July 4, 2014

Menu 1 Ramadhan

Jangan Putih: Irisan buncis dan tempe yang dibuat sayur bumbu iris dengan kuah santan
Bismillah..
Udah hari ke 6 Ramadhan, postingannya kok menu 1 Ramadhan. Heheu, telat bangeet.. Gapapa lah ya, daripada fotonya disimpen sendiri. Buat catetan resep saya sendiri juga, karena beberapa ada resep yang belum tercatat disini. Dan sebelomnya maap bin sorry, poto-potonya kurang bagus, terlalu grainy. Mohon dimaklumkan yah, amatir moto amatir ngedit :P

Yasud.. mari kita langsung meluncur ke resep saja yuuk..

Jangan Putih: Buncis & Tempe

Bahan
150 gr buncis, iris serong
1/4 papan tempe, potong kotak, goreng sebentar
2 bawang merah, iris tipis
1 bawang putih, iris tipis
1 cabe merah besar, iris serong
1 cabe hijau besar, iris serong
+/- 300 ml santan

Cara membuat
1. Tumis duo bawang hingga harum, masukkan duo cabe, masuk hingga layu.
2. Tambahkan buncis dan tempe, tumis sebentar. Tambahkan santan. Didihkan, terus masak hingga kuah agak menyusut dan bumbu menyerap. Angkat

Tempe Mendoan jadi-jadian
Tempe Mendoan

Bahan
1/4 papan tempe, iris tipis
1 daun bawang, iris tipis
1 bawang putih, haluskan
tepung terigu secukupnya
air secukupnya
1/2 sdt garam
merica secukupnya
minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
Campurkan semua bahan kecuali tempe, aduk hingga rata. Celupkan tempe ke dalam adonan, kemudian goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan.
Angkat, sajikan dengan sambal kecap

Note: aslinya tempe mendoan agak basah, tapi karena kami lebih suka agak kering, saya goreng agak lama supaya jadi lebih crispy 
Bakso ayam
Nhaah, kalo bakso ayam ini dapet beli, hihihi.. Alhamdulillah ada yang jual di boucherie halal di deket rumah. Teksturnya ga kenyal kaya bakso di indo sih, tapi takpapalah. Soalnya udah pengen banget tapi ga keburu lagi bikin bakso sendiri. Kuahnya saya bikin pake kaldu tulang sapi. Resepnya saya sudah pernah share di sini ya..

Selamat mencoba ^^

4 comments:

  1. nah lhoo,,ada baksonyaaaa... :(

    ReplyDelete
  2. wah sayurnya boleh tuh buat menu ntar aaah....
    thanks ya buat inspirasinya hihi*matek gaya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hoo..teh ayu bisa mati gaya juga toh, hihihi.. silahkan dicoba teh ^^

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...