November 19, 2014

Tahu Kribo | Frizzy Tofu

{scroll down for recipe in English}
Bismillah...
Resep ini jadi hot topic di grup masak Langsung Enak sejak weekend lalu. Selain 'mengundang' karena gambar tahunya yang tampak kribo dan kriuk-kriuk, ternyata banyak buibu yang gagal eksekusi. Jadilah makin banyak yang penasaran ikut nyobain.
Kata empunya resep, Akang Miftah, kuncinya adalah tuangin air di adonannya ga boleh kebanyakan. Kalo kebanyakan tar ga jadi kribo dan malah jadi perkedel tahu biasa. Baiklah, mumpung pas weekend kemarin punya stok tahu putih langsung dibikin dan jadi cemilan krucil (plus emaknya :P). Hasilnya sesuai ekspektasi, gurih..crunchy..lariss maniiis.. Enak banget dicemil sambil dicocol saos atau mayo. Dipake buat lauk juga wokeh..

Tahu Kribo
oleh Akang Miftah Langsung Enak

Bahan
5 kotak tahu kuning (saya: tahu putih 500 gr)
3 sdm tepung beras (saya: 4 sdm)
1 sdt tepung tapioka (saya: 1/2 sdm)
1 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
garam & merica bubuk secukupnya
daun bawang diiris halus (opsional)
air secukupnya (saya: +/- 25 ml)
minyak untuk menggoreng

Cara membuat
1. Hancurkan tahu, tapi tidak terlalu halus yaa (saya pakai immersion blender, tanpa air)
2. Campurkan tahu, tepung, bawang putih dan ketumbar yang sudah dihaluskan. Tambahkan garam dan merica sesuai selera dan daun bawang jika pakai. Aduk rata
3. Tambahkan air sedikit demi sedikit, stop jika sudah dirasa cukup.
Note: Adonan harus padat, kalau terlalu encer nanti jadinya perkedel tahu. Tekstur 'kribo' sudah keliatan saat masih adonan, saat disendok kaku dan tidak mbleber
4. Sendoki dengan sendok makan (kira-kira 1/2 sdm) dan goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan

Sajikan panas/hangat. Kriuk..kriuk :P

Selamat mencoba :)

English Version

Tahu Kribo | Frizzy Tofu
adapted from original recipe by Akang Miftah LangsungEnak

Ingredients
1 package (500 gr) tofu
4 tbsp white rice flour (can be replaced with all purpose flour)
1/2 tbsp tapioca starch
1 clove garlic, grind
1 tsp coriander, grind
25 ml water
salt & pepper to taste
oil to fry

Directions
1. Smash the tofu (I use immersion blender, without water). Put into a mixing bowl.
2. Mix in flour, garlic and coriander, add salt & pepper to taste. Mix well
3. Pour in the water, mix well
[The batter should be quite dense and solid]
4. Spoon about a half tbsp each and deep fry until it's crisp and golden brown. Remove

Serve hot or warm with ketchup or mayonaise


10 comments:

  1. mah aku suka bikin yang kayak gini tapi aku bilangnya tahu kriting hehhe ada juga yang jualan di deket sini namanya tahu galing... hahhah

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gituuu..lha aku taunya cuman perkedel tahu aja jeh, kemaren takkirain ini resep baru kekeke..

      Delete
  2. Huaa,,sekalinya buka blog.. ada tahu kribo,lucu bingits namanya ki,,haha tahu kribo.. Ky rambut sr wktu kecil 'kribo' :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaa
      *mbayangin bundosari versi balita..mungil trus rambutnya kribo :D :D

      Delete
  3. Huhuiii...lgsg bikin taku kribo hr ini..hihi.. Enaak.. :D merci maman oki resepnyooo.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuihh..mantaab
      pasti lenyap dalam sekejap :D

      Delete
  4. Hai mama aisyah, ini tepungnya dicampur di adonan tahu nya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah..mba Icha teliti banget. Ternyata saya nulis resepnya belum lengkap, hehe
      betul mba, tepung dicampur di adonan
      makasih ya, resepnya langsung dilengkapi :)

      Delete
  5. Mbak Oki...

    Uhuuuuy..., maacih yaaak.. udah nginspirasi dian..
    Dian udah buat mbak..., dengan berbagai macam tambahan bahan ala dian, hehe..
    Adek bungsu langsu syukaaa...

    Kangen sama krucilmu, aisyah, hasna, bebe hannah yang sudah bukan bebe lagi kali yak.. haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uhuuy Diaan..
      makasi dah cobain dan ninggalin komen manis yah aunty :*
      Ini krucilnya ditanyain kok uda pada lupa ama aunty, huhu..saking lamanya ga ktemu..

      Blognya diaktifin dunk yan, tar kufollow hehe..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...