February 3, 2015

Martabak Manis Green Tea/Matcha [Tanpa Ragi]

Bismillah..
Udah beberapa lama ini saya penasaran sama greentea powder alias matcha. Kayaknya lagi booming banget ya. Karena tau saya penasaran banget, alhamdulillah ada temen yang trus ngasih satu kemasan kecil grinti buat saya. Waah, syenangnyaaa... cuman 10 gr tapi berhargaaa :D Makasih ya Chacaaa :*

Disini agak susah nyari grinti powder, kebanyakan bentuknya minuman atau bubuk minuman instan. Dan itu biasanya udah dicampur gula dan jahe karena memang untuk minuman. Nhah yang temen saya punya ini ternyata bawa dari Indo, belinya di TBK di Bandung. Kalo temen-temen pengen juga, kayanya matcha atau greentea powder ini udah lumrah di TBK di kota-kota besar. Setau saya juga udah banyak yang jual online di IG. Monggo ditelusuri yaa..

Ok, project grinti yang pertama: martabak manis. Kenapa? Selain karna kami doyan martabak, ngileer juga euy liat foto-foto martabak grinti yang berseliweran. Katanya saking ngehitsnya di Bandung & Jakarta, orang sampe rela antri lamaa buat dapet martabak grinti ini. Adonannya pake grinti, trus isiannya pake Kitkat Greentea. Wuidiih.. sounds so yummeh kan?
Setelah dicoba, martabak grinti ini emang enyaak.. pait-pait endeuss :D Anak-anak doyan banget, abisnya cepet trus minta dibikinin lagi. Coba pake kitkat grinti jugak, pasti makin yuuummm.. 



Saya bikin martabak ini cuman setengah resep, diirit-irit euy grintinya..ahiiy. Masih banyaaak yang pengen dicobain soalnya.. kue cubit, choco chips grinti cookies daaan donat grinti.. sluurp  *lap iler
Untuk isian martabak ini saya pake Nutella dan keju parut+susu kental manis. Kalo temen-temen mo pake kitkat greentea wah lebih yahud lagi ituh.. sayang disini ga ada.

Yowes, marii sekarang kita meluncur ke resep..

update: step by step foto yang saya tambahkan di bawah adalah saat saya membuat satu resep untuk 2 loyang. 1 loyang martabak biasa, 1 loyang lagi martabak grinti. Jadi bubuk grintinya saya campurkan terakhir (bersamaan dengan dengan soda kue)

Martabak Manis Greentea/Matcha
diadaptasi dari sini

Bahan
250 gr tepung terigu serbaguna atau protein sedang
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanilla bubuk/vanili (bisa diganti cair atau di-skip)
1 1/2 - 1 3/4 sdt greentea powder/matcha
> campur semua bahan di atas, ayak supaya tercampur rata

80 gr gula pasir
350 ml susu cair
2 butir telur
1/4 sdt soda kue

1/2 sdm gula pasir untuk taburan

Bahan isi:
margarin atau mentega
nutella
coklat meses dan/atau keju parut
susu kental manis
dan lain-lain sesuai selera

Cara membuat:
1. Letakkan campuran tepung pada wadah, ayak. Masukkan gula pasir, campur rata kemudian buat lubang di tengah. 

2. Kocok telur dan campurkan ke susu cair, kocok rata lagi dengan handwhisk atau garpu. Tuangkan ke lubang di campuran tepung. Campur rata dengan whisk atau garpu, tapi jangan overmix 

3. Diamkan adonan minimal 30 menit, tutup dengan serbet
4. Menjelang 30 menit, panaskan teflon dengan api sedang hingga panas selama kurang lebih 5 menit
note: setelah 5 menit, saya tes dengan memercikkan air di atas teflon dan langsung ngecess dan menguap >> artinya teflon sudah panas
Setelahnya, kecilkan api, tutup teflon selama 7-8 menit supaya panas teflon stabil. 
5. Sambil menunggu teflon/pan panas, bagi dua adonan. Masukkan baking soda/soda kue ke salah satu wadah adonan. Aduk rata.
note: soda kue dimasukkan ke masing-masing wadah sesaat sebelum adonan dituang ke teflon.


6. Tuang adonan, agak besarkan api (sedikiiit lebih besar dari api terkecil). Tunggu hingga gelembung-gelembung keluar banyak dan bagian pinggir mulai mengering kemudian taburkan gula pasir.
Tutup teflon dan kecilkan api hingga matang.

kiri: sesaat setelah dituang
tengah: kurang lebih 5menit setelah dituang gelembung sudah banyak
>> taburkan gula
kanan: setelah ditabur gula, langsung ditutup, gelembung mulai pecah
7. Setelah permukaan kering (tidak terlalu lengket) dan pinggiran berwarna coklat, segera angkat dan olesi permukaan dalamnya dengan mentega atau margarin, isi dengan isian kemudian lipat dan olesi permukaan kulit luarnya dengan mentega atau margarin
martabak matang sekitar 10-15 menit
setelah teflon ditutup
8. Ulangi untuk setengah adonan sisanya.

Satu resep adonan di atas bisa untuk 2 loyang teflon ukuran 18-20 cm. 

siap dikasih isian.. tengahnya kaya ga berlobang banyak yah, tapi pas dipotong berserat banyak kok :)

Contoh isian:
Olesi permukaan bagian dalam martabak dengan mentega atau margarin. Taburi keju atau coklat meses dan kacang atau oles nutella. Beri susu SKM 1-2 sdm atau sesuai selera kemudian tutup (lipat). Olesi lagi permukaan luarnya dengan mentega atau margarin

Potong-potong dan sajikan hangat


Selamat mencoba :)

11 comments:

  1. enak yah kayaknya...belum pernah nyoba martabak grinti... btw..cantik ya martabaknya..suka dengan kulitnya itu..
    aku punya mba Oki bubuk greentea..cuma belum dipakai aja...niatnya sih mau buat sus vla..ya tapi sampai sekarang masih ngendon aja tuh dengan manisnya si green tea bareng dengan teman-temannya di bakul...he he he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. enaak mbaa, pait-pait endeus hihihi..
      cobain deh mba grintinya, unik rasanya.. aku baru nyobain cupcake grinti dari temen sama martabak ini
      sukaa semua ^^

      Delete
  2. Looks delicious!

    http://putrivalentinalim.blogspot.com/2015/02/everbest.html

    ReplyDelete
  3. Aku kurang suka mah... Kemarin ada 1/4 cuo greentea nya kubuang krn kelupaan ampe expire saking males ngolahnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiyaaa..buat aku ajah ituh, sayang yah ga tetanggaan :P

      Delete
  4. wah, mudah sekali membuat maratabaknya..

    ReplyDelete
  5. Mbak, maaf yaaa sebelum ny kalo lancang, untuk takaran airnya berapa banyak mbak?? Soalny saya bingung mbak

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...