November 13, 2014

Soto Betawi

{scroll down for recipe in English}

Bismillah...
Satu lagi masakan Betawi yang jadi favorit kami, soto Betawi..
Soto Betawi adalah salah satu dari sekian banyak macam soto di dunia kuliner Indonesa tertjintah. Yang jadi ciri khasnya, soto ini berbahan daging sapi yang dicampur jerohan seperti paru dan babat kemudian dihidangkan dalam kuah kaldu yang bersantan. Ada juga soto Betawi yang menggunakan susu untuk campuran kuah santannya supaya lebih gurih lagi. Pelengkap wajibnya adalah kentang yang digoreng, tomat dan daun bawang daaan emping! Ga lengkap soto Betawi kalo ga pake emping.. Sayang, saya ga pernah liat ada yang jual emping disini..
Kali ini saya bikin soto Betawinya dengan daging sapi saja tanpa jerohan. Dan minus emping, hiks..gantinya pake kerupuk udang aja. Btw, kerupuk udangnya asli Sidoarjo lho.. diimpor sama biggest Asian market disini. Keren yaa.. :P :D

Balik ke soto.. kalo bikin soto Betawi saya ga pernah nyampur santannya dengan susu, tapi kalo temen-temen mo coba silahkeun ya. Soalnya menurut saya soto bening aja udah gurih, dikasih santan jadi lebih guriiih lagi, udah pas. Dan tetap tanpa food additives, asal berani bumbu dan bikin kaldunya bener, insyaAllah rasa sotonya tetep enak dan kuat rasanya ;)


Soto Betawi

Bahan
700-800 gr daging sapi (bisa dicampur jerohan: paru, babat, usus)
2 liter air
2 batang serai, memarkan
2 cm jahe, memarkan
2 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk, sobek-sobek
500 ml santan kental

Bumbu halus
7 bawang merah
4 bawang putih
2 sdt ketumbar, sangrai
4 butir kemiri, sangrai
1/2 sdt kunyit bubuk
1 1/2 sdt gula pasir (atau sesuai selera)
4 sdt garam (atau sesuai selera)
1/2 sdt merica bubuk (atau sesuai selera)

Pelengkap
2 buah kentang ukuran besar, potong dadu dan goreng
1 buat tomat, potong
1 daun bawang, potong
bawang goreng untuk taburan
emping (saya pake kerupuk)

Cara membuat
1. Rebus daging sapi dan jerohan dalam 2 liter air. Tambahkan sedikit garam dan masukkan jahe. Masak hingga empuk, tiriskan daging dan sisihkan.
2. Tumis bumbu halus bersama serai, daun salam dan daun jeruk hingga harum. Masukkan ke dalam air kaldu. Didihkan lagi sambil masukkan santan kental. Terus masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk supaya santan tidak pecah.
[note: bisa ditambahkan air di tahap ini, menyesuaikan selera kekentalan kuah yang dinginkan]
Masak kira-kira 15 menit lagi setelah kuah mendidih supaya bumbu meresap. Koreksi rasa, angkat
3. Potong-potong daging sapi dan jerohan. Goreng sebentar. Angkat dan tiriskan
4. Penyajian: Susun daging sapi dan jerohan dalam mangkok, tambahkan kentang dan tomat potong kemudian tuangi kuah. Taburi daun bawang dan bawang goreng, lengkapi dengan emping

Tips
- Daging dan jerohan ga langsung dipotong kecil supaya kaldunya bening. Saat awal merebus, akan muncul busa. Buang busa ini dengan disendoki. Masak dengan api kecil-sedang untuk hasil kaldu yang lebih bagus
- goreng dagingnya sebentaar aja karena potongannya juga kecil-kecil. kalo kelamaan sedikit aja dagingnya jadi kering dan keras digigit.

Selamat mencoba :)



English Version

Soto is a popular and comfor food originated from Indonesia. It is a soup with many variation of filling. Some of them are soto ayam (chicken soup with vermicelli & bean sprout), coto Makasar, soto Ambengan, and many others. This time I'm going to share you soto Betawi. It is soto with coconut milk added in the beef broth soup, making it super tasty and yummy. Originally, the filling is beef offal, but I prefer beef shank instead. Other companion in the filling is diced potatoes, fried, and slice of tomatoes. Ohh..super yumm. Usually soto Betawi is served with emping, Indonesian crackers made from melinjo. Too bad I can't find it here, so I use prawn crackers instead.

Soto Betawi

Ingredients
700-800 beef shanks
2 lt water
2 lemon grass, crushed
2 cm ginger, crushed
2 Indonesian bay leaves
4 kaffir lime leaves, teared
500 ml thick coconut milk

Grounded spices:
2-3 shallots
4 cloves garlic
2 tsp corriander
4 candle nuts
1/2 tsp curcuma powder
1 1/2 tsp sugar, or to taste
4 tsp salt, or to taste
1/2 tsp ground pepper

Additional
2 potatoes, peeled, diced and fried
2 tomatoes, sliced
fried onion
2 green onion, sliced
emping crackers

Directions
1. Boil water & beef shanks, add in some salt and ginger. Let it simmer until the beef is tender. Remove the beef, keep the broth simmer.
2. Stir fry grounded spices until you can smell the aroma, add in lime leaves and bay leaves. Stir. 
3. Put the stir-fried spices into the broth. Bring to boil while adding the coconut milk, stirring occasionally. Let simmer 15 minutes after boiling. Taste, adjust the seasoning as you prefer. Off the heat
4. Cut the beef info small cubes, fry  in hot oil for 3-5 minutes, drain
5. Serving: put the beef into a bowl, add the potatoes and sliced tomatoes. Pour in the soup/broth. Top with fried shallot, green onion and emping crackers if you like. Serve immediatey with a plate of rice

Enjoy!

10 comments:

  1. wowww kebetulan lagi ujan, makan yang beginian mantaaap...!

    ReplyDelete
  2. Aha...keluar juga resep soto betawinya..cihuyy...bookmark...

    ReplyDelete
  3. hujan hujan dingin makan soto ginian duuhhh enakeeee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba Rinaa..kangen ih..maen ah :D
      iyo mba, cucok banget pas lagi dingin dingin bginih.. ditutup teh manis anget, wallaa..

      Delete
  4. Slurrrp,,kuahnya psti gurih,,cucok lg dingin bgni kii.. Brrrr... :)

    ReplyDelete
  5. Salam kenal Mbak Oki. Saya banyak baca resep-resepnya. Seruuu banget ya, padahal itu baru mbaca aja loh. Diniatin mau dipraktekin resepnya satu-satu. Makasih ya Mbak sudah sharing resep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mba Indah Yuni
      Makasiiih udah bacain resepnya lho mba, met nyobain yaa ;)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...