October 22, 2014

Nugget Ayam dengan Tahu dan Sayuran

Bismillah..
Quick post!
Sepertinya, nugget adalah makanan favorit semua anak. Rasanya yang gurih, teksturnya yang crunchy ditambah lagi bentuknya bisa dibuat karakter-karakter yang lucu kadang malah sampe bikin bocah ketagihan. Frozen nugget jadi makin lumrah dan laku dijual. Tapi sebenernya, bikin nugget gampang banget lho.. Ga perlu lagi deh beli-beli. Bikin sendiri dengan bahan-bahan yang fresh dan tanpa bahan pengawet, tentu lebih aman dan sehat buat para krucil tercintah kan ;)


Nugget Ayam dengan Tahu dan Sayuran

Bahan
500 gr fillet ayam
300 gr tahu cina
1-2 buah wortel, diparut
4 sdm tepung tapioka (bisa diganti tepung terigu)
3 siung bawang putih, haluskan
1 sdm saos tiram
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk

Bahan pelapis
1 butir telur, kocok lepas
tepung panir secukupnya

Cara membuat
1. Masukkan ayam dan tahu cina dalam food processor, giling hingga halus.
note: bisa juga dicincang halus menggunakan pisau, ga halus banget gapapa
2. Di dalam wadah, campur daging ayam+tahu dan semua bahan lain. Aduk hingga rata
3. Lapisi loyang dengan alumunium foil, masukkan adonan kemudian ratakan
note: saya pake cetakan silikon kecil-kecil jadi ga dilapis foil
4. Kukus dengan api sedang selama 30 menit atau hingga matang. Dinginkan
5. Potong-potong sesuai selera, bisa juga pake cookie cutter yang bentuknya lucu-lucu..
6. Celup ke telur kocok kemudian gulingkan ke tepung panir. Goreng di minyak panas dengan api sedang hingga kuning kecoklatan, angkat
note: nugget yang sudah dilapis bisa disimpan di freezer hingga 3 bulan

Resep di atas ga saklek yaa.. saya pernah juga bikin dengan komposisi ayam dan tahunya 1:1. Enaak juga, hanya teksturnya lebih lembut. Bisa juga ayam semua, atau juga dicampur udang biar lebih gurih.
Sayurannya juga bisa ditambah atau diganti brokoli.. Gampang kaan ;)

Selamat mencoba :)


5 comments:

  1. nugget tuh paling cucok dicocolin mayo sama sabel botol ya.
    Walah jadi ngiler ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo mba, ga cuma anak-anak yang demen. Emaknya juga suka nyemilin nugget+mayo, hihihi

      Delete
  2. Maaf mau nanya ayam yg dipake enaknya bagian apa ya mba oki...pernah coba dada tapi kok malah seret ya mba,,,

    ReplyDelete
  3. Maaf mau nanya ayam yg dipake enaknya bagian apa ya mba oki...pernah coba dada tapi kok malah seret ya mba,,,

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...