May 6, 2014

Super Moist Lemon Cupcakes with Buttercream Frosting


Tiap kali tertarik dengan satu resep baking dari blogwalking ataupun browsing, saya suka baca komentar-komentar atau reviewnya. Selain untuk memastikan resep itu memang ok dan foolproof, saya juga jadi bisa belajar dari yang udah pada nyobain. Tentunya juga baca penjelasan yang punya resep juga.. Sejauh yang saya baca, sayah simpulkeun ada beberapa tips untuk menghasilkan cake moist. Paling males kan kalo cake yang dihasilkan mengembang dengan indahnya tapi pas dimakan kok seret. Hiks
Katanyah..yang berkontribusi menentukan cake moist alias lembab tentunya dari wet ingredientnya, yaitu lemak dan air/susu. Lemak bisa dari mentega, margarin atau vegetable oil/minyak sayur/canola/jagung/dll. Sedangkan susu bisa juga diganti santan, buttermilk, freshcream atau sour cream. Untuk mendapatkan rasa cake yang enak dan buttery, saya sendiri lebih suka pake mentega. Tapi ternyata minyak lebih bagus dalam membuat cake moist bin lembab. Kalo butter cake jadi mengeras dan mengering di suhu dingin, cake dengan oil awet lembut dan empuk pas dingin bahkan meski udah ngulkas.
Bahan berikutnya yang dipake supaya cake lebih moist adalah buttermilk sebagai pengganti susu atau dipake berbarengan dengan susu. Saya sendiri selalu memakai homemade buttermilk karena gampang, dan disini jarang yang jual. Bahan terakhir adalah sour cream. Katanyah..sour cream ini ampuh membuat cake menjadi super moist, bahkan juga bisa untuk brownies panggang. Lumayan bisa mendekati lembab cake hasil kukusan kalo saya bilang mah.. Kalo orang bule mungkin karena ga kenal cake kukus kali yah, jadi mereka mengandalkan sour cream ini supaya cakenya lembab. Hehee..soktauu :p
Oiya satu lagi..pake buah aja di cake seperti pisang, apel dkk.. Buah juga bikin cake lebih moist.

Baiklah.. sayah cukupkeun dulu baca2 teori dan tips membuat cake moist. Mari kita praktek. Kebetulan saya nemu resep dari AverieCooks yang menggabungkan oil, buttermilk dan sour cream untuk membuat Lemon Cupcakes yang yummy binti moist. Fotonya..aduhaii..tampak cakepp & enak. Ramee komentar pulak. Wajib dicoba..
Hasilnya? Yumm.. Saya sebetulnya bukan pecinta berat rasa lemon, tapi cupcake ini emang enyaaak dan moist bener..


Lemon Cupcakes
by Averie
diterjemahkan bebas oleh saya

Bahan:
1 telur ukuran besar
1 cup (200 gr) gula pasir
2/3 cup (160 ml) buttermilk *)
1/2 cup (120 ml) minyak canola atau minyak sayur
1/4 cup (60 ml) perasan lemon
2 sdm parutan kulit lemon (ato lebih kalo suka)
2 sdm munjung sour cream **)
1 sdt ekstrak vanilla
1 3/4 cups + 2 sdm (260 gr dikurangi 2sdm) tepung terigu serbaguna
3/4 sdt baking soda
1/4 sdt garam

Cara membuat:
1. Panaskan oven ke suhu 350 F (180 C). Alasi loyang muffin dengan 12 paper liner.
Note: ini resep buat 14 cupcakes. Saya bikin 12 cupcakes aja, sisa adonan saya panggang di loyang kotak mini.
2. Campur 8 bahan pertama hingga rata.
3. Tambahkan tepung, baking soda dan garam. Kocok hingga asal rata. Jangan overmix
4. Tuangkan adonan ke paper cup hingga 3/4 full. Tuang sisanya ke loyang kotak
5. Oven +/- 18 sampai 19 menit atau sampai tusuk gigi yang dimasukkan ke tengah cupcake keluar bersih atau dengan sedikit moist crumbs, do not overbake. Dinginkan 10 mnit di loyangnya sebelum dipindahkan.

