March 22, 2015

Perfected Best Cocoa Brownies

Bismillah..
Satu hari..ujug-ujug.. tiba-tiba.., saya pengen banget makan brownies. Udah kaya ngidam aja pokoknya, tiba2 pengen berat dan harus. Mungkin karena udah lama juga ga bikin dan menikmati brownies bars. Terakhir kapan ya.. kalo ga salah empat bulan lalu deh, pas ikutan event NCC brownies week. Waktu itu emang banyak banget nyobain resep brownies, sampe akhirnya saya m.b alias mabok brownies, wkwkw.. dan berujung ke break sementara sama si hitam manis legit ini :) 

Okeh, kembali ke sekarang. Untuk memuaskan kehausan saya akan brownies (halagh!), saat ini saya butuh real brownies. Brownies yang dark, rich, fudgy, chewy dengan interior yang moist dan legit. Bukaaan.. bukan yang versi healthy, bukan pula yang fancy dengan cheese swirl ato pumpkin swirl di atasnya. Ga usah juga yang ooey gooey dengan saus karamel atau coklat leleh di dalamnya, I just wanted a humble real brownies. Kalo udah gini biasanya saya akan balik lagi ke my-go-to recipe, best cocoa browniesnya Alice Medrich. Tapi saya juga lagi pengen banget menikmati brownies yang ga cuma sempurna tekstur interiornya dan rasa nyoklatnya kaya best cocoa brownies, tapi juga yang permukaannya shiny crusted & crack-ly. Waduuh.. repot ya book, banyak maunya. Udah kaya ngidam beneran dah ;(

Sependek yang saya tau, supaya dapet permukaan brownies yang shiny dan crack-ly, gula harus dalam jumlah yang cukup dan larut sempurna. Bukan berarti saya menghakimi resep jeniusnya Alice Medrich ini kurang oke lhoh ya, bisa jadi juga saya yang selama ini eksekusinya ga oke. Tapiii.. memang kalo browsing gambar best cocoa brownies ini, kok hampir semua memang permukaannya matte. Di Smitten Kitchen, Food52, Technicolor Kitchen..  
Jadi saya pengen utak-atik dikit di stepnya. Yaa..sapa tau gituu bisa ngongol si shiny crustnya. Kalo untuk komposisinya, sebenernya saya bilang resep Alice ini udah perfect. Gulanya emang buanyak, tapi itu buat kompensasi cocoa powdernya yang dark dan pait. Tapi yaa, daripada diprotes pak suami, kali ini saya kurangin gulanya jadi 4/5 dari resep.. tepungnya juga saya tambah dikiiit (10 gr).
oohh.. doesn't it look so gorgeous? doesn't it? yes..? yeess..? *maksaaa.. >.<*

Jadi, gimana caranya supaya brownies ini nongol shiny crust & crack-ly top nya? Kalo resep aslinya butter, gula, garam dan coklat bubuk dipanaskan bersama dengan cara di-tim, nhah saya coba butter dipanaskan hingga 5 menitan setelah meleleh. Kamsudnya supaya butter bener-bener panas dan melarutkan gula. Setelah 5 menitan leleh (masih di atas api) dan tampak bening, baru gula dimasukkan sedikit demi sedikit. Tiap kali dimasukkan, aduk hingga rata dan gula larut baru masukkan sendok gula berikutnya. Begitu sampai habis. Awalnya butter yang encer akan menjadi kental karena gula. Baru kemudian garam dan cocoa powder dimasukkan. Diaduk sebentar di atas api trus diangkat. Step selanjutnya mah sama kaya resep asli..
Alhamdulillah hasilnya kaya di foto inih. Shinynya emang ga pol kaya browniesnya ummu Allegra, tapi ini saya udah seneng bangeeet... since this shiny crust and crack-ly top is on my favorit brownies recipe ever, best cocoa brownies.. yeayy :D


Oiyah, di Joy of Baking, resep ini ditambahkan sour cream supaya makin moist dan sedikit baking powder supaya adonan sedikit naek. Monggo yah kalo mau pake.. saya mah seadanya bahan dan mood, kadang pake kadang juga ngga.. as delicious both ways :)




Perfected Best Cocoa Brownies

Bahan
140 gr mentega tawar
250 gr gula pasir (kali ini saya pake 200 gr)
75 gr coklat bubuk (saya pake Vanhouten)
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanilla bubuk
2 telur ukuran besar dari kulkas
75 gr tepung terigu serbaguna
1/4 sdt baking powder (opsional)
* bisa ditambah 60 ml sour cream (saya ga pake kali ini)

Cara membuat:
1. Panaskan oven pada suhu 325 F atau 160 C. Alasi dasar dan sisi-sisi loyang kotak 20x20cm dengan baking paper. Sisakan sedikit baking papernya disamping supaya gampang angkat browniesnya nanti

