August 7, 2014

Lontong


Bismillah..
Jadi ceritanya, ini adalah edisi #yang dibuang sayang. Mo diposting tapi kok ga ada resepnya.. tapi kalo mo dibuang kok ya ga tega.. hehe *nyengir sendiri
Jadi intinya, berdasarkan pengalaman yang berkali-kali gagal sebelumnya, kalo mo bikin lontong supaya bisa seksi begini maka rasio banyak beras dan ukuran wadah pembungkusnya harus pas. Ohya, berhubung di sini ga ada daon kelapa ato yang jual bungkus ketupat, saya pake pembungkusnya ya plastik. Karena ga berani pake plastik biasa, untuk lontong ini saya pake berasnya yang dijual dalam kemasan plastik yang memang didesain untuk bisa ikut dimasak (direbus).
Saya pakenya beras Thailand, merk Bosto kadang merk Shiwa. Di satu kardusnya ada 8 kemasan per 125 gr. Biasanya orang bule kan bikin nasi cuma sekali-kali, jadi memang dikemas per kali makan satu orang gitu. Dan mereka bikinnya ga pake rice cooker, tapi cuman masukin si plastik kemasan tadi di air mendidih sampe si nasi mateng. Ga bahaya gitu ngerebus plastik? Nhah si plastik kemasan ini udah food grade. Kalo sama BPOM sini mah insyaAllah saya lebih percaya, hehee..
Jadi untuk bikin lontong saya juga pake plastik kemasan yang sama, hanya ukurannya dikecilin (dipilet-lipet salah satu sisinya) dan merebusnya lebih lama. Kemaren kira-kira 1 jam 15 menit (dengan api kecil) sejak mendidih untuk mendapatkan tekstur lontong yang kaya di foto ini.. Untuk beras 125 gr pembungkusnya harus saya kecilin jadi kira-kira seukuran 10x10 cm..
Setelah kira-kira padet, ditiriskan dan diangin-angin sampai benar-benar dingin kemudian dimasukkan kulkas. Pas mau dihidangkan dikeluarkan di suhu ruang atau bisa dihangatkan di microwave.
Lontong kemudian dipotong-potong dan disajikan bersama opor ayam, perkedel daging dan sayur godog lebaran ala mertua.. Aiihh, mantab maak. Jadi deh kita lebaran :D :D

gapapa..kan abis puasa sebulan..kekeke

7 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eeehh..ke-delete..maapp T_T
      Resepnya mnyusul yaaa :D

      Delete
  2. dan saya+suami memakannya,,haha.. pake nambah lagiiii...hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh bukaan.. lontong (yang seharusnya jadi jatah) buat bundo di poto ini udah abis ama rombongan tamu yang dateng duluan pagi ituw :D :D
      dan akhernya si bundo dapetnya lontong yang versi kepepet alias dibikin pake pressure cooker, hihi..maaap :D

      Delete
  3. Hihi,,udh ga peduli lg yg pentiiing makaaan enaak.. :D

    ReplyDelete
  4. udah komen ternyata nggak nyangkut nih.
    Blognya keren lho, apalagi lontongnya itu bisa putih bersih. Biarpun lagi di luar negeri masih dapat suasana lebaran ya, hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tho mba? Mgkn bloggernya pas error ya
      Ho'oh mba Rina, hidangan wajib nih biar tetep berasa lebaran :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...