Cupcake cepet banget overbaked, jadi mending setelah 15 menit cek tiap 2 menit yaa.. Kalo overbaked ilang deh moist nyaa..

* homemade buttermilk
1 cup (240ml) buttermilk = 1 cup susu + 1 sdm air perasan lemon, diamkan 15 menit untuk mengental, siap dipakai
** homemade sourcream
1 cup (240ml) sour cream = 1 cup heavy cream (saya pake cream 30 % jg jadi) + 1 sdm air lemon, biarkan di suhu ruang/hangat selama 1 jam, aduk hingga mengental. Siap dipakai. Diamkan di kulkas setelahnya untuk hasil yang lebih creamy..
kalo mau lebih praktis lagi, sour cream bisa diganti plain yoghurt

note: heavy cream adalah krim dairy yang kandungan lemaknya 35-40% (fat-content 35-40%), informasi fat-content ini biasa ditulis di kemasan produk krim dairy

dipoto setelah semalem nginep di kulkas, dan tetep moist!
Untuk frostingnya sebenernya resep cupcake ini dipadukan dengan cream cheese frosting, tapi karena lagi ga punya cream cheese, saya bikin buttercream frosting sajah. Nyambung aja kok ama cupcakenya :D

Buttercream Frosting
source: Allrecipes.com
(saya tulis separo resep)

Bahan:
1/4 cup (55 gr) mentega putih (saya:margarin)
1/4 cup (55 gr) butter/mentega
1/2 sdt vanilla extract (saya: 1 sdt air lemon)
2 cups (240 gr) gula bubuk
1 sdm susu

Cara membuat:
Kocok margarin, mentega dan vanila (atau air lemon). Masukkan gula bubuk 2 tahap, kocok rata tiap penambahan. Masukkan susu, teruskan kocok hingga light & fluffy. Simpan di wadah tertutup hingga digunakan.


Gimana, tertarik mencoba? Saya jamin ga bakalan nyesel nyobain.. :) tapi kalo sodara-sodara lebih tertarik rasa cupcake Vanilla, cek resep Perfect Vanilla Cupcake ini.. Enyaak juga :))

Selamat mencoba :)

29 comments:

  1. wuiiiii,,cantiikk,, enak sih pasti.. :)

    ReplyDelete
  2. aku catettttt...... kemaren bikin pake resep lain...seret... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. siiipp..klo mba mimie yang bikin, sayah yakin deh hasilnya pasti lebih cakepp lagi ;)

      Delete
  3. Setelah nyoba beberapa resep cupcake, ini yang paling nampol enaknya mba. Salam kenal ya mba. Ijin share resepnya di blog aku yah ; https://amitabahar.wordpress.com/

    Tengkyuh mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba Amitabahar :)
      Mba, namamu mengingatkanku pada artis yg terkenal ituh, hihihi...
      Monggo dishare resepnya.. ;)

      Delete
  4. Salam kenal y mbaaa...mau tanya Mba pake creamnya yang heavy cream itu merk apa ya? Sama deangan cooking cream yg merk elle&virre itu bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal jugaa mba Dini :)
      Kalo ga salah Elle&Vire Cooking cream itu fat content nya 35% lebih yah, brarti itu termasuk heavy cream mba dan bisa dipake..
      Aku pake merk 'everyday', itu merk lokal dan paling murah disini :D Lebih encer dan fat content-nya cuma 30%
      Mba Dini kalo mo pake yang 35%, insyaAllah malah lebih bagus lagi tuh hasilnya mba ;)

      Delete
    2. Thanks ya mba...sdh aq eksekusi nii, cupcakenya bener moist banget n ga terlalu manis...cm aq brmasalh d sm buttercreamnya, warnanya emg aga kuning gt ga c mba?gulanya aq kurangin jadi 1/2 dari resep mba....trus aga trlalu lembek pas aq coba hias pk spuit, eh apa pngarih spuitnya y hehe..bntukny bleber ga set, trs aq masukin kulkas jadi keras c, itu dah bener apa masih salah y mba? Jd bngung sndiri..maaf kpanjangan nanyanya, thanks b4 ya...

