August 15, 2014

Nasi Kebuli Kambing dengan Rice Cooker


Bismillah..
Siap-siap diprotes dulu sama para pecinta nasi kebuli nih.. apalagi sama tukang nasi kebuli beneran. Ngebayangin mereka kompak komplen, 'Kok warnanya begini?? Ini mah bukan nasi kebuliii..!'
Dan saya pun pasrah ajalah..wkwkwk
Penampakan nasi bikinan saya ini memang kurang gelap untuk ukuran nasi kebuli, tapi alamaak rasanya mantab!
Lumayanlah bisa jadi tombo kangennya si ayah yang lagi terngiler-ngiler sama sajian khas Betawi, yang berasal dari turunan Arab - India di Indonesia ini. Maklum, baru saja adek ipar posting sebungkus nasi kebuli yang dia beli. Ugh! *lap iler.. Ga kenal nasi kebuli? Cobain deh, gurih kaldu dan kaya rempah dengan aroma yang khas. Aselinya memang memakai kaldu kambing dalam memasaknya, tapi bisa juga lho diganti jadi ayam.
Sama kaya sumber resep yang saya pake ini, blio juga pake ayam kok, instead of kambing. Tapi berhubung saya lagi ada stok daging kambing, dan kami ini juga para pecinta kambing *embeek*, maka saya pilih untuk pake versi original, yaitu nasi kebuli kambing. Yok maree, kita langsung aja ceki-ceki resepnya..

Nasi Kebuli Kambing dengan Rice Cooker
adapted from Endang, Just Try & Taste

Bahan:
600-700 gr daging kambing (dengan tulang), sudah dipotong-potong
1 sdt garam
1 kg beras, cuci bersih
air secukupnya untuk menanak nasi
1 butir bawang bombay, belah dua dan iris tipis

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
5 butir bawang putih
1/2 butir pala
4 cm jahe
1 sdm ketumbar, sangrai (saya 2 sdt)
1 sdt merica, sangrai
1/2 sdt jintan, sangrai

Bumbu lainnya:
3 batang kayu manis (saya pake 1 batang)
3 batang sereh, ambil bagian putihnya dan memarkan (saya pake 1 batang)
8 butir cengkeh
4 butir kapulaga (saya skip, ga punya)
3 butir kembang lawang (saya skip, ga punya)
2 sdm garam
1 sdt kaldu bubuk (saya skip)

Pelengkap:
bawang goreng
1 sdm kismis (opsional)
acar wortel-timun-nenas

Cara membuat:
1. Rebus daging kambing hingga empuk. Angkat dan tiriskan, sisihkan kaldunya.
2. Tumis bumbu halus bersama cengkeh, kapulaga, sereh, kayumanis dan kembang lawang hingga harum dan bumbu matang. Ambil 3/4 bagian dari bumbu untuk dimasukkan ke dalam air kaldu. Sisakan 1/4 bagian di wajan untuk membumbui kambing
3. Masukkan potongan daging kambing ke dalam wajan yang berisi 1/4 bagian bumbu. Tambahkan 1 sdt garam dan air secukupnya. Masak hingga air dan bumbu meresap, kemudian goreng kambing.
4. Masukkan beras dalam rice cooker. Tambahkan kaldu yang sudah dibumbui, beri 2 sdm garam, aduk rata. Tambahkan air secukupnya (jika perlu) untuk menanak nasi. Nyalakan rice cooker
5. Setelah matang, segera aduk nasi dalam rice cooker supaya tidak menggumpal. Tutup lagi, biarkan dalam keadaan 'warm' hingga 10-15 menit supaya tanak.

Note:
bisa ditambahkan minyak samin untuk aroma yang khas
bisa juga air kaldu dicampur dengan santan/susu
biar penampakan dan aromanya lebih manteb lagi, pake semua rempah yaa..jangan dikurang-kurangin kayak saya :D

Nasi kebuli siap disajikan bersama kambing goreng dan acar.

Selamat mencoba :)

3 comments:

  1. wuih enakee....aku sih sebenarnya seneng nasi berempah seperti nasi kebuli gini dan kepingin sering-sering bikin. Tapi bapaknya anak-anak nggak doyan jadi yaaa terpaksa ditahan-tahan deh kalo mau masak nasi berempah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau gamau masak itu emang ngikuti selera keluarga ya, mba.. Emaknya yang biasanya ngalah :) Kalo pas lagi pengen nasi rempah ya njajan aja kalo gitu mba Rina, beli sendiri emam sendiri ampe puaaas deh, hihihi..

      Delete
  2. rempahnya2 harusnya banyak ya ternyata agar terasaa

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...