis gurih, bikin puding ini makin nikmat disantap. Apalagi kalo udah dingin setelah ngadem di kulkas, nyamm..

Buat saya, puding ini meski memakai telur tapi ga berasa dan ga tercium amis telurnya..tapi bagi yang ga suka pemakaian telur, bisa diskip pemakaian telurnya. No problemo..




Resep Puding Roti Agar Marmer
adapted from dapur maya mba Monic
(grand merci, mba Monic! :))

Bahan
5 lembar roti tawar dengan kulit
240 ml susu cair
2 butir telur
1 sdm margarin, lelehkan
1 bungkus agar-agar plain (7 gr)
120 gr gula pasir (sesuaikan dengan selera Anda)
480 ml air
2 sdm coklat bubuk, larutkan dengan sedikit air panas

Cara membuat
1. Siapkan cetakan. Saya pake loyang 22x10x4 cm, basahi dengan sedikit air. Sisihkan
2. Blender bersama roti, susu, telur dan margarin. Sisihkan
3. Larutkan agar bubuk dengan air, tambahkan gula pasir. Masak hingga panas
4. Tuangi campuran roti yang sudah diblender. Masak lagi hingga mendidih sambil diaduk, matikan api
5. Ambil 1/3 bagian dari adonan di atas untuk dicampurka dengan larutan coklat. Aduk rata.
6. Tuang agar putih di cetakan kemudian agar coklat, bentuk marmer dengan bantuan sumpit.
7. Biarkan dingin hingga mengeras dan simpan di kulkas

Potong-potong dan sajikan dingin

Resep Vla Santan

Bahan
200 ml santan kental atau sedang
3 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanilla
2 sdt tepung maizena

Cara membuat
1. Campurkan gula pasir, santan dan garam serta vanila. Panaskan sambil diaduk
2. Setelah mendidih, kecilkan api kemudian masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan sedikit air. Aduk hingga mengental
3. Dinginkan, siap disajikan

Vla ini agak encer, sesuaikan tingkat kekentalan sesuai selera Anda dengan mengurangi atau menambah tepung maizena

Selamat mencoba ;)

6 comments:

  1. Hai mba Oki...
    wah walaupun fotonya pk hp..tetap keren...
    wah pasti lebih enak ya kalau pakai vla santan....hmmm yummy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hapenya hape apa dulu ya teh monic?:D

      Delete
    2. ahahahaa.. yg jelas keren mah hpnya ya teh, xiixixi..
      memanglah, dalam fotografi itu tools nomor 1.. sedangkan skill itu nomor ke sekian (teori sesat & menyesatkan :D)

      Delete
    3. Iyaa mba Monic, dipakein vla lebih maknyus ;)
      maturnuwun ya resepnya :)

      Delete
  2. Kayanya gampang nih buat pemula kaya aku Ki.. *songong abis..
    Cobain ah weekend ini.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. songong itu no 1.. aksi boleh belakangan.. (lagi, teori sesat & menyesatkan! haha)
      cobain deh Wid, pasti kak Alif jadi makin tersepona deh sama bundanya :))

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...