October 21, 2014

Oven-Baked Crispy Potato Wedges

Bismillah..
Pernahkah merasa 24 jam sehari ga cukup? Saya: sering! >_<
Pengeen banget deh to-do-list itu kelar semua sesuai schedulenya. Bongkar kulkas, ditata lagi isinya, ngelap jendela biar kinclong, nguras kamar mandi & toilet, tapii juga tetep masak menu sehari-hari, belanja telor di grocery deket rumah, bikinin emam dan nyuapin bebe Hannah, maen bareng trus mandiin bocah-bocah, ngerjain PR & belajar bareng kak Aisyah, baca-baca ini itu, nyapu ngepel rumah, beresin cucian daaan bisa masak ato baking resep antrian. Itu mah pengennya dowang.. biasanya badan udah pegel capek duluaan buat beresin rumah sama mainan yang tiap kali diberesin eeh sejam kemudian udah kembali berantakan. Paling ujung-ujungnya bongkar kulkas ditunda minggu depan.. lap-lap jendela rumah ditunda entah hingga kapan.. nguras kamar mandi juga nunggu mo lumutan, hehee.. T_T
Kalo udah (sok) sibuk begini, lha kok sempet-sempetnya mosak-masak, bokang-baking, cookang-cooking trus jeprat-jepret masakan non-menu sehari-hari mak? Yah..ada beberapa hal yang justru harus disempetin untuk membuat bukibuk di rumah tetap waras. Kalo buat saya..yah ini (salah satu) cara ampuh melepas penat..

Liat cake yang berhasil mengembang tinggi, roti yang empuk menul-menul fresh dari oven, atau pizza dan puding yang ludes sekejap sama ayah & anak-anak. Ditambah lagi pujian dan ungkapan terimakasih tulus dari mereka.. Ahh...percaya deh, it effectively washes away the stress :D
Okeh okeh, cukup ngalor ngidulnya yah mak, mari bicara resep.. Ini resep saya contek dari blog kece bin kerennya Natasha. Mba Monic yang udah nyoba duluan & saya pun terinspirasi. Merciii mba Monic *ketjup-ketjup :D

Potato wedges ini crisp garing di luar dan empuk lembut di dalam. Biasa dipake untuk side dish pendamping proteinnya masakan bule. Tapi karna kita kan pecinta nasi warteg yah mak, jadi potato wedges nya mah buat dicemal cemil aja sambil dicocol saos tomat pedas ato mayo. Bikinnya gampang hanya emang agak lama karena perlu direndem di air es supaya hasilnya crispy..

Oven-Baked Crispy Potato Wedges
source: Natasha's Kitchen

Bahan:
600 gr kentang
60 ml virgin olive oil (bisa diganti minyak sayur)
1/4 sdt garam
1/4 sdt bawang putih bubuk
1/4 sdt paprika bubuk
1/4 sdt black pepper (saya pake merica putih bubuk)
2 sdm daun parsley yang dipotong-potong (saya pake thym)
1/4 cup atau secukupnya keju parmesan parut

2 cups atau secukupnya es batu untuk rendaman

Cara membuat:
[Preheat oven 220 Celsius]
1. Cuci dan potong kentang bentuk wedges dengan membagi 2 sisi panjangnya kemudian masing-masing dipotong lagi 3 bagian
2. Rendam kentang dalam es batu selama 30 min kemudian tiriskan dan lap kering dengan tisu dapur
3. Masukkan garam, merica, bawang putih bubuk dan paprika di plastik ziplock ukuran besar. Masukkan kentang kemudian goyangkan plastiknya. Masukkan minyak olive dan goyangkan kembali hingga semua kentang terlapisi minyak
4. Alasi loyang dengan parchment paper atau alumunium foil. Letakkan kentang (jangan bertumpuk), panggang 30-35 menit atau hingga kentang kecoklatan dan crisp, dan empuk di dalam
5. Masukkan kentang ke mangkuk besar, taburi potongan parsley (atau thym) dan parutan keju. Goyangkan mangkok supaya rata.

Sajikan panas-panas dengan cocolan saus tomat ato mayo. Nyammm.. :))

2 comments:

  1. Wah akhirnya nyoba juga ya buat potato wedgesnya...
    ternyata memang gampang walaupun agak lama, tapi kok ya setelah matang cepat lenyap ya..he he he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo mba Monic, setelah sekian lama niat bikin wkwkw..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...