2. Panaskan mentega di dalam panci di atas api sedang. Aduk hingga meleleh. Biarkan kurang lebih 5 menit hingga bening. Tambahkan sesendok makan gula, aduk rata hingga larut. Tambahkan sendok berikutnya dan aduk. Ulangi hingga habis. Tambahkan garam dan coklat bubuk. Aduk hingga rata. Angkat dari api. Dinginkan hinnga hangat
note: teksturnya akan tampak seperti berpasir, gapapa..
aduuh..ngebluuur >.<
3. Masukkan vanilla, aduk.  Tambahkan telur satu demi satu. Aduk rata tiap kali penambahan dengan spatula atau sendok kayu. Teruskan aduk hingga adonan mulus, kental dan mengkilap.

4. Masukkan tepung dan baking powder (jika pakai), aduk hingga tepung tidak lagi terlihat, kemudian aduk cepat 40 strokes dengan spatula atau sendok kayu

5. Tuang di loyang, ratakan dengan spatula. Bentuk swirl atasnya dengan handwhisk atau pisau (ini completely optional, biar tambah cantek aja :D)
6. Panggang di rak di bawah rak tengah selama 20-25 menit. Tes dengan tusuk gigi, brownies matang saat tusuk gigi keluar dengan wet crumbs (tapi bukan wet batter yah)
note: kalo ditambah sour cream, biasanya saya panggang 30-35 menit.

Dinginkan di rak kawat, kemudian potong-potong dan sajikan bersama segelas susu..Yummm.. ^^


Selamat mencoba :)

46 comments:

  1. mau..mau..mau...pake banget..kirim ke sini ya...
    aduh menggoda banget deh bronisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha..ketularan ngidam bronis deh mba Mon >.< :D

      Delete
  2. kalo MB sih idem. Beberapa bulan lalu juga sempat gitu, makanya sekarang bikin yang enteng-enteng dulu kayak pukis dan kue lumpur. Padahal aku dah nyimpen resep cocoa brownies juga tapi embuh kapan mau bikin hihi.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lhah kok sama sih mba, hihi..
      tunggu kangen dulu, baru bikin lgi :D

      Delete
  3. suka sekali liat penampakan browniesnya, ijin copas resepnya ya bu...jadi "ngidam" juga, (latah) soalnya gambarnya itu lho..

    terima kasih,
    Yani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba Yani..
      gambarnya bikin mupeng yah, hehe
      silahkan mba, smg cucok yah ^^

      Delete
    2. Makasih mba Yani..
      gambarnya bikin mupeng yah, hehe
      silahkan mba, smg cucok yah ^^

      Delete
  4. Waah ngileer... Saya jg udah lama ga mbikin brownies...

    ReplyDelete
  5. Eh perasaan tadi udah komen kok ngilang ya....

    ReplyDelete
  6. Eh perasaan tadi udah komen kok ngilang ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha yang ini ampe nongol 2 kali
      emang lagi error ini kayana bloggernya teh..

      Delete
  7. halo mba. mau tanya, itu telur nya memang harus yg baru keluar dari kulkas gitu ya mba?... telur dlm kondisi dingin2 gitu kah mba?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba,
      karena sifat telur yang mudah mengembang di suhu ruang (apalagi suhu hangat) saat dikocok.
      Makanya kalo untuk cake/bolu umumnya harus pake telur suhu ruang supaya adonan ngembang baik, nhah untuk brownies panggang sebaiknya malah dingin. Supaya pas di tahap pengocokan telur, adonan brownies ga ngembang dan malah jadi adonan bolu..
      semoga terjawab ya..

      Delete
  8. bener2 perfect ya mbak
    nyoklut dan bikin ngilerrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan ngobatin kangen bronis mba, hehe..bikin yuk

      Delete
  9. Mbak waktu mentega nya dibiarn sampe bening itu api masih nyala?

    ReplyDelete
  10. Mbak..saya gak pake baking paper pas manggang browniesnya..akibatnya browniesnya jd nempel bgt di loyang, padahal sblmnya loyang udh diolesin mentega..trus pas dipotong knp gk bjsa secantik yg difoto mbak ya?jd beremah kalo dipotong..emang gitu kah?kalo soal rasa sih oke ya..walopun kurang gula kalo pake yg 200gram mah,maklum sweet tooth bgt saya. Makasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. adonan brownies panggang emang lengket banget mba.. sebaiknya selalu pake baking paper atau bisa juga alumunium foil utk alasnya..
      utk potongnya saya pake pisau victorinox mba, tapi asal tajam sih pake pisau apa saja juga bisa. tunggu brownies benar-benar dingin baru dipotong, setiap habis potong lap pisaunya dengan paper towel atau lap bersih..
      brownies panggang emang beremah mba :) tapi kalo saking beremahnya sampe ga bisa dipotong, sepertinya browniesnya terlalu kering..
      duh, klo ga liat susah jg ya..jadi nebak2..
      sama mbaa, 200 gr buat saya jg kurang sbnrnya..ini biar gak diprotes paksuami yg ga kuat manis-manis, hehe

