January 11, 2015

Cupcake Tahu Isi Telur Puyuh

 
Bismillah..
Cupcake tahu? Tahu dibikin cupcake manis buat dessert gituh? Nggaaa.. Ini tetep snack gurih kok. Sebenernya sama kaya tahu sakura gitu, cuman tahu sakura kan dicetaknya pake cetakan bunga sakura, nhah ini tahunya dicetak pake cetakan cupcake. Makanya saya kasi nama cupcake.. suka-suka yang bikin & kasih nama aja lah ya, hehehe..
Sebenernya udah terinspirasi bikin ini sejak liat postingan tahu isi di Momylicious. Jadi pas udah dapet telur puyuh, langsung dieksekusi deh. Kalo teh Ayu ditumis dulu biar makin gurih..kalo saya mah langsung kukus wae lah, soale cuciannya udah banyak hihihi..
Matur tengkyu ya teh, resep & inspirasinya :*

Jadi kalo saya mah, simpelnya, tahu halus dicampur ayam atau udang halus/cincang, wortel parut, irisan daun bawang, telor dan bumbu trus dikukus deh. Abis dikukus trus dicelup ke kocokan telur dan digoreng. Kelar..
Waktu itu mbikin ga langsung digoreng. Dan ternyata belom digoreng juga doyan aja ayah sama kak Aisyah nyemilin. Emang udah enak sih, gurih. Anak-anak emang ga cuman doyan snack manis, cemilan gurih kaya gini mereka juga suka. Jadi kalo bikin apa-apa sebenernya mah saya ga banyak kuatir, mo manis mo asin gurih pasti abis-abis aja. Banyak penadahnya, haha.. Yaayaaya.. yang bikin juga termasuk lah :P
Baeklah, jadi bagemana persisnya resep yang saya pake buat cupcake tahu ini.. mari kita liat..


Cupcake Tahu Isi Telur Puyuh 
adapted from Momylicious
untuk kurang lebih 16 cupcake tahu

Bahan
1 kotak tahu putih 500 gr, haluskan
1 buah wortel, parut
5 buah udang, haluskan/cincang (kira-kira 2-3 sdm) 
(bisa diganti ayam cincang)
1 daun bawang, iris halus
2 butir telur
2 sdm tepung terigu
1 1/4 sdt garam atau sesuai selera
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt kaldu bubuk
16 butir telur puyuh rebus

Bumbu halus
2 siung bawang putih

Pencelup
1 butir telur, kocok lepas

Cara membuat:
1. Campurkan semua bahan (kecuali telur puyuh) dan bumbu halus. Isikan ke dalam cetakan. Taruh telur puyuh di atasnya. Kukus selama 20-30 menit dengan api sedang. 
note: sebelum dicetak bisa dicicip dulu dengan menggoreng sebagian adonan (ato dikukus), koreksi sesuai selera
2. Celup dengan bahan pencelup, kemudian goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan
Sajikan dengan cabai rawit atau sambal kecap

Selamat mencoba :)

4 comments:

  1. belum pernah buat yang ini....kapan-kapan mau buat juga...hmmmm
    itu cabenya gendut2 banget yak...pedes ga tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk bikin mba Mon :)
      bentuk cabenya macem mantab banget ya mba, padahal mah ga terlalu pedes, hehe
      cabenya produk dari Spanyol..

      Delete
  2. Mah cupcakenya meuni mulus punya aku mah awut2an hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya karna pake cetakan silikon ini teh, jadi gampang unmolding/ngluarinnya tanpa cedera :P

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...