February 18, 2014

Siomay Ayam Udang (alias Dimsum)


Weekend..waktunya memasak sesuatu yang spesial untuk keluarga tercintah :)
Nhah, siomay termasuk spesial karena memang saya jarang bikin. Waktu batch pertama sudah mateng dan lagi diademin, kak Aisyah dan Hasna ga berhenti bolak balik ke dapur untuk nyomotin. Giliran batch kedua, di atas siomay nya saya kasih topping parutan wortel. Langsung mereka berhenti trus pasang muka kecewa sambil celingak celinguk nyari siomay yang polos tanpa topping. Hadeeh..anak-anak memang susah banget makan sayur T_T. Harus pake dibujuk-bujuk dulu dan ga bisa dipaksa. Untunglah mereka doyan buah, gantinya sayur.
Akhirnya batch berikutnya ada yang dikasih topping ada yang ngga. 'Makasih mama cantiik, enaak banget siomaynya', kata kak Aisyah. Hihihi..anak mama pintar kali berterimakasih. Bikin mamanya makin semangat masak ;)

Berikut yah temans resepnya..Saya adaptasi dari resep di SajianSedap.com

Bahan-bahan:

1 fillet (+/- 700 gram) ayam (haluskan)
300 gr udang (haluskan)
4 siung bawang putih (haluskan)
3 sdt garam
1/2 sdt merica secukupnya
1 1/2 sdt gula pasir
10 sdm tepung tapioka
1 sdm saos tiram (opsional)
6 sdt minyak wijen
3 putih telur
1 batang daun bawang, potong-potong
100 ml air es
kulit lumpia/wonton wrapper, potong persegi 6x6 cm
1/2 buah wortel, diparut
sedikit minyak untuk mengoles als kukusan

Cara membuat:

1. Campur ayam, udang, bawang putih, garam, saos tiram, minyak wijen, gula, putih telur, merica dan daun bawang. Uleni hingga tercampur rata.
2. Tambahkan tepung dan air es. Uleni kembali hingga rata.
3. Ambil selembar kulit lumpia, isi dengan campuran adonan di atas, lipat sisi-sisinya. Beri topping parutan wortel
4. Kukus dengan api kecil-sedang selama 20 menit

Note dari sayah:

- saya tambahkan 1sdt baking powder supaya lebih mengembang dan siomay tidak keras dan terlalu padat saat dingin
- olesi kukusan dengan sedikit minyak, supaya tidak lengket atau menempel saat dikukus.

Mustinya siomay ayam udang ini dihidangkan bersama saos dimsum yang rasanya asam manis. Tapi buat kami sepertinya kok lebih enak pakai sambal kacang saja. Tapi selama ini pun saya belum mencoba membuat sambal kacangnya sendiri. Biasanya saya pakai bumbu pecel kemasan saja yang praktis, hehe.. tinggal ditambah saos ABC sama kecap manis juga udah enyaak

Tapi kalau lagi agak rajin, bumbu pecelnya dicampur air seperti biasa kemudian ditambah kemiri kemudian dimasak hingga berminyak. Jadi deh bumbu siomay beneran :)
Selamat mencoba teman-teman! ^^

5 comments:

  1. kelihatan enak banget nih siomaynya...
    yang ini juga mau aku coba ya, secara belum pernah nih buat siomay sendiri...ijin dulu ya...
    thanks ya resepnya

    ReplyDelete
  2. J P S P O K E R adalah situs judi online dan agen judi online terpercaya yang di layanin oleh CS yang sangat ramah dan cepat dalam memproses Depo dan WD member J P S P O K E R
    dan di J P S P O K E R tersedia permainan Poker Judi Online Seperti Berikut : (Poker, Capsa, DominoQQ, Ceme, Super Teen, Ceme Keliling, Omaha) dan dapatkan promo dari JPSPOKER sebagai berikut:

    - Bonus New Member Rp. 10.000
    - Minimal Deposit / Withdraw Rp. 15,000.-
    - Bonus Refferal 10%
    - Bonus Rollingan Mingguan 0.3% - 0,5%

    Baca Juga Di Tonton Video jav dan Video Semi kami :
    jpspoker,me(pakai titik ya)

    - Pelayanan Dari Customer Service Yang Cantik Tentunya Sopan Dan Ramah, Hanya di jpspoker dan , Online 24/7 Jam
    - Dijamin Tidak Ada Robot Di Dalamnya 1000% Player VS Player
    Kalau Ada Yang Bisa Berikan Lebih Kenapa Harus Cari Yang Lain!!

    Contact Us
    - Livechat : JPSPOKER.LIVE
    - LINE : jpspoker
    - Whatsapp : +82370836863
    - YM : JPSPOKER

    POKER UANG ASLI
    POKER ONLINE TERBAIK
    JUDI POKER INDONESIA
    AGEN POKER TERBAIK
    AGEN POKER TERPERCAYA
    AGEN JUDI POKER
    JPSPOKER
    BANDAR CEME
    GAME OMAHA
    AGEN DOMINO

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...