      Delete
  11. hallo mbk..berhubung saya ga punya oven..resep d atas bisa di kukus ga yaa,,,? makasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja sih mba..
      tapi di permukaannya ga akan muncul shiny crust & crackly top nya..
      jd sebaiknya sih dioven mba :)

      Delete
  12. Hai mbak..
    Aku udah coba resepnya, rasanya enak bgt!! Coklatnya kerasa bgt!! Tapi kenapa punyaku shiny crust dan crackly topnya ga muncul ya? Oiya mbak,tepung nya mbak kurangin 10g akan berdampak apa ya? Thanks mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, cokelatnya berasa banget pake resep ini yah ^^

      sependek yg saya tau, shiny crust itu dari gulanya mba
      klo ga nongol, bisa jadi krn gula pasirnya krg larut dlm adonan..
      selebihnya, saya taktau jg mba
      maap..

      Delete
  13. Mba aisyah itu belajar dari siapa resepnya banyak sekali ga abis - abis ? :D

    ReplyDelete
  14. Mbak anak saya kan alergi gluten, bisa nggak ya tepungnya diganti pakai tepung yang gluten free? Temen ada yang nyarankan pakai tepung Ladang Lima atau Bob's Red Mill sih

    ReplyDelete
  15. Oiya kalo misal pakai tepung gluten free gitu takarannya tetap sama kah?

    ReplyDelete
  16. Hello Mama Aisyah ^_
    Terimakasih karena mampir di blog ini saya jadi ketemu sama brownies yg saya suka! Oya mau tanya..ini mah menurut Mama Aisyah ajaa...tapi..serius..bensdorp sama van houten kalau dengan takaran resep ini enakkan pakai yg mana yah? kata org enakkan rasa bendorp..tp kayaknya lebih nendang yg VH ya? makasiih sudah mau menjawab :) salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola mba Ayie
      so far belom pernah ke lain hati mba, pakenya VH teruuus
      jadi ga bisa bandingin deh heheh..

      Delete
  17. Mba kok gula dan coklatnya habis dipanaskan malah menggerumpal ya? Terus berkerak dibawahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya menggerumpal seperti di gambar step 2?
      klo iya, ya gapapa itu mba.. memang begitu :)

      tapi mustinya ga sampe berkerak menempel di bawah panci/wadah sih
      > yg ini saya gatau kenapa bisa begitu
      bisa jadi krn api kebesaran atau sebab yg lain.. tapi saya ga bisa pastikan..

      Delete
  18. Halo mba..cara bikin.swirl nya gmn mba? Cakep deh

    ReplyDelete
  19. Halo mba, lebih enak mana ya mb kalo kita jual resep yg pake DCC sama resep ini? mksh

    ReplyDelete
  20. Halo mba, lebih enak mana ya mb kalo kita jual resep yg pake DCC sama resep ini? mksh

    ReplyDelete
  21. Halo mbak. Saya sudah coba resepnya tapi masih gagal. di step ke-2 gula saya jadi mengeras dan mutung sampe nggak bisa diaduk lagi. apa apinya kebesaran ya?

    ReplyDelete
  22. Halo mba. Saya mau tanya saat telur dan tepung dimasukkan itu apinya masih nyala ? Thanks

    ReplyDelete
  23. Hai mba,perkenalkan aku dian,pengen bngtz nyoba resep ini,oiya klw gulanya di ganti gula bubuk gmn tuh mba,trus klw pake telot suhu ruang aja gmn,apakah nanti dlm nya btownies akan tetap fudhgy chewy n melted..trimakasih

    ReplyDelete
  24. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  25. Selamat malam para member setia AGENS128, oke gengs kali ini kami akan memberikan kepada kalian promo terbaru kami yaitu promo NEW MEMBER sebesar 10% yang akan kami berikan kepada member kami semua, jadi untuk kalian yang mau mendapatkan bonus new member sebesar 10% kalian bisa bermain bersama kami sekarang juga dan dapatkan bonusnya serta kemenangan yang besar hanya bersama kami AGENS128, jadi daftarkan diri kalian sekarang juga jangan ditunda untuk mendapatkan puluhan juta rupiah sekarang juga .

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0852-2255-5128

    Ayo tunggu apalagi !!

    ReplyDelete
  26. lagi nyarinyari resep dan tertarik sm resep ini heheh
    oiya mbak di step ke2 di bagian mentega leleh itu bukan di tim ya ? tapi langsung di atas api gitu mbak ?

    ReplyDelete
  27. resepnya keliatan enak banget ga sabar banget pengen coba buat

    tepung tapioka sama dengan tepung maizena

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...