      Delete
    3. Halo lagi Mba Dini, seneng deh cupcakenya berhasil :)
      Warnanya emang putih pucet mba, klo pengen bener-bener putih, perasanya (vanilla extract atau lemon) harus diskip karena mempengaruhi warna keseluruhan
      Buttercream terlalu encer ata lembek biasanya krn diantara 2 ini mba:
      1. Terlalu banyak liquid/bahan cair. Karna mba Dini mengurangi gula bubuk sampai setengahnya, otomatis jadi encer buttercreamnya mba.. komposisi liquid (mentega,susu dll) jd terlalu banyak dibandingkan bahan keringnya (gula bubuk)
      2. Suhu ruang yang terlalu panas. Betul mba Dini, ini bisa diantisipasi dengan memasukkan buttercream ke kulkas dulu 15 menit-an sebelum dipakai menghias cupcake, supaya lebih set.
      Waktu saya bikin ini, suhu ruang di dapur saya ga terlalu panas (mungkin 21 C krg lebih), jadi setelah selesai mixing saya langsung pake hias dan ga ada masalah..
      Semoga membantu yaa..

      Delete
    4. Oiya mba Dini, misal pengen tetep ngurangin gulanya, susu cairnya diskip aja mba..dan perasa-nya dikurangi. Mulai dari gula bubuk separo resep.
      Klo masih saja lembek, tambahin lagi gula bubuknya sesendok demi sesendok sambil dikocok sampai kira-kira kekentalannya lebih set. Kemudian masukkan ke kulkas 10-15 menit sebelum dipakai

      Delete
  5. untu frostingnya kan pake gula bubuk, gula bubuknya bisa diganti gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diganti susu kental manis mba/mas
      tapi lemaknya sbaiknya pake shortening (mentega putih) supaya kokoh
      untuk komposisinya maap ga bisa kasi saran mas/mba, krn blm pernah nyoba..

      Delete
  6. Mba mau tanya.. Saya pernah beli cupcake, frosting/topping atasnya ituseperti butter cream, tapi stelah saya makan ternyata dia bukan cream, tapi mirip sepert coklat yang agak lunak..namun bentuknya mirip sperti butter cream.. Apa tahu itu namanya apa mba? Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. fondant kah mba? emm, tapi bentuknya mah jauh beda ama buttercream kalo fondant yah..
      mungkin white chocolate ganache mba, bikinnya sama kaya chocolate ganache yang biasa tapi coklat DCCnya pake white chocolate..

      Delete
  7. Halo Admin / Blogger :)

    Saya sangat suka dengan postingan foto-fotonya :)
    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi foto-foto,video,menggunakan disk online yang lain dengan tujuan berbagi informasi ? :)
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Anda bisa dengan bebas mmengupload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    Terima kasih.

    Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Dewi,
      Salam kenal
      Terima kasih infonya ya :)

      Delete
  8. hallo mama aisyah.. saya nyoba dg jeruk nipis.. komposisi perasanya gak sampai 60ml tapi tetep enak ...kerasa jeruk nipisnya hehe..tapi satu... cake nya sudah ak panggang sesuai waktu dan tes tusuk tdk lengket.. tetapi knapa kok setelah d angkat atas kue jadi agak lembek trus dalemnya ngendal kayak kue blm mateng ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga pernah ngalamin mba, pas keluar dari oven udah kering dan matang
      saya juga pastikan cupcake tidak tercover rapat sebelum benar-benar dingin
      tapi setelah cool down, tetep aja permukaan atasnya jadi soggy dan lengket ;)

      dan saya nemu jawabannya disini mba >> Nigella.com
      Usually if cupcakes go sticky on top once they are cooled it is either because they were stored in an airtight container before they were completely cold, causing some condensation to form, or they are being baked and cooled in a humid environment. Cake batters contain quite a lot of sugar and sugar tends to attract moisture (it is "hygroscopic"). So when the cupcakes stand in a humid environment (either humid weather or a slightly steamy kitchen) they can attract some moisture and the tops can turn a little sticky

