February 17, 2014

Homemade Bakso


Bakso..jajanan paling populer di indonesah. Siapa coba yang ga suka jajanan satu ini. Kalaupun ada, yang jelas rugiii. Nikmatnyaa jajanan ini, apalagi kalau beli di abang-abang keliling atau pinggir jalan. Sluurp! Hihihi..
Sayangnya, ga ada abang bakso yang lewat Rue Jean Massart..T_T Ga ada juga yang abang bakso yang mangkal di jalanan. Mau ga mau, buat sendiri aja baksonya. Mangkal lah di pengkolan Rue Jean Massart, dan jadilah abang bakso pertama di kota Brussels. Hahaha.. Ga lah, cukup dinikmati sendiri aja atau bersama teman-teman. Mau winter, mau summer, tetep aja makan bakso kuah panas-panas itu nikmaat :D

Resep bakso homemade ini saya dapat dari video di youtube, punya bang Dono. Di videonya, putrinya bang Dono yang membuat bakso dan menjelaskan step-step resepnya dengan english yang lancar dan aksen British yang khas. Sukaa aksennya.. Sepertinya beliau sekeluarga memang tinggal di UK. Di sini linknya kalau mau liat langsung videonya.

Berikut resepnya saya copykan yah:

Bahan:
- Daging Sapi 800 gr
- Tepung Tapioka 200 gr
- Garam 2 sdt
- Merica 1 sdt
- Gula 1 sdt
- Baking powder 1/2 sdt
- Es batu + air (300 ml)

Cara membuat:

1. Campur dan uleni semua bahan di atas.
2. Bentuk bola-bola kemudian masukkan ke air yang dididihkan dengan api kecil hingga bakso mengapung 1-2 menit.
3. Tiriskan

Note dari sayah:

- daging sapi sebaiknya pilih yang tidak berlemak atau berlemak sedikit
- supaya hasil bulatan bisa halus dan tetap halus saat direbus, maka gilingan daging harus benar-benar halus. Kadang saya beli daging giling kemudian saya giling lagi di food processor.
- bisa ditambahkan daging ayam fillet untuk campuran. 

Bisa juga lhooh..daging sapinya dicampur ayam kalo mau ngirit, hihi.. Cek resep bakso sapi-ayam disini. Enyaak juga, kenyalnya juga ga jauh berbeda..




Udah bikin baksonya, skrg pengen bikin kuahnya juga? Gampaang.. Berikut resep yang sering saya pakai:


Bahan-bahan:

500 gr tulang sapi
4 siung bawang putih
daun seledri
daun bawang
2 liter air
sedikit minyak atau mentega untuk menumis
gula dan garam secukupnya

Cara membuat:

1. Rebus tulang dan air dengan api kecil supaya kaldu yang dihasilkan enak dan gurih.
2. Tumis bawang putih (bisa digeprek atau dihaluskan) hingga wangi kemudian masukkan ke dalam kaldu. Tambahkan ikatan daun seledri dan daun bawang
3. Tambahkan gula dan garam sesuai selera (tambahkan sedikit dulu, coba, kemudian baru tambah lagi jika perlu)

Tinggal ditambah pelengkap seperti sawi, bawang goreng, atau pangsit dan voila..




Gambar yang terakhir di atas ini diambil duluu pas pertama kali buat bakso. Daging gilingnya ga digiling ulang pake food processor, jadinya agak bergerindil dan kurang mulus. Gapapa sih, yang penting enyaaak ^^

Ayo teremans, cobain bikin. Daripada beli di abang-abang, kalau kita bikin sendiri di rumah kan kita bisa pastikan bahannya aman dan sehat. Tidak mengandung pengawet formalin, bahan berbahaya dan yang pasti aseli menggunakan daging sapi. Apalagi kalau untuk anak-anak kan, kita bisa hindari konsumsi msg yang biasanya lumrah dipakai di bakso abang-abang. Selamat mencoba ^^

9 comments:

  1. Hadeuuuuhhh baksonya.... :''( mantaabb..

    ReplyDelete
  2. maunya ditawarin + dianterin,,hihi #ngelunjak.. ;D

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. kalo mau yang halus hasilnya biasanya daging gilingnya kita giling lagi mba, pake food processor..
      sekarang malah seringnya beli daging potongan trus potong-potong kecil dulu baru digiling sendiri di rumah :)

      Delete
  4. Mba, es batu+airnya buat apa yah? Apa aku yg kurang teliti baca apa gmn yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditambah air supaya adonannya ga terlalu padat mba
      kalo es itu gunanya untuk mengenyalkan, supaya hasil baksonya kenyal tanpa bahan kimia tambahan (bahan pengenyal)

      Delete
  5. yummy.. banget baso homemadenya mba..

    ReplyDelete
  6. Oh ternyata membuat bakso sendiri tidak sulit yah.. TERIMA KASIH!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...