April 20, 2016

Kue Getas

Bismillah..
Beberapa waktu yang lalu, seorang teman pembaca meminta untuk dibuatkan artikel resep getas. Udah sering sih baca-baca resepnya yang berseliweran di blog temen-temen.. tapi jujur waktu itu hampir lupa ama rasanya getas.. Maklum, uda luamaaa banget ga makan. Terakhir kali itu pas masih kecil deh.. Kalo sekarang kan udah tua.. *ngaku😝✌
Setelah cari-cari dan pilah-pilih resep, akhirnya jatuhlah pilihan ke resep getas nya mba Diah Didi. Simpel, gampang dan ditambahi tips & trick pula. Sekali nyoba langsung berhasil, yess! Dan rasanya eunaak... gurih.. legit.. manis.. teksturnya kenyal tapi ga alot, pas lah. Akhirnya inget juga gimana rasanya getas, hehe.. alhamdulillah :)

Getas adalah cemilan kue yang banyak beredar di Jawa Tengah. Bahan utamanya adalah tepung ketan dan kelapa dan proses memasaknya dengan digoreng. Setelah digoreng kemudian getas dibalut dengan besta gula pasir. Kalau di Depok sini, saya sering liatnya gemblong. Mirip sama getas, tapi bestanya pake gula jawa.. 


Kue Getas
source: Diah Didi's Kitchen

Bahan
125 gr tepung ketan 
50 gr tepung beras
150 gr kelapa parut kasar (saya pake kelapa parut kering)
3/4 sdt garam
125 ml santan dari 1/2 butir kelapa (saya pake santan instan kara)

Bahan Besta(balutan)
75 gr gula pasir
35 ml air
1/2 sdt garam

Cara membuat
1. Aduk rata tepung ketan dan tepung beras, kelapa parut dan garam. Tuang santan sedikit-sedikit. Aduk rata. Bentuk bulat pipih
2. Goreng dalam minyak yang dipanaskan dengan api sedang

Besta
Rebus gula, air dan garam sambil diaduk sampai berambut dan kental. Masukkan kue getas, aduk rata. Matikan api, teruskan aduk sampai kering

Tips 
* Supaya warna besta bisa putih, buat besta dengan api kecil dan aduk terus sampai kental dan berambut, baru masukkan getasnya. Aduk aduk dan matikan api, gula akan mengkristal dengan sendirinya
* Buat getas dengan ukuran tidak terlalu besar, supaya cepat matang sampai ke dalam. Kalau kelamaan digoreng, getas dikhawatirkan pada mbledos :)


Selamat mencoba 😊

3 comments:

  1. Udah lama nungguin postingannya mba...akhirnya muncul juga..getas kesukaanku..makan pertama kali malah di madinah..bikin sendiri..soalnya gak ada di pekanbaru. Gemblong juga suka. Enak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii.. mba Selma, makasih dah mampir yaa
      Iya mba, getas kayanya ga populer di selain Jawa yahh
      Kalo gemblong aku malah belom pernah nyoba mba, padahal sering liat disini :)

      Delete
  2. hmmm baru tau ini kue lumpurr, kalo selain di jawa laris ngga ya kira kira

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...