      Intinya, kalo di kasus saya, adalah karena dapur saya yang humid/lembab saat itu. Cupcake mengandung banyak gula dan sifatnya menjadi higroskopis alias menyerap air.. Jadi kalo saya dinginkan di suhu ruang dapur saya, padahal di saat yang sama saya juga masak, nyalain rice cooker dll (membuat dapur jadi makin lembab) ya pantaslah itu permukaan cupcake jadi basah..

      eniwei buat saya sih ga terlalu masalah mba, krn dicover sama icing/frosting
      susah nyari tempat yg bener2 'kering' tapi aman dari comotan bocah-bocah, wkwkw

      Delete
  9. mbak, bolehkah saya minta kontak, no hp, wa atau id line. saya mau tanya2

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba
      inbox FB saya aja ya mba, insyaAllah fast respon
      klik link button yang di samping kanan atas yah :)

      Delete
  10. mba, blh tau, tepungnya jenis yang protein rendah atau protein sedang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tepung terigu protein sedang mba, sering disebut tepung terigu serbaguna juga :)

      Delete
  11. Halo mak salam kenal, kok ya langsung pengen eksekusi, mbak bcnya oke gag pake resep di atas??terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Annisa
      salam kenal juga..
      resep BC bc nya ok menurut saya mba.
      Klo mau yang kokoh, ikut resep aslinya allrecipes aja (yang pake mentega putih), kecuali kalo kepepet dan buat konsumsi sendiri bolehlah pake margarin kaya saya, hehe..

      Delete
  12. Salam kenal Mba Aisyah, saya mau tanya, saya pernah buat BC dengan gula halus dan mentega putih dengan sedikit SKM. Tapi hasilnya BC saya masih berpasir. Padahal saya sudah ikuti resep dan waktu pengocokan sudah sampe 20 menit lebih. (Saya pakai mixer miyako). Cara mengatasi BC yang masih berpasir bagaimana ya? Dan sepertinya di lidah masih sedikit terasa mentega putihnya, apa itu yg disebut terasa NGENDAL ? mohon solusinya mba. Trima kasih.

    ReplyDelete
  13. Salam kenal Mba Aisyah, saya mau tanya, saya pernah buat BC dengan gula halus dan mentega putih dengan sedikit SKM. Tapi hasilnya BC saya masih berpasir. Padahal saya sudah ikuti resep dan waktu pengocokan sudah sampe 20 menit lebih. (Saya pakai mixer miyako). Cara mengatasi BC yang masih berpasir bagaimana ya? Dan sepertinya di lidah masih sedikit terasa mentega putihnya, apa itu yg disebut terasa NGENDAL ? mohon solusinya mba. Trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba Estri..
      iya mba, klo masih berasa lemak menteganya (after taste yg berminyak2 gimanaa gitu di mulut) itu biasa disebut ngendal
      biasanya penyebabnya karena di pengocokan yang belum sempurna, menteganya belum benar2 mengembang dan ringan
      klo teksturnya yg berpasir, itu kayanya di gula halusnya mba..coba sebelum dicampur ke adonan, gulanya diayak dulu pake saringan tepung. bisa jadi gula halusnya ada yg menggumpal, ato malah gula halusnya sendiri tidak benar2 halus/kualitasnya kurang oke

      Delete
    2. Salam kenal Mama Aisyah,
      Saya mau tanya, kalau gula halus yang bagus itu merek apa? (yang benar2 halus) soalnya saya juga pernah mengalami seperti mba Estri, BC nya masih terasa berpasir meskipun mentega dan gula halus sudah dikocok dengan sempurna. Terimakasih

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...