March 12, 2015

Dadar Gulung Isi Unti Kelapa

Bismillah..
Sudah lamaa banget niat pengen bikin dadar gulung isi unti kelapa lagi setelah berbulan-bulan ga bikin. Etapi tertunda terus, sampe trus akhirnya lupa. Hingga kemudian beberapa hari yang lalu diniatin bikin, sekalian mau diambil fotonya buat setoran ke #52wfpp. Tadinya saya mo bikin dengan warna-warni kulit dadar gitu biar cerah ceria. Tapi ternyata keinginan tidak sekuat malesnya. Jadilah cuman bikin satu warna original aja, ijo pandan, heheu..

Ini kemarin bikin kulit dadar gulungnya pake resep dari mba Ricke. Tapi isiannya kira-kira. Saya pake gula jawa semua karna pengen warnanya coklat. Tapi belom juga coklat ternyata rasanya udah cukup manisnya, jadi saya ga tambah lagi gula jawanya. Hasilnya jadi coklat ngga putih juga ngga, hihi.. Yang penting rasanya udah pas :)
Teman-teman monggo menyesuaikan selera masing-masing yah. Kalo mau unti putih, ganti gula jawanya pake gula pasir semua. Kalo mau dipadukan duo gula pasir dan gula jawa juga monggo...

Btw, diantara foto-foto ini ada 2 foto yang diambil dengan hp untuk saya setor ke #52wfpp. Bisakah menebak yang mana? pasti langsung bisa ya, keliatan banget soalnya, wkwkw. Baiklah, ini ga penting, abaikan saja.. :P Mari meluncur ke resep..



Dadar Gulung Unti Kelapa

Bahan Kulit
250 gr tepung terigu serbaguna/protein sedang
1/2 sdt garam
2 butir telur, kocok lepas
700 ml santan encer matang
secukupnya pasta pandan
margarin untuk olesan teflon dadar

Cara membuat:
1. Campur tepung dan garam kemudian masukkan ke dalam wadah. Buat lubang di tengah kemudian masukkan kocokan telur dan santan. Aduk hingga rata
2. Panaskan teflon ukuran 18-20 cm, oles dengan sedikit margarin (saat di awal saja). Tuang sesendok sayur dan ratakan. Masak hingga permukaan tidak lagi basah, tidak lengket saat disentuh. Angkat, ulangi hingga adonan habis

Supaya kulitnyabisa bopeng-bopeng khas kulit dadar, teflon harus sudah benar-benar panas saat adonan dituang.

Bahan Isi
200 gr kelapa parut kering
100 gr gula jawa
3/4 sdt garam
100 ml air
1/4 sdt vanili bubuk

Cara membuat
1. Panaskan air, gula dan garam + vanili bubuk. Terus aduk hingga gula larut. Masukkan kelapa parut kering. Aduk rata hingga kelapa menyerap air. Bisa ditambahkan air lagi jika kurang.
Unti kelapa tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering. Cicipi, angkat

Penyelesaian
Ambil selembar kulit, isi dengan unti kemudian lipat dan gulung.


Selamat mencoba :)

16 comments:

  1. nggak mam aku gak bisa nebak..cakep semua soalnya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eaaa..klo teteh ga boleh nebak, soalnya udatauu..qiqiqi :P

      Delete
  2. Foto pertama dan terakhir, bener ga jeng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaak betuuul satu jawaban. Tapi satu lagi salah jeung. Hayuk coba lagi, hahaha :D :P
      *peeentiiiing

      Delete
    2. foto pertama dan kedua, yaaa kaaan??

      Delete
    3. Yeaay...betuuul :D
      dapet hadiah yah jeng, diskon 50% belanja di Ardelle Markett
      haha.. >.<

      Delete
  3. iya bagus semua...yang mana ya....bening2
    ini oot ya...kenapa aku ga bisa join member ya...
    "We're sorry...
    We were unable to handle your request. Please try again or return a bit later."
    masa berapa hari gitu melulu...sama aja pk hp juga ga bisa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mosok sih mba Mon? Apakah..memang kita tidak ditakdirkan untuk berteman...? *eaaa...
      Trnyata salah pasang gadget itu mba, tp skrg dah takganti, hehe.. mudahan ga error lagi. Makasih feedbacknya yaa :*

      Delete
    2. sipppp sudah bisa....tuh fotoku sama sophie sudah muncul..he he he

      Delete
  4. kok bening semuwah gambarnya ? aku gak bisa nebak juga tuh. Kasih bocoran duong.
    Itu darlungnya kok ya Bikin ngences to..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kulit darlungnya kurang mabteb ini mba. Kurang bopeeng, hihihi..
      Bocorannya: pose yang aman buat hape aja pokoknya mba, heuheu

      Delete
  5. Ikutan nebak yaa... Foto kedua sama terakhir :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuul..1 jawaban, tapi yang 1 lagi masih salah euy :D
      mbak yg diatas udah ada yg jawab bener tuh Um, hihihi

      Delete
  6. http://hiraukan-saja.blogspot.co.id/ makasih infonya bu. udah berhasil bikin

    ReplyDelete
  7. wah, belum juga saya membuatnya sudah ngiler lihatnya...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...