August 3, 2014

Kue Kering: Kastengel Karakter

in to the oven they go..

Bismillah..
Bentar..bentar..ga salah nih?? Haree geneee baru mbikin kue kering? Kemmane ajee maak? Lebaran dah lewaaat, haha..
Bukan sodara-sodara..ini mah bikinnya sebelum lebaran kok, dan saat ini udah ludes juga isi toplesnya :D Cuman beberapa minggu terakhir lagi rempong dan males nulis. Jadi aja postingannya pending untuk sekian lama..
Mudah-mudahan tetep bermanfaat yah. Setidaknya buat saya dan keluarga ^^
Ini sebenernya kuker juga awalnya ga niat bikin, tapi karena tiap hari liat postingan ibuk-ibuk di fb group yang menampilkan hasil karya kue keringnya eh lha kok jadi mupeng dan latah juga, hee..
Pengen nyobain yang resep eggless tapi ngga pede karena resepnya pake susu bubuk, sedangkan saya ga ada. Akhernya pilihan jatoh lagi pada resep yang udah pernah dicoba taon lalu. Resep Kastengel ala Chef Degan yang berkolaborasi dengan Blue Band.
Hasilnya renyah kres-kres dengan rasa keju yang kentara. Selera saya sih udah pas ama garing renyah dan ngejunya resep ini. Tapi kalo yang seleranya lebih suka kastengel yang super renyah dan lebih garing lagi, resep eggless kastengel mbak Ricke sepertinya layak dicoba..
Baiklah..mari kembali ke cerita kastengel saya :D Sebenernya saya pinginnya bikin kue kering versi original. Dalam hal bentuk kamsudnya.. Maunya kalo kastengel ya kotak-kotak panjang gitu..trus kue putri salju ya bentuknya bulan sabit gitu. Sayangnya cari cetakannya ga nemu. Mau dibentuk manual hadeuhh..pegel boook. Jadinya beli yang ada aja, cetakan cookies kartun binatang ini. Bentuknya lucu yah, gemes liatnya..mo makan :P Saya sengaja ga banyak kasi taburan keju parut di atasnya, biar ga nutupin bentuknya

fresh from the oven.. unyu-unyu :D
Kemaren saya bikin beberapa batch. Masing-masing saya kasih timer 25 menit. Tapi ada yang saya keluarin <1 menit sebelum bunyi kriing ada yang pas bunyi kriing dan ada yang beberapa menit setelah bunyi kriing.. Hasilnya ada yang undercook, ada yang overcook (baca: agak gelap gosong) dan ada yang pas menurut selera saya, yaitu yang ada di foto di atas. Seinget saya, ini yang pas banget ama bunyi kring. Tapi yah, karena kelakuan oven itu beda-beda, memang untuk bikin kue kering ini oven udah harus dipelototin sejak menit 20an.. Kalo dilihat udah mulai kuning kecoklatan, angkat deh. Kalo matengnya kurang pas meski tetep enak rasanya tapi ga ada sensasi kres-kres kriuknya. Kalo over jadinya kriuk-kriuk dengan citarasa keju pahit (karna gosong :P)

Kue Kastengel
by Chef Degan

Bahan-bahan:
• Blue Band Cake and Cookie 125 gr (saya pake mentega/butter merk lokal)
• Kuning Telur 2
• Tepung Terigu 150 gr
• Tepung Maizena 25 gr
• Keju Edam (parut) 100 gr (saya ganti jadi gouda semua)
• Keju Gouda (parut) 100 gr
• Baking Powder 1/4 sdt

Cara Membuat:
1. Kocok Blue Band Cake and Cookie dan kuning telur hingga putih dan mengembang.
2. Campur terigu dan maizena, ayak, sisihkan.
3. Masukkan keju ke dalam kocokan Blue Band Cake and Cookie, aduk rata.
4. Tambahkan campuran tepung dan baking powder, aduk rata sebentar.
5. Simpan dalam kulkas selama kurang +/- 30 menit.
6. Giling adonan setebal 6 mm dan cetak menggunakan cetakan kastangel.
7. Tempatkan di atas loyang, olesi dengan egg wash, panggang dalam oven dengan suhu 175-180°C selama +/- 25 menit.
8. Setelah dingin, olesi bagian atas kue dengan jeli buah, taburi dengan gula trimis.
9. Sebagai variasi bisa juga di tambahkan taburan keju parut.

