August 25, 2014

Kepiting Saus Padang


Bismillah..
Saya masak kepiting pertama kali pake resep ini. Dan sejak itu, resep ini langsung jadi andalan dan masuk ke buku primbon resep saya. Ternyata mbikin kepiting saus padang itu gampaaang...dan rasanya udah nyaingin resto seafood favorit saya yang di kelapa gading sonoh. Ehh..beneran lhoh. Sampe-sampe kalo lagi belanja ke Kam Yuen, si ayah maunya ngambil beli kepiting terus, minta dibikinin ini lagi. Terakhir ini dimasakin, bukan pujian lagi, nggombalnya pun langsung keluar. Katanya, mama itu bagaikan matahari. Karena kalau udah muncul matahari, sinar dan cantiknya bintang-bintang itu jadi ga ada artinya. Lha trus apa hubungannya ama si kepiting saos padang ini??? entahlah.. #eaaa.. hahaha *tepok jidat

Yasudah..mari kita kembali ke resep. Bahan-bahan untuk membuat masakan ini juga mudah, bahkan mungkin sudah siap tersedia semua di dapur sodara-sodara sekalian. Emm..kecuali kepitingnya kali yah :D
Resepnya saya ambil dari gugling duluuu kala.. sayang ga kecatet sumbernya di buku primbon saya. Barusan saya cek google, resep yang sama udah banyak beredar di blog resep abal-abal yang sepertinya hasil copy-paste. Teruntuk empunya resep yang mengunggah resepnya di dunia maya pertama kali, barakallahu fiihim. Terimakasih banyak-banyak.. mungkin bukan hanya saya, tapi banyak orang yang sudah memanfaatkan resep yang joss gandoss ini..


Kepiting Saus Padang

Bahan
1 kg kepiting
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 butir telur, kocok lepas
4 sdm saus tiram
5 sdm saus tomat
3 sdm saus sambal
3/4 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 sdt merica bubuk
200 ml air kaldu (bekas merebus kepiting)
daun bawang untuk garnish

Bumbu Halus
5 bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm jahe
1/2 sdt kunyit bubuk
3 butir kemiri
2 cabai merah besar (tambahkan cabai keriting dan rawit jika ingin lebih pedas

Cara Membuat
1. Bersihkan kepiting. Potong-potong kemudian rebus hingga berubah warna, tiriskan. Simpan air kaldunya
2. Tumis bumbu halus bersama daun salam dan daun jeruk hingga harum. Masukkan kepiting dan semua sisa bahan.
3. Masak hingga kuah mengental dan bumbu menyerap. Cicipi, angkat.

Note:
Setelah direbus dan sebelum dimasak bersama bumbu, kepiting bisa dikeprek dulu supaya bumbu masuk ke dalam dan meresap ke bagian dagingnya.


Selamat mencoba :)

4 comments:

  1. sluurptttt.....enak nih,disesep2 hehehe
    salam kenal mbk^^

    ReplyDelete
  2. salam kenal juga mba..
    makasih dah mampir :)

    ReplyDelete
  3. Mbak, resepnya sukses bikin lapar. Ijin share ya. Nuhun

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...