EGG WASH:
• Telur 1 butir
• Susu Segar 1 sdm

Selamat mencoba

Disclaimer: Saya tidak menyarankan pake cetakan binatang kaya gini yaahhh, ini juga sama si ayah cetakannya ga boleh dipake lagi, karena jelas berbentuk makhluk bernyawa soalnya.. Jadi sekarang cetakannya buat dipake maenan anak2 ajah :D

Dan tak lupa..
takenbyAyahDindin@JubelParcBrusselsBelgium2014

4 comments:

  1. MasyaAlloh rajin pisan ampe dicetak2in segala hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan sayah ada 2 asisten krucil di rumah, bisa diberdayakan..haha
      Itu aisyah sama hasna malah ga sabar bantuin nyetakin, kaya lagi maen play-doh :D

      Delete
  2. INGIN CEPAT JADI JUTAWAN YUK MARI GABUNG SEKARANG JUGA

    KharismaPokerMenjadiSitusBandarQOnlineTerprcayaIndonesia
    Promo yang diberikan :
    Minimal DP dan WD Rp. 20.000.
    Support bank lokal : BCA, BNI, BRI, MANDIRI, dan DANAMON.
    Bisa dimainkan di iPhone, Android, PC / Laptop.
    Online 24 jam setiap hari meskipun hari libur nasional.
    Link Alternatif Kharismapoker :
    www.khpk288.net
    www.kharismapkr.com
    www.kharismaqiu.com
    CS nya yang ramah , siap melayanani anda 24 jam
    Bonus REFERRAL 20% setiap minggunya (seumur hidup)
    Bonus CASHBACK 0.3- 0,5% setiap hari
    Contact resmi kharismaPoker :

    Telp :+85588278896
    BBM;dc7cdd80
    WA: +85588278896

    ReplyDelete
  3. J P S P O K E R adalah situs judi online dan agen judi online terpercaya yang di layanin oleh CS yang sangat ramah dan cepat dalam memproses Depo dan WD member J P S P O K E R
    dan di J P S P O K E R tersedia permainan Poker Judi Online Seperti Berikut : (Poker, Capsa, DominoQQ, Ceme, Super Teen, Ceme Keliling, Omaha) dan dapatkan promo dari JPSPOKER sebagai berikut:

    - Bonus New Member Rp. 10.000
    - Minimal Deposit / Withdraw Rp. 15,000.-
    - Bonus Refferal 10%
    - Bonus Rollingan Mingguan 0.3% - 0,5%

    Baca Juga Di Tonton Video jav dan Video Semi kami :
    jpspoker,me(pakai titik ya)

    - Pelayanan Dari Customer Service Yang Cantik Tentunya Sopan Dan Ramah, Hanya di jpspoker dan , Online 24/7 Jam
    - Dijamin Tidak Ada Robot Di Dalamnya 1000% Player VS Player
    Kalau Ada Yang Bisa Berikan Lebih Kenapa Harus Cari Yang Lain!!

    Contact Us
    - Livechat : JPSPOKER.LIVE
    - LINE : jpspoker
    - Whatsapp : +82370836863
    - YM : JPSPOKER

    POKER UANG ASLI
    POKER ONLINE TERBAIK
    JUDI POKER INDONESIA
    AGEN POKER TERBAIK
    AGEN POKER TERPERCAYA
    AGEN JUDI POKER
    JPSPOKER
    BANDAR CEME
    GAME OMAHA
    AGEN DOMINO

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...